Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Cara Mengetahui Stabilitas kapal – Dimensi pelaut

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Caran mengetahui kondisi Stabilitas Kapal tempat teman-teman  bekerja, dapat kalian Lakukan hal-hal berikut ini.

Sebelumnya perlu kalian pahami terlebih dahulu utk jenis kapal yang hanya memiliki Ruang muat di dalam palka atau di dalam tanki memiliki Kondisi Stabilitas Kapal Positif Dengan Nilai GM Besar (Contoh : Kapal General Kargo, Kapal Curah, Kapal Tanker dan jenis kapal lainnya yang hanya memiliki 1 ruang muat). Kapal Tanpa Muatan juga memiliki Nilai GM yang sangat besar.

Baca: Stabilitas Membujur kapal

Baca: Stabilitas Melintang Kapal 

Cara Mengetahui Stabilitas Kapal

Hal-hal yang perlu kalian lakukan untuk mengetahui kondisi stabilitas kapal tempat kalian bekerja apakah Memiliki Kondisi Stabilitas Possitif, Netral, Negatif adalah sebagai berikut :

  • Ketahui Total Keseluruhan Muatan Yang dimuati di atas kapal (Dapat di ketahui dari manifest)
  • Hitunglah Jumlah Muatan yang dimuati dalam palka atau di dalam tanki dan Jumlah Muatan yang dimuati Di atas Palka

Berdasarkan hasil perhitungan jumlah muatan antara di atas palka dan di dalam palka maka kondisi stabilitas kapal tempat kalian bekerja adalah sebagai berikut:

Jika Jumlah Muatan yang dimuati di dalam palka lebih berat atau lebih banyak dari jumlah muatan di atas palka, kondisi stabilitas kapal kalian adalah Positif.

Kondisi Stabilitas Posiitif terbagi lagi menjadi 3 :

  1. Jika telrlalu banyak muatan di dalam palka (contoh total muatan 1000 Ton, dan ditempatkan di dalam palka 900 dan di atas palka 100) Kapal memiliki Stabilitas Positif Dengan Nilai GM terlalu Besar (Stabilitas Kaku). Saat kapal di laut, kapal akan mengalami sudut oleng antara 5-15 derajat dengan waktu periode oleng kecil, membuat kapal tersentak sentak dan mengendorkan lashingan. Sangat bernahaya utk stabilitas kapal, jika muatan bergeser dari tempatnya.
  2. Jika Muatan 1000 ton (hanya sample) ditempatkan di dalam palka sebanyak 520 ton dan di atas palka 490 ton), kapal memiliki Nilai GM kecil karena perbedaan jumlah muatan yang terlalu kecil. Berkaibat sudut oleng besar juga waktu periode oleng besar jika mengalai olengan. Akibat dari pemakaian BBM, FW, BW, dari tanki bagian bawah, stabikitas kapal bisa menjadi Netral bahkan Negatif. Bila stabilitas kapal negatif. Nilai GM berada dibawah Nilai GM minimal dan akan sangat mudah kapal utk terbalik.
  3. Jika Muatan 1000 ton, dan ditempatkan di dalam palka 600 ton dan di atas palka 400 ton, kapal mmiliki Stabitas Positif dengan Nilai GM Yang Ideal. Nilai GM ideal berada sedikit di atas nilai GM minimal.
Baca Juga  JNE Kota Langsa | Alamat Ekspedisi

Itulah bebrapa hal yg dapat kalian lakuakn untuk mengetahui kondisi stabilitas kapal tempat teman-teman  bekerja.

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Mengetahui Stabilitas kapal - Dimensi pelaut and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo