Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Cara Menghitung Waktu Tempuh dan Tiba Dalam sebuah pelayarn

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cara memghitung perkiraan waktu kedatangan kapal di pelabuhan selanjutnya atau bisa dalam istila pelayaran biasa di sebut ETA estimate time arrival

Perlu diketahui terlebih dahulu teman-teman yang belum tau cara untuk menghitung perkiraan waktu kedatangan kapal pada pelabuhan selanjutnya yang dalam istila pelayaran disebut estimate time arrival (Eta), jadi teman-teman harus tau bahwa ada perbedaan antara menghitung waktu tiba dan menghitung waktu pelayaran (waktu tempuh).

Perbedaan Waktu Tempuh dan Waktu Tiba

Waktu tempuh dan Waktu kedatangan adalah dua hal sangat berbeda Adapun Yang membedakan 2 hal ini yaitu:

  • Pada Perhitungan ETA estimate time arrival, selain mengetahui jarak dan kecepatan rata-rata teman-teman juga diwajibkan untuk mengetahui tanggal dan jam keberangkat.
  • Sedangkan Untuk perhitungan waktu tempuh sendiri, teman-teman cukup hanya dengan mengetahui Jarak tempuh dan kecepatan rata-rata kapal (Average Speed).

Cara Menghitung Waktu Tiba Dan Waktu Tempuh

Cara perhitungan kedua hal tersebut bisa dibilang sangat mudah, Berikut ini adalah cara menghitungnya silahkan  yg blm paham, bisa membaca sampai habis biar bisa paham mengenai cara menghitung waktu kedatangan dan Waktu tempuh berikut ini:

  • Menghitung waktu kedatangan (ETA)

Untuk Menghitung waktu tiba atau estimate time arrival (ETA), Hal pertama yang harus kita ketahui untuk menghitung ETA adalah; Jarak Tempuh, Kecepatan Rata”, Tanggal Dan Jam berangkat, Zona Waktu Pelabuhan Tujuan apakah ada perbedaan waktu atau tidak dengan pelabuhan tolak.

Contoh:
Sebagai Patokan Zona Waktu untuk wilayah Indonesia :

  • Wilayah Barat GMT + 7
  • wilayah Tengah GMT + 8
  • wilaah Timur GMT + 9

Rumus E.T.A = Jarak Tempuh : kecepatan rata-rata=…………. + Jam Berangkat = …… : 24 = …..(Jumlah Hari Tempuh) + Tanggal berangkat = … (Tanggal Tiba) – Tanggal Tiba = … x 24 = …. (Jam Tiba) – Jam tiba = …. x 60 = … (Menit) – Menit = …. x 60 = …. (Detik)


Contoh soal :
Kapal Mv. Meratus java berangkat dari Jakarta pada tanggal 20 mey 2020 jam 08.00 Lt menuju Thailand dengan total jarak 1385 Nautical Mile (NM), dengan kecepatan 7,5 Knots. Hitunglah ETA Kapal tersebut di Thailand ?

Baca Juga  Pahala Express Sidoarjo | Alamat Ekspedisi

Jawab :
Dik jarak tempuh 1385 /7,5   
= 184,666666
= 184,666666 / 24
= 7,694444416 Hari (-7)
= 0,694444416  x 24
= 16,666665984 Jam     (-16)
= 0,666665984 x 60
= 39, 999 Menit
Jadi Lama Pelayaran : 7 Hari 16 Jam dan 39 Menit
ETA thailand  Tanggal 28  may 2020, Jam 00:32 LT ( thailand  GMT + 8 )

Jangan lupa untk menambah atau mengurangi Jam tiba jika ada perbedaan waktu antara pelabuhan Tolak dan Pepabuhan Tujuan.

Itulah hasil Tanggal dan jam tiba kapal di pelabuhan tujuan (Local Time = Waktu Setempat = waktu di pelabuhan tujuan)

  • Cara Menghitung Waktu Tempuh

Cara untuk menghitung waktu tempuh pelayaran dari pelabuhan tolak menuju pelabuhan tujuan tidaklah sulit berikut ini adalah cara menghitungnya:


Menghitung termasuk dengan jumlah hari

Jarak : Kecepatan rata” = ….(Jumlah Jam Tempuh) : 24 = ….(Jumlah Hari Tempuh) – Jumlah Hari Tempuh = … x 24 =… (Jam Tempuh) – jam tempuh = ….x 60 =…. (Menit) – Menit = …. x 60 = …. (Detik)..

Jika kawan hanya ingin dihitung dalam jumlah jam, dapat hitung 

Jarak : kecepatan = … (Jam tempuh) – Jam tempuh = …. x 60 = …. (Menit) – Menit = …. x 60 = … (detik)

Note :

Angka (Jam, menit, detik, tanggal yang dikurangi adalah angka yang di depan tanda koma(,) contoh = 100 : 4.6 = 21.739 – 21 = 0.739 x 60 = 44.34 – 44 = x 60 = …Detik

Ketetangan :

21 adalah Jam tempuh – jam tempuh yaitu 21 atau angka yang di depan koma, hasilnya x 60 = 44 (Menit) – menit (seperti awal tadi, angka yg di depan koma), begitu dan seterusnya hingga dapat detik. 

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Menghitung Waktu Tempuh dan Tiba Dalam sebuah pelayarn and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Daftar Agen/Gerai TiKindo Logistics Wilayah Jakarta Selatan

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo