Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Cara Menghitung Lingkar Putar Kapal Saat Berlabuh Jangkar.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cara mengetahui lingkar putar saat kapal berlabu.

Saat kapal berlabu ditempat yang sudah ditentukan biasanya akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengantri di pelabuhan. Pada saat kapal berlayar akan terjadi perubahan arus yang mengakibatkan  kapal akan berputar mengikuti arah arus untuk menghindari tubrukan kapal maka kita harus menghituk lingkar putar kapal.

Memperhitungkan lingkar putar kapal sangat penting sekali terutama bila kapal akan berlabuh jangkar di area berlabuh jangkar yang ramai untuk menghindari terjadinya seggolan antar kapal saat kapal berputar yang disebabkan oleh tidak cukupnya ruang putar kapal.

Setelah memilih tempat berlabuh jangkar, mengetahui space untuk berlabuh, setiap Nakhoda akan langsung menghitung lingkar putar kapal tersebut, dan memastikan tempat yang akan digunakan untuk melabuhkan kapal memiliki ruang yang cukup saat kapal berputar yang disebabkan oleh adanya arus.

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menghitung Lingka Putar Kapal

Untuk menghitung lingkar putar kapal saat berlabuh jangkar, kalian harus terlebih dahulu mengetahui Hal-hal berikut:

  • Panjang Kapal Secara Keselurahan (LOA).
  • Jumlah segel rantai jangkar yang di area.
  • Jarak kapal tempat kita bekerja dengan kapal lain yang paling dekat dengan kita atau daratan (jarak dengan kapal lain atau daratan dapat kita ketahui dengan mnggunakan Radar / aktifkan VRM).

Setelah mengetahui data-data  di atas, kalian dapat menghitung lingkar putar kapal dengan Rumus sebagai berikut:

Jarak dengan kapal lain (meter) – (LOA + jumlah rantai yang di area dalam satuan meter).

Note :

Jarak antar kapal atau daratan yang telah diketahui dengan menggunakan Radar masih dalam satuan NM, untuk itu terlebih dahulu kalian harus mengkonversi jarak tersebut ke dalam satuan meter.

Baca Juga  Alamat Kantor Traveloka Di Bali

Cara konversinya adalah misalkan jarak antar kapal atau ruang untuk berlabuh jangkar yang diketahui dengan menggunakan radar adalah 0.30 NM untuk dikonversi dalam meter gunakan rumus = 0.30 x 1852 = 555.6 Meter.

Jumlah rantai yang di area (segel) dikonversi ke dalam meter dengan cara jumlah segel yang di area x 27.5 (1 segel = 27.5 Meter).

Contoh soal :

LOA = 120 Meter

Rantai jangkar yang di area = 4 Segel

= 4 x 27.5 = 110 meter.

VRM = 0.30 NM = 0.30 x 1852 = 555.6 Meter

Jawabannya :

LOA 120 Meter + 110 Meter (4 Segel) = 230 Meter.

VRM (meter) = 555.6 – 230 = 325.6 Meter.

Kapal bebas putar atau memiliki Lingkar putar dengan daratan atau kapal terdekat sebesar 325.6 meter.

Itulah contoh bagaimana kalian dapat menghitung lingkar putar kapal.

Sedikit saran semua perwira Deck harus mengetahui cara menghitung Lingkar putar kapal saat berlabuh jangkar. Saat Nakhoda berhalangan, kalian sebagai perwira sudah mampu untuk menghandle kapal, melabuhkan kapal dengan aman. 

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Menghitung Lingkar Putar Kapal Saat Berlabuh Jangkar. and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo