Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Bisakah Mengemudi Dengan Kondisi Penglihatan Sebelah? | TruckerId

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dibeberapa artikel sudah dijelaskan mengenai aktivitas mengemudi dengan kondisi penglihatan yang buruk, tetapi bagaimana jika kondisinya salah satu mata mengalami kebutaan baik karena penyakit ataupun cedera?

Mata Manusia

Lisensi Pribadi

Lisensi pribadi ditujukan untuk kendaraan yang tidak disewakan. Biasanya untuk kendaraan pribadi seperti sepeda motor, van atau truk ringan. Seorang pengemudi harus memenuhi ketajaman visual minimal 6/12 atau lebih baik menggunakan kedua mata, baik dengan atau tanpa kacamata atau lensa kontak. Ini artinya jika seseorang bisa menjangkau 6/12 dengan satu matanya termasuk kedalam tingkat yang bisa diterima selama area penglihatan horizontalnya ada pada kisaran 110 derajat. Kesehatan mata bisa diperiksa setiap dua tahun.

Kesehatan mata bisa diperiksa oleh optometris atau spesialis mata. Jika level kesehatan mata tersebut terpenuhi, maka dipastikan kita masih bisa memegang lisensi selama kriteria tersebut tidak terganggu.

Jika seseorang mendapatkan nilai di bawah standar atau terdapat faktor yang meringkankan, optometris atau ophthalmologis bisa memberikan lisensi bersyarat. Syarat tersebut bisa berupa mengemudi hanya ketika di siang hari saja atau mengemudi dengan menggunakan lensa korektif.

Faktor-faktor yang dilihat berupa:

  • Kesehatan yang baik
  • Waktu reaksi normal
  • Koordinasi fisik yang baik
  • Kesadaran spasial
  • Persepsi warna yang bagus
  • Kewaspadaan
  • Perputaran leher yang baik (khususnya bagi pengemudi dengan satu mata)
  • Riwayat mengemudi
  • Persepsi kontras

Bagaimana Penglihatan Diuji

Pengemudi harus membaca lima karakter dari 6/12 garis dari jarak enam meter. Lebih dari dua kesalahan membaca huruf pada baris manapun dianggap sebagai kegagalan untuk membaca garis tersebut. Dalam hal ini lensa korektif perlu digunakan.

Baca Juga  Cara Membuat Website Sendiri Mudah dan Gratis Untuk Pemula

Jika penglihatan Anda lebih buruk dari 6/24, maka SIM Anda tidak akan diterbitkan.

Apa yang Terjadi Jika Anda Menjadi Buta Pada Satu Mata Sementara Anda Memiliki SIM Tanpa Syarat?

Anda tidak diperbolehkan mengemudi setidaknya tiga bulan setelah kehilangan penglihatan dalam rangka untuk melakukan penyesuaian terhadap kondisi Anda. Anda dapat mengemudi kembali setelah memenuhi standar yang diuraikan di atas dan Anda diizinkan untuk mengemudi.

Lisensi Komersial

Lisensi komersial meliputi lisensi kendaraan berat. Jika penglihatan Anda yang tidak dikoreksi lebih baik daripada setidaknya 6/9 pada mata terbaik Anda dan setidaknya 6/18 pada mata terburuk Anda, maka Anda berhak memagang lisensi secara penuh. Jika Anda memerlukan kacamata atau lensa kontak, lisensi Anda akan dicantumkan kondisinya (contoh: harus memakai kacamata).

Bisakah Anda Mengendarai Kendaraan Komersial Dengan Satu Mata?

Biasanya, Anda tidak diizinkan untuk mengemudi kendaraan komersial kecuali Anda memiliki dua mata dengan kemampuan minimum yang memenuhi standar. Namun, bergantung pada seberapa sering Anda harus mengemudi, jenis kendaraan dan cara mengemdi. Seorang optometris bisa merekomendasikan Anda untuk memegang lisensi bersyarat.

Penjelasan di atas hanya berlaku di Negara Australia, tentunya di setiap negara mempunyai aturan masing-masing.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Bisakah Mengemudi Dengan Kondisi Penglihatan Sebelah? | TruckerId and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Minun kopi di subang air port kuala lumpur...biar segar...1 gelas daily itu kono...

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar