Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kalau kamu pikir, kapan sih kamu terakhir mencuci helm? Pasti sudah lama kan? Atau bahkan belum pernah mencuci helm sama sekali. Nah begitu pula bagi beberapa orang lainnya. Berdasarkan survei, helm merupakan salah satu barang yang sangat jarang sekali dicuci loh! Padahal helm sendiri merupakan barang yang sering kita pakai dan mudah terhirup oleh hidung, apalagi untuk orang yang sering mengendarai motor setiap harinya. Tentu helm harus dijaga kebersihannya, agar kita terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel pada helm.

Memang banyak orang yang belum sadar akan kebersihan helm, namun mereka pasti tertarik jika melihat harga cuci helm yang terjangkau. Apalagi jika tempat cuci helm berada di dekat rumah, kantor, atau parkiran motor. Sehingga mereka bisa mencuci helm sembari bekerja atau bepergian ke suatu tempat. Nah coba deh kamu pikirkan situasi ini untuk dijadikan sebuah strategi bisnis yang ampuh! Makanya langsung aja kamu cari tambahan referensi bisnis cuci helm dengan membaca artikel di bawah ini. Simak terus yuk!

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm dari Anteraja

1. Pelajari Lebih Dalam Cara Mencuci Helm

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Pelajari Lebih Dalam Cara Mencuci Helm

Sebetulnya tidak perlu keahlian khusus untuk mencuci helm, namun kamu harus mengetahui cara mencuci helm yang benar. Ada beberapa bagian helm yang harus dilepas untuk dicuci, nah kamu juga harus tau cara melepas dan memasang kembali bagian-bagian tersebut. Ketahui juga bahan busa yang digunakan dan cara menyikatnya, agar busa tidak bersih tanpa merusak permukaannya. Ketahui bagian-bagian helm yang sering menyimpan bau, sehingga kamu harus mencucinya dengan bersih.

2. Kenali Tipe-tipe Helm

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Kenali Tipe tipe Helm

Ada banyak sekali tipe-tipe helm di pasaran yang banyak digunakan, maka kamu harus mengenali setiap tipe-tipenya. Ada half face helmet, full face helmet, open face helmet, shorty helmet, modular helmet, dan cross helmet. Semuanya memiliki bentuk dan jenis busa yang berbeda-beda, sehingga kamu harus mengetahui teknik mencuci dari setiap tipe helm. Namun yang perlu kamu pelajari lebih dalam untuk tipe half face dan full face helmet, karena keduanya merupakan helm paling umum digunakan saat ini.

Baca Juga  Tapanuli Logistik Cargo: 3 Jenis Jalur Ekspedisi

3. Tentukan Tempat Usaha

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Tentukan Tempat Usaha

Tentukan tempat usaha yang strategis agar usaha kamu mudah dilihat dan dikunjungi orang. Jika kamu tidak memiliki modal yang besar, kamu bisa berjualan di rumah dengan melakukan promosi besar-besaran. Namun perhatikan juga apakah rumah kamu ramai dilalui orang . Nah jika modal kamu cukup besar, cari tempat usaha yang dekat dengan kantor, mall, stasiun, atau tempat yang terdapat penitipan motor. Tidak apa-apa jika harus mengeluarkan modal cukup besar untuk menyewa tempat di lokasi yang strategis, karena lokasi yang strategis akan membawa banyak pelanggan dan memberi kamu keuntungan dengan cepat. 

4. Cari Supplier Pewangi yang Terpercaya dan Terbaik

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Cari Supplier Pewangi yang Terpercaya dan Terbaik

Kamu harus memberikan pelayanan mencuci yang terbaik, sehingga pelanggan kamu merasa nyaman dan senang dengan hasil cucian kamu. Berikan sabun atau pewangi helm yang terbaik dari supplier yang terpercaya. Carilah supplier pewangi di internet dan pertimbangkan dari sekian banyak supplier yang kamu temukan. Pastikan kamu mendapat supplier yang kooperatif dan bisa membantu kamu menyuplai pewangi secara rutin tanpa terkendala apapun.

5. Tentukan Strategi Marketing

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Tentukan Strategi Marketing

Nah di sinilah kamu harus memikirkan ide-ide out of the box, supaya kamu bisa menyiapkan strategi marketing yang efektif dan berbeda dari yang lainnya. Yang pertama kamu harus membuat nama brand yang keren dan mudah diingat, serta konsep kios atau lapak yang menarik ketika dilihat. Kamu juga bisa membuat akun media sosial dan membuat konten promosi yang menarik di sana, tujuanya untuk memangsa pasar yang lebih luas. Jangan lupa untuk ketahui terlebih dahulu pasar yang kamu targetkan, sehingga strategi kamu bisa efektif menjangkau orang yang sesuai dengan target kamu.

6. Perhitungan Modal

Mesin cuci helm 3 – 4 juta
Dryer 300 – 500 ribu
Vacuum cleaner 400 – 500 ribu
Etalase 500 ribu
100 lembar nota 50 – 100 ribu
Banner dan spanduk 300 – 500 ribu
Total ± 6 – 7 juta
Baca Juga  Mengenal Proses Pembuatan Dan Karakteristik Tali
Listrik dan air 500 ribu
Gaji karyawan (opsional) 1 juta
Pewangi 500 ribu
Perlengkapan lainnya 500 ribu
Total ± 2 juta

Diperkirakan kamu membutuhkan modal sebesar 8 sampai 10 juta rupiah untuk modal memulai bisnis dan biaya operasional sebulan. Nah harga tersebut belum termasuk biaya sewa tempat, karena biaya sewa tempat akan berbeda-beda di berbagai wilayah. Jika modal kamu tidak besar, kamu bisa menggunakan alat dan perlengkapan yang biasa terlebih dahulu. Kalau pelanggan kamu sudah banyak, investasikan pemasukan kamu untuk membeli alat yang lebih baik agar pelayanan kamu semakin baik.

7. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Jangan gabungkan keuntungan dengan modal, karena kamu harus menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran dari bisnis kamu. Catat keuntungan yang kamu dapatkan dan ambil sebagian untuk dijadikan modal kamu mengembangkan bisnis. Nah setelah mengumpulkan modal dari keuntungan, hitung modal yang kamu punya sekarang untuk mengembangkan segala aspek yang masih kurang dari bisnis kamu. Kamu harus memisahkan kedua uang ini pada rekening yang berbeda, sehingga kamu tau apakah bisnis kamu menguntungkan atau tidak.

8. Harga yang Bersaing Tetapi Murah 

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Harga yang bersaing Tetapi Murah

Banyak orang yang masih belum sadar akan kebersihan helm, sehingga kamu harus memberikan harga yang terjangkau agar mereka tertarik. Berikan beberapa opsi pencucian dengan berbagai opsi harga, misalnya cuci reguler dengan harga yang cukup terjangkau dan cuci express dengan harga yang lebih tinggi. Jika ada usaha bisnis helm lain di sekitar lokasi kamu, maka kamu tidak boleh menawarkan harga lebih tinggi apabila kamu tidak memiliki banyak kelebihan. Namun jangan juga memberikan harga yang terlalu murah, karena akan berpengaruh terhadap keuntungan kamu.

9. Promosi

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Promosi

Siapkan budget untuk promosi, karena kamu harus mengenalkan bisnis kamu ke masyarakat. Kamu bisa menyebar brosur atau pamflet kepada pengguna motor di sekitar toko kamu atau ke parkiran-parkiran motor. Nah kemudian berikan promo-promo menarik juga untuk pelanggan kamu, misalnya seperti cuci 5 kali gratis 1 kali. Berikan kupon kepada pelanggan untuk setiap transaksi yang dilakukan, sehingga kamu bisa memberikan gratis cuci jika sudah 5 kali transaksi. Berikan kenyamanan bagi pelanggan agar mereka betah dan selalu ingin mencuci helm di tempat kamu.

Baca Juga  Quester CDE 250 6x2 Rigid Menyasar Angkutan Bahan BakarTruckMagz – Truck Magazine Indonesia

10. Gunakan Anteraja

Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh - Gunakan Anteraja

Jangan lupa untuk gunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman barang-barang kamu. Apalagi kamu pasti membutuhkan pengiriman cepat dalam mengirim barang-barang untuk kebutuhan bisnis kamu, agar bisnis kamu tidak terhambat akibat barang yang telat terkirim. Nah kamu juga bisa berjualan sabun atau shampo helm kepada para pelanggan kamu, tinggal kirim juga dengan Anteraja. cek ongkir deh sekarang biar nggak penasaran opsi pengiriman dan harga ongkir yang ditawarkan! Kamu juga bisa lebih tenang dengan fitur tracking paket yang disediakan, tinggal cek resi kamu secara berkala dan duduk tenang hingga paket kamu sampai.

Gimana, jadi kamu udah siap kan untuk membuka bisnis ini? Bisnis cuci helm termasuk bisnis yang tidak banyak digeluti orang, sehingga kamu memiliki kesempatan besar untuk menarik pelanggan yang banyak dan mendapat keuntungan yang besar. Jika bisnis kamu sudah besar, kamu bisa membuka cabang di tempat-tempat lainnya. Sehingga kamu bisa memiliki banyak cabang dan membuat kamu merajai bisnis cuci helm di wilayah yang kamu targetkan. Tentu kamu harus menjalankan bisnis ini dengan sungguh-sungguh, agar kamu selalu termotivasi dan optimis untuk mengembangkan bisnis ini hingga menjadi besar.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara dan Tips Bisnis Cuci Helm Untuk Pemula, Modal Kecil Loh! and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar