Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

ANNEX VI Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang Cerobong Kapal

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ANNEX VI  Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang  Cerobong Kapal

 

ANNEX VI Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang  Cerobong Kapal

peraturan Annex VI Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang  Cerobong Kapal Berlaku terhadap kapal yang memilki mesin diesel dengan tenaga output lebih dari 130 kW. kadar emisi NOx yang diijinkan bagi mesin yang memenuhi peraturan MARPOL 73/78 Annex VI tersebut ?

  • 17,0 g/kWh  jika putaran mesin kurang 130 rpm
  • 45,0 X putaran mesin (-0,2) g/kWh jika putaran mesin antara 130-2000 rpm
  • 9,8 g/kWh jika putaran mesin lebih dari 2000 rpm

PERSYARATAN –PERSYARATAN SOx

A.Kandungan belerang dari setiap bahan
bakar yang dipakai dikapal tidak boleh lebih dari 4,5% m/m dan harus ada
dolumun dikapal sebagai pembuktian.

B.Catatan  Penyerahan Bahan Bakar (Bunker Delivery Note =BDN). KKM harus memeriksa bahwa C.BDN (dahulu disebut Bunker Delivery Receipt) yang sekurang-kurangnya berisi informasi sbb:

  1. Nama dan Nomor IMO kapal penerima
  2. Pelabuhan
  3. Tanggal penyerahan
  4. Nama,alamat dan no telepon dari pemasok bahan bakar (marine diesel oil supplier)
  5. Nama produk
  6. Kuantitas (metric tons)
  7. Berat jenis pada suhu 15derajat C (kg/m3)
  8. Kandungan belerang ( % m/m)
  9. Pernyataan
    dengan membubuhkan tanda tangan dari pemasiok bahwa BBM yang dipasok
    sesuai dengan Peraturan 14 Annex VI.Kapal harus menyimpan BDN dengan
    item tsb diatas untuk pemeriksaan dan harus disimpan dikapal 3 tahun
    semenjak tanggal pengisian,

D.Contoh Bahan Bakar (Bunker Sampling)
E.Sample
bahan bakar untuk menunjukkan kandungan belerang harus disimpan di
kapal hingga bahan bakar secara substansial dikomsumsi,tetapi dalam
segala hal tidak kurang dari 12 bulan dari waktu penyerahan yang akan
dipakai sebagai pemenuhan dari Peraturan 18(6) dari Annex VI (volume
sample adalah 750 ml).

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan & Informatika: Data Warehouse Real-Time

F.Suatu tabel diikat pada botol sampel dengan catatan khusus sbb:

  1. Tempat dimana sple diambil dan prosedur sampling.
  2. Tanggal pengisian bbm
  3. Nama pemasok dan nama tongkang
  4. Nama dan IMO Number kapal penerima
  5. Tanda tangan dan nama pemasok dan wakil dari kapal
  6. Keterangan dari Identificaion number atau tanda pada cap label
  7. Derajat/tingkat dari baha bakar yang masuk (Grade of Bunker Fuel)

 

persyaratan  Sulphur Oxides (SOx)  

berdasarkan ANNEX VI  Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang  Cerobong Kapal marpol 73/78 persyaratan tentang Sulphur Oxides (SOx) agar dapat mengurangi dampak pencemaran udara dari kapal–kapal Kadar SOX yang oleh setiap bahan bakar di atas kapal tidak boleh melebihi 4,5% mm.

persyaratan incinerator diatas kapal 

berdasarkan ANNEX VI  Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang  Cerobong Kapal marpol 73/78 mempunyai persyaratan untuk incinerator diatas kapal agar tidak terjadi pencemaran udara

temperatur minimum setiap pengoperasian incinerator paling kurang 850 0C dan mampu menghasilkan temperatur minimum 600 0C dalam waktu 5 menit saat pertama kali dinyalakan

dilarang membakar bahan yang mengandung:

  • polychlonated bipehenyls (PCBS)
  • logam berat
  • campuran halogen

polyvinil chlorides (PVCS) kecuali incinerator yang telah disetujui oleh IMO yang dibuktikan dengan sertifiat pengesahan dilarang mengoperasikan incenerator selama dipelabuhan atau kawasan wisata/pantai

Sertifikat dan dokumen yang harus ada dikapal setelah Annex VI diberlakukan

  1. Catatan penerimaan bahan bakar utk 3 tahun
  2. Setifikat EIAPP,Technical fle dan Sertifikat IAPP
  3. Record Book of Engine parameters
  4. Operation Manual for inboard masurement and monitoring methods
  5. Operation Manual forVapour collecting system
  6. Operation Manual for Shipboard Incinerator
  7. Buku Harian (log book)
     

E & I

Share this

Baca Juga  Wahana Karawang | Alamat Ekspedisi
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by ANNEX VI Pencegahan Pencemaran Udara Oleh Gas Buang Cerobong Kapal and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo