Categories: Logistic

Apa itu Perawat Spesialis ECMO? Melihat Lebih Dekat Ceruk Perawatan Kritis Ini

Published by
Dunny Nasution

Suka ide bekerja di keperawatan perawatan kritis? Perawatan yang kompleks, partisipasi dalam prosedur yang intens dan fokus yang sempit yang disertai dengan rasio pasien yang lebih rendah semuanya dapat memiliki daya pikat. Sementara pasien perawat ini cenderung sering terlalu sakit atau dibius untuk melakukan percakapan atau mengucapkan terima kasih, perawat perawatan kritis tidak keberatan—mereka hanya ingin melihat pasien mereka menjadi lebih baik.

Unit-unit ini secara mengejutkan diisi dengan peralatan dan alat khusus untuk membantu melakukan hal itu. Salah satu alat yang mungkin pernah Anda dengar adalah mesin oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO). Apakah Anda pernah bekerja dengan pasien ECMO atau tidak, Anda mungkin tertarik dengan mesin ini dan staf terlatih yang tahu cara menggunakannya.

Melanjutkan intrik adalah bahwa bekerja dengan peralatan khusus ini tidak hanya untuk terapis pernapasan atau ahli perfusi kardiovaskular. Perawat ICU berpengalaman yang memenuhi persyaratan tertentu juga dapat dipanggil untuk membantu. Baca terus, dan kami akan membahas apa itu ECMO, apa yang dilakukan oleh spesialis perawat ECMO, dan bagaimana menjadi ECMO.

Apa itu ECMO?

Oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO) adalah terapi pilihan terakhir untuk beberapa pasien paling sakit di rumah sakit. Ini memungkinkan jantung dan paru-paru untuk beristirahat dengan memompa darah pasien ke dalam mesin, yang mengoksidasi dan menghangatkan darah sebelum memompanya kembali ke dalam tubuh melalui tabung plastik.

Ini dapat digunakan untuk membantu pasien yang sangat sakit dengan kondisi jantung atau paru-paru mendapatkan istirahat yang mereka butuhkan. Ini sering digunakan sebagai “pengobatan jembatan” untuk membantu pasien dengan gagal jantung atau pernapasan sebelum dan sesudah operasi kardiotoraks. Seringkali, pasien ECMO juga dirawat dengan ventilator mekanik. Selama perawatan ini, pasien dibius dan diberikan obat pereda nyeri agar lebih nyaman.

Penting untuk dicatat bahwa ECMO hanyalah “pengobatan yang menopang kehidupan.” Itu tidak menyembuhkan atau mengobati penyakit atau cedera yang menyebabkan gagal jantung atau paru-paru. Ini berarti bahwa jika kondisi aslinya tidak membaik, mungkin sangat sulit bagi pasien untuk melepaskan dukungan ECMO. Hal ini dapat membuat keputusan sulit tentang kualitas hidup pasien ke depan. Penting juga untuk dicatat bahwa opsi perawatan khusus ini tidak tersedia secara universal. Biasanya, hanya pusat kesehatan besar yang memiliki sumber daya untuk mendukung perawatan ECMO, jadi ini dapat memperumit beberapa keputusan perawatan yang menantang yang dibuat selama masa permintaan yang besar.

Melihat seorang pasien menggunakan mesin ECMO dan ventilator bisa menjadi banyak hal yang harus dilakukan—baik secara mental maupun emosional. Meskipun Anda akan mulai memahami lebih banyak tentang mesin dan proses saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman, itu masih sulit untuk ditonton. “Saya tidak akan pernah melupakan pasien pertama yang saya tangani secara pribadi yang menggunakan ECMO,” kata Nakisa Baher, RN-BSN dan perawat spesialis ECMO di Bryan Health Medical Center. “Anda tidak pernah benar-benar terbiasa melihat ECMO beraksi.”

Apa yang dimaksud dengan perawat spesialis ECMO?

Perawat spesialis ECMO adalah perawat terdaftar yang dilatih untuk mengelola sirkuit ECMO untuk pasien yang sakit kritis. Sementara perawat ini memiliki latar belakang sebagai perawat perawatan kritis staf, fokus mereka sebagai spesialis ECMO adalah mesin dan mengetahui cara memecahkan masalah dalam keadaan darurat.

Banyak perawat spesialis ECMO memiliki latar belakang di unit perawatan intensif kardiovaskular (CVICU) dan sering bekerja dalam shift terpisah sebagai perawat staf selain shift mereka sebagai spesialis ECMO. Staf perawat yang merawat pasien ECMO harus memikirkan semua kebutuhan pasien sementara spesialis ECMO sangat fokus pada vital pasien dan bagaimana mereka merespons pengobatan ECMO.

Selain spesialis perawat ECMO, spesialis ECMO juga dapat mencakup terapis pernapasan, ahli perfusi kardiovaskular, dan dokter yang telah menjalani pelatihan ECMO.

Seperti apa hari dalam kehidupan seorang perawat ECMO?

Karena ECMO digunakan pada orang sakit yang paling sakit, pekerjaan Anda dapat berubah seketika jika ada keadaan darurat, jika pasien sedang disapih dari ECMO atau jika pasien atau keluarganya memutuskan untuk menarik tindakan penyelamatan jiwa.

Baher memandu kami melalui seperti apa perubahan tipikal sebagai spesialis perawat ECMO. Pertama, Baher mengatakan dia mendapat laporan dari spesialis ECMO shift sebelumnya tentang pasien di bawah perawatan mereka. Selama waktu ini, dia akan menemukan informasi seperti:

  • Jenis ECMO apa yang digunakan pasien (venoarterial atau venovenous)
  • Hasil gas darah arteri terbaru pasien
  • Obat apa yang diterima pasien?
  • Pengaturan ECMO saat ini
  • Setiap peristiwa penting yang terjadi

Setelah dia menerima laporan perubahan shift ini, Bahr meninjau sirkuit ECMO dan memastikan dia tidak melihat masalah baru seperti gumpalan atau garis tertekuk.

Selama shiftnya, penyedia akan datang untuk menilai pasien. Itu biasanya termasuk percakapan tentang ke mana arah perawatan ECMO. Jika lab pasien sedang tren ke arah yang benar, mereka akan mencoba menyapih pasien dari ECMO untuk melihat bagaimana mereka sembuh.

Sepanjang shiftnya, Bahr tampil dan memetakan penilaian

sment. Jika pasien telah menjalani ECMO selama lebih dari 24 jam, Bahr akan melakukan penilaian setiap jam. Jika mereka baru saja memulai ECMO, dia akan melakukan penilaian lebih sering. Sepanjang seluruh shift, dia terus mengawasi tanda-tanda vital mereka untuk memastikan mereka tidak mengalami dekompensasi.

Di akhir shiftnya, dia meneruskan laporan ke spesialis ECMO berikutnya di mana prosesnya dimulai lagi.

Bagaimana menjadi perawat spesialis ECMO

Langkah pertama untuk menjadi perawat spesialis ECMO adalah menjadi perawat terdaftar (RN). Untuk menjadi RN, Anda memerlukan gelar—baik Gelar Associate dalam Keperawatan (ADN) atau Bachelor of Science in Nursing (BSN)—dan memenuhi semua persyaratan lain untuk lisensi negara. Setelah dilisensikan, Anda akan memenuhi syarat untuk melamar ke berbagai posisi keperawatan.

Saat memilih jalur gelar Anda, Anda harus ingat bahwa BSN mungkin bermanfaat saat masuk ke perawatan kritis. Meskipun perawat ADN menyelesaikan jam klinis sebanyak perawat BSN, mahasiswa keperawatan BSN melakukan kursus tambahan dalam kepemimpinan, memahami penelitian, dan mempraktikkan pemikiran kritis di tingkat lain, yang dapat sangat bermanfaat dalam pengaturan ICU. Perawat ADN dapat memperoleh BSN mereka melalui program RN ke BSN.

Sebagian besar perawat spesialis ECMO adalah perawat ICU atau CVICU yang berpengalaman, jadi mendapatkan pekerjaan di ICU atau unit step-down adalah tempat yang bagus untuk memulai. Ingat, tidak setiap rumah sakit dapat menawarkan ECMO, jadi pastikan Anda melamar ke rumah sakit yang menawarkan ECMO jika ini adalah tujuan jangka panjang. Rumah sakit tersebut umumnya menawarkan pelatihan mereka sendiri yang dipandu oleh Extracorporeal Life Support Organization (ELSO) di mana para spesialis ECMO menjalani pelatihan awal, pendidikan berkelanjutan, dan pemeriksaan kompetensi. Anda juga dapat menemukan pelatihan awal tentang ECMO melalui American Association of Critical-Care Nurses (AACN).

Ambil langkah pertama

Bekerja sebagai spesialis perawat ECMO adalah cara unik untuk menerapkan diri Anda dalam peran perawatan kritis. Setiap hari, para perawat ini menggunakan teknologi medis yang hampir terdengar seperti fiksi ilmiah untuk memberi pasien yang sakit parah kesempatan lain untuk melawan. Mungkinkah ini ceruk keperawatan perawatan kritis untuk Anda?

Jika demikian, langkah pertama adalah memulai jalur menjadi perawat terdaftar. Artikel kami “Cara Menjadi Perawat Terdaftar: Panduan Langkah-demi-Langkah Sederhana” memaparkan pandangan langsung tentang apa yang ada di depan.

Dunny Nasution

Recent Posts

9 Cara Mudah Meredakan Rasa Takut Anak Anda pada Dokter

Kantor dokter anak dapat terasa seperti rumah yang jauh dari rumah bagi banyak keluarga. Sejak…

10 Agustus 2022

Menjajaki Karir Perawatan Kesehatan Keperawatan vs. Kedokteran

Anda selalu ingin bekerja di bidang kesehatan. Lagi pula, ini adalah bidang yang sangat luas…

10 Agustus 2022

7 Teknik Mengerikan dari Pengobatan Kuno yang Akan Membuat Anda Bersyukur untuk Latihan Hari Ini

Pengobatan modern bukanlah keajaiban, dan kemajuannya hanya dalam seratus — bahkan lima puluh — tahun…

10 Agustus 2022

6 Kualitas Keperawatan yang Sudah Anda Kuasai sebagai Seorang Ibu

Kembali ke sekolah bisa menjadi pemikiran yang menakutkan, terutama ketika Anda seorang ibu. Anda mungkin…

10 Agustus 2022

8 Hal yang Suka Dilihat Pengusaha di Resume Keperawatan

Dari luar, mendapatkan pekerjaan perawat terlihat mudah. Anda mencapai kredensial yang diperlukan untuk posisi yang…

9 Agustus 2022

Advokasi dalam Keperawatan 5 Cara untuk Mendukung Pasien Anda

Setelah bekerja keras selama bertahun-tahun, Anda akhirnya mendapatkan hak untuk meletakkan huruf "RN" di belakang…

9 Agustus 2022