Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Apa itu Agen Pos dan apa Syarat untuk menjadi Agen Pos….

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Apa saja syarat untuk menjadi Agen Pos ? Apa usaha yang dilakukan hanyalah
pengiriman surat dan paket saja ? Apa yang menjadi Agen Pos itu adalah pegawai
intern pos ? Pertanyaan inilah yang sering terpikirkan oleh para calon Agen
Pos, hal ini dikarenakan sejak puluhan tahun yang lalu kegiatan PT. Pos
Indonesia adalah jasa pengiriman. dalam halaman ini kami mencoba untuk mencoba
menjelaskan kepada pembaca tentang apa itu Agen Pos, dan syarat untuk menjadi
Agen Pos.
Agen Pos adalalah mitra dari PT. Pos Indonesia, yang dapat menjadi Agen Pos
adalah individu perorangan maupun suatu badan usaha yang bertindak untuk dan
atas nama PT. Pos Indonesia (persero) untuk menyelenggarakan layanan Pos sesuai
kesepakatan yang berlaku.
Agen Pos tidak hanya memberikan jasa layanan Pos saja, tetapi juga
digabungkan dengan layanan pembayaran online atau yang biasa disebut PT. Pos
Indonesia dengan Sistem Online Payment Point ( SOPP ). SOPP ini melayani
berbagai macam pembayaran, mulai dari tagihan  listrik, telepon dan PDAM,
pembelian token listrik, pembelian voucher HP, Asuransi, Multfinance, hingga
Online Shop.
Syarat Untuk menjadi Agen Pos adalah sebagai berikut :
  1. Mengajukan permohonan kepada
    PT. Pos Indonesia ( Persero) melalui Kantor Pos Pemeriksa (Kprk) terdekat
    dengan mengisi form yang disediakan.
  2. Membuat denah lokasi usaha,
    bisa menggunakan gambar tangan maupun komputer
  3. Membawa surat keterangan usaha
    (minimal surat dari Desa atau Kelurahan).
  4. Foto 3 x 4 terbaru
  5. Tempat usaha minimal 3 x 2
    meter persegi.
  6. Menyiapkan peralatan pendukung
    usaha, seperti meja dan kursi, komputer/ laptop, printer dot matrix (Lx
    300/ Lx 310).
  7. Koneksi internet, sangat
    penting karena transaksi Agen Pos terintegrasi langsung dengan PT. Pos
    Indonesia. 
  8. Akses jaringan dan Aplikasi
    sistem disiapkan oleh PT. Pos Indonesia
  9. Mendapat persetujuan dari PT.
    Pos Indonesia dan menandatangai Perjanjian Kerjasama. 
Ideal Lokasi Agen Pos adalah kurang lebih 1 kilometer dengan Agen Pos lain.
Tetapi bila ada lebih dari 1 Agen Pos, syarat lokasi kurang lebih radius 250 meter.
Untuk menjadi Agen Pos tidak membutuhkan modal besar. Bila kita sudah
memiliki peralatan pendukung seperti meja, kursi, komputer/ Laptop, printer,
modem, yang selanjutnya dipikirkan adalah deposit, sistem
deposit diberlakukan untuk menhindari agen yang nakal. Paket yang ditawarkan
oleh PT. Pos ada 3 Paket AgenPos, yakni agen untuk jasa
keuangan , agen untuk jasa surat dan paket, dan agen gabungan keduanya.
PROSEDUR PENGAJUAN IZIN MENJADI AGEN POS
  1.     Pemohon (badan
    usaha/perorangan) mengajukan permohonan tertulis kepada Kantor Pos menggunakan
    formulir yang telah disediakan di Kantor Pos.
  2.         Kantor Pos melakukan
    kajian kelayakan pendirian Agenpos maksimal setelah diterimanya pengajuan
    permohonan.
  3.        Berdasarkan hasil kajian
    kelayakan tersebut, Kantor Pos meneruskan permohonan pendirian Agenpos kepada
    Kadivre.
  4.       Berdasarkan permohonan
    pendirian Agenpos, Kadivre menerbitkan persetujuan atau penolakan secara
    tertulis.
  5.       Jika diterima, pihak
    Kantor Pos setempat segera memproses nopend Agenpos pada kesempatan pertama kepada
    Bagian Jaringan fisik Kantor Pusat Bandung via email, diteguhkan dengan surat.
  6.       Pemberian nopend untuk
    Agenpos oleh Bagian Jaringan fisik kepada bagian Dalsisop (Pengendalian sistem
    Operasi) dilakukan secara tertulis dan ditembuskan Kprk (Kantor Pos Pemeriksa)
    dan Divre terkait.
  7.       Perikatan
    penyelenggaraan Agenpos dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama
    Pengelolaan Agenpos.
  8.       Pelatihan dan persiapan
    pengoperasian Agenpos.
     
Baca Juga  Mengenal Concrete Pump Truck

KELENGKAPAN OPERASIONAL AGENPOS
1. Sarana yang dibutuhkan antara lain : meja-kursi, komputer, printer,
mesin timbangan.
2. Aplikasi Agenpos disediakan oleh Kantor Pos. Proses instalasi dapat
dilakukan oleh Agenpos atau pihak Kantor Pos.
3. Simcard untuk kepentingan jaringan disediakan oleh pengelola Agenpos.
4. Petugas pelaksana Agenpos mempunyai User ID yang diambil dari nopend.
5. Pelatihan Agenpos dilakukan di tempat lokasi usaha Agenpos.
1. Mematuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam
penyelenggaraan pelayanan pos.
2. Memasang identitas Pos Indonesia dengan mencantumkan logo Perusahaan
sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.
3. Membuka rekening Giropos Online (GOL) atau rekening bank yang
bekerjasama dengan perusahaan untuk kepentingan rekonsiliasi/settlement dan
atau deposit.
4. Memelihara barang inventaris perusahaan.
5. Melayani pelanggan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan
Petunjuk teknik (Juknis) yang berlaku di perusahaan.
6. Melakukan proses inisialisasi pada waktu pertama kali instalasi sistem
dan jaringan atau pada saat ada perubahan data base pusat misalnya perubahan
tariff, update versi.
7. Membayar biaya paket daya (biaya jaringan dan biaya abonemen) setiap
bulan.
8. Melakukan sinkronisasi atas kurs setiap hari yang diterima dari
perusahaan cq web Pos Internasional atau dapat diambil dari kurs tengah Bank
Indonesia apabila pada hari berjalan tidak diterima informasi kurs dari
perusahaan.
9. Penerimaan kiriman dari masyarakat harus sesuai dengan jadwal tutupan
pos Kprk penghubung.
  1. Menerima pelatihan dan pembinaan dari perusahaan/Kantor Pos.
  2. Menerima dukungan pemasaran termasuk promosi tentang eksistensi Agenpos.
  3. Menerima pembayaran potongan harga atas penjualan surat pos, kiriman
    terbukukan dan penjualan meterai temple.
  4. Menerima jadwal tutupan pos, untuk penyesuaian pengiriman kiriman pos
    dari Agenpos ke Kantor Pos penghubung.
  5. Boleh mengadakan perikatan dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman
    pos dengan mengatasnamakan pengelola, bukan atas nama PT Pos Indonesia.
  6. Menerima daftar tarif dalam bentuk buku.
  7. Up date aplikasi setiap ada perubahan sistem atas aplikasi Agenpos.
  8. Menerima jemputan kiriman sesuai dengan jadwal tutupan pos Kprk
    penghubung 
Baca Juga  Jasa Pengiriman Paket Cepat Murah

LARANGAN BAGI PENGELOLA AGENPOS
  1. Menjual jasa yang sejenis dengan produk Pos, kecuali produk hasil
    kerjasama perusahaan (co branding).
  2. Menjual perangko dan meterai tempel palsu.
  3. Mengembalikan perangko dan meterai tempel yang sudah dibeli.
  4. Menerima dan membeli perangko dan meterai tempel dari masyarakat atau
    pihak lain untuk dijual di Agenpos.
  5. Mengalihkan pengelolaan Agenpos kepada pihak lain. 
  6. Memperjualbelikan izin kepada pihak lain.
  7. Memindahkan lokasi Agenpos ke tempat lain kecuali atas persetujuan
    perusahaan/Kantor Pos.
  8. Menggunakan aplikasi lain selain aplikasi I-Pos milik perusahaan/Kantor
    Pos.
  9.  Menggunakan dokumen dan nama perusahaan dalam melakukan
    perikatan/tender dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman pos.

TANGGUNGJAWAB PENGELOLA AGENPOS
1. Bertanggungjawab atas Rahasia surat.
2. Keselamatan dan keamanan terhadap uang, kiriman pos, sarana/prasarana
yang masih berada pada Agenpos.
3. Kekurangan Porto dan Bea yang tidak terpungut dan tidak tertagih kepada
pengirim maupun penerima.
4. Pembayaran ganti rugi akibat kehilangan atau kerusakan kiriman pos baik
seluruhnya ataupun sebagian selama masih berada di Agenpos atau kiriman pos
yang belum diserahterimakan ke kantor Pos.
5. Penyalahgunaan yang dilakukan oleh petugas pelaksana Agenpos, baik
langsung maupun tidak menimbulkan kerugian di Agenpos maupun Kantor Pos.

 Itulah sedikit penjelasan mengenai AgenPos dan juga syarat untuk menjadi AgenPos.

Terima kasih,            

Pengelola Agen Pos ARDIAN 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Apa itu Agen Pos dan apa Syarat untuk menjadi Agen Pos.... and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  FAQ terkait Fasilitas Kawasan Berikat

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo