Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

6 Alasan Warehouse Sangat Diperlukan Pelaku Industri – Meraseti

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

1 Sep
by Admin

Pernahkah Anda mendengar kata “warehouse”? Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin tak terasa asing, terlebih jika Anda bekerja dalam industri logistik. Warehouse atau gudang merupakan tempat penyimpanan barang atau produk yang dirilis suatu pabrik.

 Kehadiran warehouse sangat diperlukan pelaku industri untuk menyimpan barang mereka sebelum akhirnya diekspor atau diedarkan untuk dijual. Selain berfungsi sebagai penyimpanan barang, warehouse sejatinya punya kegunaan lain yang sangat penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 alasan mengapa warehouse dibutuhkan banyak pelaku industri.

1. Tempat Distribusi dan Konsolidasi

Setiap produsen membutuhkan jasa distributor untuk mengantarkan produk ke tangan konsumen. Sebelum barang tiba ke tangan konsumen, produsen akan menaruhnya ke tempat distribusi terlebih dahulu. Di sinilah peran warehouse terasa sangat dibutuhkan.

Distributor diketahui menjadikan warehouse sebagai tempat uji kelayakan barang sekaligus penyimpanan barang. Barang yang sudah melewati proses distribusi dan terbukti memenuhi standar akan lanjut memasuki tahap pengemasan (packing). Setelah itu, distributor baru dapat mengirimkan barang ke tempat tujuan.

2. Ruang untuk Berkoordinasi Penawaran dan Permintaan

Warehouse sejatinya lebih dari sekadar tempat menaruh barang. Bangunan ini juga dapat menjadi tempat mengoordinasikan pemasukan dan permintaan barang. Anda dapat mengamati tingkat permintaan di pasar sehingga mengetahui volume produksi yang dibutuhkan. Pelaku industri tentu perlu menyesuaikan barang produksinya sesuai dengan permintaan dan kondisi terkini pasar.

3. Menjamin Ketersediaan Barang

Fungsi lain dari warehouse adalah membuat aktivitas menjadi lebih terfokus. Setiap gudang hendaknya menghadirkan layanan yang mampu menjamin ketersediaan barang. Selain itu, pihak warehouse juga perlu memastikan seluruh proses permintaan barang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga  Apa Itu Plakat Barang Berbahaya? | TruckerId

4. Diperlukan dalam Proses Produksi Akhir Sejumlah Barang

Setiap barang produksi pabrik memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Kualitas sejumlah barang diketahui dapat meningkat ketika disimpan lebih lama di suatu ruangan. Itulah mengapa beberapa produsen melibatkan warehouse dalam proses terakhir produksi mereka. Contoh barang yang kualitasnya bertambah saat disimpan lebih lama adalah keju dan anggur.

5. Penyimpanan Barang yang Lebih Terorganisir dan Terjaga

Di dalam warehouse, setiap barang kiriman produsen akan mendapat layanan sesuai sifat dan jenisnya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kualitas barang tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen. Sebagai contoh, produk buah-buahan akan ditempatkan dalam ruang pendingin agar tetap segar dan aman.

6. Mempercepat Proses Pengiriman

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen tentu harus memikirkan strategi terbaik agar produknya tiba tepat waktu. Kehadiran warehouse dinilai cukup menunjang kecepatan pengiriman pasokan ke pasar karena didukung sistem manajemen dan teknologi memadai. Ketepatan waktu tiba barang tentunya akan menambah rasa percaya konsumen terhadap produsen.

Demikian 6 alasan mengapa warehousing sangat diperlukan banyak pelaku industri. Meraseti Group sendiri jugamenyediakan layanan warehouse bagi pelaku kegiatan ekspor dan impor. Pelayanan yang diberikan warehouse milik Meraseti Group adalah stock placement and removal, picking and packing, inventory management service, cross-docking, consolidation dan deconsolidating of truck loads. Semua pelayanan ini ditujukan untuk membuat kualitas barang Anda tetap terpelihara.

Sumber: kargo.tech, ruangguru.co, adalah.co.id

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by 6 Alasan Warehouse Sangat Diperlukan Pelaku Industri – Meraseti and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Cara Mudah Mengaktifkan Dan Menonaktifkan NSP Telkomsel 1212 Di HP

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar