Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Pernah nggak sih kamu lagi butuh banget jasa fotocopy, namun ketika dicari nggak ada tukang fotocopy yang tersedia? Padahal usaha fotocopy cukup merebak, namun ternyata masih belum terpenuhi di beberapa tempat. Fotocopy termasuk  usaha yang sudah ada bertahun-tahun dan masih dicari hingga saat ini, nah ini bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa untuk kamu jalani. 

Pasti kamu sudah sering menggunakan jasa fotocopy, namun baru terpikir sekarang untuk menjalankan bisnisnya. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara usaha fotocopy yang sukses, soalnya Anteraja udah merangkum tips-tips memulai bisnis fotocopy untuk kamu. Yuk simak!

Kenapa Bisnis Fotokopi?

1. Mudah Dikelola

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Mudah Dikelola

Bisnis fotocopy termasuk bisnis yang mudah dikelola, karena mengoperasikan mesin foto copy tidak terlalu rumit. Apalagi jika kios kamu tidak terlalu besar, malah kamu bisa mengelolanya sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membayar karyawan. 

2. Dibutuhkan Setiap Harinya

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Dibutuhkan Setiap Harinya

Di Indonesia, file dokumen online masih jarang digunakan oleh banyak orang. Situasi ini membuat dokumen fisik masih sering digunakan setiap harinya, sehingga banyak orang pasti mencari jasa fotokopi untuk mengcopy file mereka. 

Tips Usaha Fotocopy yang Sukses dari Anteraja

1. Pilih Tempat yang Strategis

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Pilih Tempat yang Strategis

Jasa fotocopy memang sangat dicari, namun kamu juga harus memilih tempat yang strategis agar mudah dilihat orang. Pikirkan lokasi-lokasi yang seringkali menggunakan dokumen, seperti sekolah, kampus, rumah sakit, samsat, dan sebagainya. Tidak usah membuka kios yang terlalu besar, yang penting kios kamu berada di jalan utama dan cukup untuk memuat semua kebutuhan bisnis kamu.

Baca Juga  Barang Antik Pusaka Kuno - BARANG BARU

2. Persiapkan Modal

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Persiapkan Modal

Nah mungkin kamu belum terbayang berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini, mari kita perkirakan. Mesin fotocopy sekitar 14 juta rupiah, kertas 100 rim 1,5 juta rupiah, alat pemotong kertas 500 ribu rupiah, etalase kaca 1,5 juta rupiah, meja dan kursi 800 ribu rupiah, dan perkakas lainnya 1 juta rupiah dengan total semuanya hampir 20 juta rupiah. Angka tersebut belum biaya operasional bulanan sekitar 4 juta rupiah dan biaya sewa tempat yang dapat berbeda-beda tergantung lokasi.

3. Pilih Mesin Fotokopi yang Terbaik

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Pilih Mesin Fotokopi yang Terbaik

Mesin fotocopy adalah senjata kamu untuk menjalankan bisnis ini, sehingga kamu harus memilih mesin fotocopy yang terbaik. Pilih mesin fotocopy dengan merk yang jelas seperti Canon, Konica Minolta, dan Xerox. Jika harga mesin fotocopy baru terlalu mahal, coba untuk mencari mesin fotocopy bekas. Pastikan barang masih bisa terpakai dengan baik dan tidak ada part yang rusak.

4. Pilih Supplier Kertas yang Terpercaya

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Pilih Supplier Kertas yang Terpercaya

Pasti akan ada banyak kertas dan tinta yang kamu habiskan setiap harinya, maka kamu harus mencari supplier yang paling terpercaya untuk menyuplai semua kebutuhan usaha kamu. Di zaman modern seperti sekarang, kamu bisa mencari supplier melalui internet dan menggunakan sistem pengiriman. Nah supaya suplai kebutuhan kamu berjalan lancar, gunakanlah Anteraja sebagai partner pengiriman kamu. Yuk segera cek ongkir untuk kepoin harga ongkir dan opsi pengiriman Anteraja, juga jangan lupa cek resi untuk melacak paket jika kamu sedang mengirim kebutuhan kamu. Jangan ragu lagi ya untuk memakai Anteraja!

5. Buat Strategi Bisnis

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Buat Strategi Bisnis

Putar otak kamu untuk menyusun strategi bisnis yang paling ampuh. Apalagi fotocopy merupakan usaha yang cukup ramai digeluti, sehingga kamu harus memiliki strategi terbaik untuk melawan kompetitor. Hitung modal awal dan biaya operasional yang perlu kamu keluarkan, kemudian proyeksikan kapan kamu akan balik modal. Tetapkan harga jual, target pasar, dan strategi pemasaran yang ampuh untuk mendatangkan konsumen.

Baca Juga  Guidance for the recording oil record book

6. Pisahkan Keuntungan untuk Karyawan dan Sewa Tempat

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Pisahkan Keuntungan untuk Karyawan dan Sewa Tempat

Kedua uang ini harus kamu pisahkan dengan benar, karena uang untuk karyawan dan sewa tempat harus dihitung dengan jelas. Kamu bisa membuat catatan keuangan dengan jelas untuk mencatat uang yang masuk dan keluar, sehingga kamu tahu berapa keuntungan yang kamu dapatkan dan berapa uang yang kamu punyauntuk membayar karyawan.

7. Kembangkan Bisnis Fotokopi Kamu

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Kembangkan Bisnis Fotokopi Kamu

Jika kamu sudah mendapatkan banyak keuntungan dari usaha fotocopy, kumpulkan uang tersebut dan jadikan modal untuk mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa berjualan alat tulis, materai, amplop, dan kebutuhan kantor lainnya. Kemudian jasa laminating dan jilid yang masih cukup dicari oleh anak-anak sekolah. Nah jika usaha kamu sudah semakin besar, sediakan jasa printing dan jasa pengetikan dengan komputer dan koneksi internet supaya konsumen bisa melakukan printing sendiri.

8. Harga yang Bersaing

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Harga yang Bersaing

Fotocopy termasuk jasa yang hampir digunakan semua orang, sehingga mereka akan tau kisaran harga yang ditawarkan jasa fotocopy. Berikan harga yang bersaing atau bahkan lebih murah dari kompetitor, apalagi terdapat usaha fotocopy juga di dekat lokasi usaha kamu.

9. Ramah Kepada Pelanggan

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Ramah Kepada Pelanggan

Selain menawarkan harga yang bersaing, kamu juga harus ramah kepada pelanggan. Pastikan pelanggan nyaman dengan pelayanan yang kamu berikan, sehingga mereka tidak segan-segan untuk kembali lagi ke tempat kamu jika mereka membutuhkan jasa fotocopy.

10. Promosi

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Promosi

Sebetulnya usaha fotocopy tidak perlu dipromosikan secara besar-besaran, karena orang akan datang sendiri jika lokasi usaha kamu strategis dan mudah dijangkau. Mungkin kamu bisa membuat spanduk atau banner yang besar dan menarik di depan kios kamu, sehingga orang bisa melihatnya dari kejauhan. 

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan: Fungsi Tongkang / Barge

11. Jangan Pernah Menyerah 

Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula - Jangan Pernah Menyerah

Sebelum memulai bisnis, siapkan mental yang kuat untuk menghadapi risiko-risiko yang bisa datang kapan saja. Apalagi berbisnis adalah pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, sehingga kamu harus tepat dalam mengambil keputusan. Tumbuhkan motivasi yang besar bahwa kamu akan membangun dan mengembangkan bisnis ini, jangan sampai terpikir untuk menyerah sebelum kamu meluapkan semua kemampuan kamu.

Yuk segera mulai deh bisnis fotocopy kamu, jangan sampai ide kamu keduluan orang lain! Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk memulai bisnis fotocopy, Anteraja berharap banget kamu bisa menyediakan jasa fotocopy yang berguna bagi banyak orang. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan keuntungan kamu untuk dijadikan modal kembali, supaya bisnis kamu bisa berkembang dan bisa menyediakan jasa-jasa lainnya. Selamat mencoba!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Cara Sukses Usaha Fotocopy yang Sukses Modal Kecil Untuk Pemula and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar

Taksi Taloc Telah Hadir!

Jangan Lewatkan!

Pesan Tiket Lebih Gampang dengan Armada Pilihan Terbaik Rute Batang Toru ,Medan, Padangsidimpuan, Pematang Siantar, Sibuhuan, Sipirok, Sibolga, Siborong – borong, Tarutung