Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Cara Mengetahui Jumlah Air Ballas

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cara Menghitung jumlah air ballast yang ada di dalam tangki ballasat

Air ballast merupakan air yang digunakan sebagai pemberat dan penyeimbang kapal saat berlayar. Air ballast  di kapal sangat berperan untuk meningkatkan stabilitas kapal, maka dari itu penting bagi perwira deck untuk mengetahui jumlah air ballas yang ada di dalam tangki ballast.

bagaimana caranya kita mengetahui berapa jumlah Ballas Kita yang ada di atas kapal, untuk hal ini biasa sebut dengan Istilah Koreksi Displacement. (Jumlah Ballas Awal sudah kita ketahui dengan melakukan sounding dan menghitung volume dalam masing-masing tanki ballas).

Cara Menghitung Isi Ballas 

Buatlah Format Calculation yang di dalamnya terdapat Semua item seperti Lightship, Constant, Store, BBM, FW, BWT, LO, Dirty Oil, Cargo. Setelah Membuat format tabel tersebut, isilah jumlah berat dari masing-masing item sesuai data yang real di atas kapal. Jumlah berat dari masing-masing Item Tersebut dijumlahkan menjadi satu dan disebutlah Sebagai Displacment.

Selanjutnya Perhatikanlah Draft Kapal yang real setelah pemuatan yaitu draft depan, tengah dan belakang.

Jika di dalam table hydrostatic hanya Trim 0, carilah terlebih dahulu nilai Mean draft atau draft rata-rata yaitu draft Depan + Draft Belakang Dibagi 2. Namun jika di dalam hydristatic table ada menggunakan trim, silahkan disesuaikan dengan trim kapal saat itu.

Berdasarkan Nilai Mean draft atau maksimal draft tadi, bukalah hydrostatic table, lihatll dan catatlah berapa nilai Displacement dari Mean draft atau maksimal draft tersebut.

Displacemen berdasarkan perhitungan yang kita buat, terlebih dahulu dikurangi dengan jumlah Ballas berdasarkan hasil sounding yang telah kita hitung.

Selanjutnya Nilai Displacemen Berdasarkan Draft kapal yang real – Nilai Displacement dari hasi perhitungan kita setelah dikurangi ballas, hasilnya adalah jumlah ballas yang ada di atas kapal temapt kita bekerja.

Baca Juga  Alamat Samsung Service Center Denpasar Bali

Sekali Lagi Semua perhitungan muatan, perhitungan draft, perhitungan GM, tidak ada yang sama persis tepat sesuai dengan kondisi kapal saat itu. Perhitungan” ini mendekati dari kondisi real yang kita dapati, dan memudahkan kita untuk mengidentifikasi terlebih dahulu kondisi kapal kita baik sebelum muat maupun setelah muat.

Contoh perhitungannya kalian bisa lihat dibawah ini :

Diketahui

Displacement sesuai Perhitungan kita 4346.7 Ton (Termasuk Ballas)

Jumlah Ballas sesuai hasil sounding 1200 ton.

Displacment Tanpa Ballas = 4346.7 – 1200 = 3146.7 Ton

Mean draft atau Maksimal Draft yang real 4.80 Meter Memiliki Displacement 4379.5 Ton.

Ballas yang ada di atas kapal setelah dikoreksi Displacement adalah =

4379.5 – 3146.7 = 1232.8 Ton.

Jumlah Ballas Setelah Koreksi Displacemen adalah sebesar 1232.8 Ton.

Note :

Pekerjaan di atas kapal, tidak seribet dan serumit apa yang kita baca seprti yang tertulis di dalam buku dan yang kita pelajari selama berada di bangku pendidikan. 

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Mengetahui Jumlah Air Ballas and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo