Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Cara Mengetahui Arah Arus Ketika Berlayar

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cara cara Mengetahui Arah Arus Ketika Berlayar untuk mempermudah menganalisa dari mana arah arus laut berasal

Kata ARUS tentu sudah tidak asing di telinga para pelaut. Hanya sekedar berbagi untuk teman-teman yang belum paham tentang cara mengetahui arah arus ketika sedang berlayar, Berikut adalah cara yg bisa teman-teman aplikasikan ketika sedang berlayar.

1.Ketika Mengemudikan Kapal

Saat mengemudikan kapal, dan haluan kapal lebih cenderung ke kanan itu berarti bahwa arah arus berasal dari lambung kanan kapal, Kenapa demikian? Hal ini bisa terjadi karna Haluan kapal bergerak ke kanan penyebabnya adalah sebagian badan kapal dari bagian tengah kapal hingga ke buritan didorong oleh arus yang berasal dari sebelah kanan hal ini menyebabkan bagian belakang kapal terdorong ke kiri dan haluan kapal kekanan, Begitu pula sebaliknya jika haluan kapal lebih cenderung kearah kiri itu artinya arah arus berasal dari lambung kiri kapal.

Banyak yang keliru tentang hal ini, bahwa jika haluan cenderung kiri maka arus dari kanan, dan sebaliknya jika haluan ke kanan, arus dari kiri.

2. Dengan Melihat Kecepatan Kapal 

Arah arus juga dapat kita ketahui dengan melihat kecepatan kapal caranya yaitu kita harus  terlebih dahulu mengetahui  kecepatan rata” kapal.

Setelah kita mengetahui kecepatan rata-rata kapal, jika kecepatan kapal bertambat lebih cepat dari kecepatan rata-rata hal ini menandakan bahwa arah arus berasal dari belakang kapal hal ini disebabkan karena Kapal di dorong arus. Sebaliknya jika arus berasal dari depan, maka kecepatan kapal akan berkurang secara otomatis, kurang  ini dikarenakan kapal melawan arus pengurangan average speed, tergantung kekuatan arus dengan kekuatan arus.

Baca Juga  How to determine KPIs?

3. Dengan Memperhatikan Kapal Yang Berlabuh 

Arah arus dapat juga kita ketahui dengan memperhatikan kapal-kapal yang berlabuh jangkar. Semua kapal yang sedang berlabuh jangkar, haluan kapalnya selalu mengikuti atau menghadap arus, ini menandakan bahwa arah arus dari bagian haluan kapal. 

Kuat dan tidaknya arah arus tersebut juga dapat kita ketahui dengan melihat panjang atau pendek dan kencang atau kendornya rantai jangkar kapal yang berlabuh. 

  • Jika rantai jangkar panjang dan kencang, itu artinya di area tersebut memiliki arus yg cukup kuat. 
  • Jika arah rantai kendor dan pendek itu berarti arus lemah atau tenang. 
  • Jika arah rantai tegak lurus menandakan bahwa akan ada arus balik, kapal akan berbalik arah atau berputar mengikuti arus.

Setiap Nakhoda ketika ingin melabuhkan kapal terlebih dahulu akan memperhatikan arah arus dengan cara melihat haluan kapal lain yang sedang berlabuh.

4. Saat kapal lepas di dermaga.

Cara mengetahui arah arus ketikan ingin berlayar, Saat kapal akan lepas sandar dari dermaga, apabila arus kuat berasal dari buritan kapal, maka hanya dengan melepas tali tros belakang, spring belakang, buritan kapal akan secara otomatis menjauh dermaga. Sebaliknya jika arus dari depan, hanya dengan melepas tali tros depan dan spring depan haluan kapal akan menjauh dermaga dengan sendirinya tanpa bantuan mesin penggerak utama.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui arah arus laut ketika sedang berlayar yang dapat lakukan umengetahui dari mana arah arus laut.

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Mengetahui Arah Arus Ketika Berlayar and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Cara Menghitung Waktu Tempuh dan Tiba Dalam sebuah pelayarn

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo