Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Case Study Integrated ASRS, AGV, and monorail systems Lift at Gudang Garam’s logistics performance

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Latar Belakang Gudang Garam

Gudang Garam, yang didirikan pada tahun 1958, adalah produsen rokok kretek terbesar di Indonesia. Gudang Garam menghasilkan berbagai macam rokok kretek termasuk varian tar rendah, nikotin rendah dan rokok kretek tangan tradisional, di pusat-pusat produksi utamanya di kota Kediri dan Gempol di Jawa Timur.

Tantangan

Dalam beberapa tahun terakhir, Gudang Garam terus meningkatkan produksi di fasilitas manufakturnya dengan persyaratan penyimpanan untuk bahan baku dan barang jadi meningkat. Dengan ruang terbatas di pusat produksi dan distribusi di Gempol, Gudang Garam mulai mencari solusi logistik otomatis untuk meminimalkan area yang diperlukan untuk penyimpanan dan untuk menghilangkan penanganan manual antara area produksi dan area gudang. Gudang Garam beralih ke Dematic untuk merancang dan mengimplementasikan solusi berdasarkan pengalaman sistem logistik terintegrasi yang luas dan rekam jejak yang terbukti dalam sistem otomatis.

Sirkuit monorel menghubungkan gudang dan area produksi.

Solusi sistem ASRS, AGV, dan Monorel yang terintegrasi

Dematic menanggapi dengan cepat persyaratan Gudang Garam dengan solusi penanganan bahan terintegrasi yang mengesankan yang menggabungkan Sistem Penyimpanan dan Pengambilan Otomatis (ASRS) di gudang yang tinggi, sambungan monorel berlistrik Eisenmann yang dialiri listrik antara gudang dan produksi, dan jaringan konveyor palet, pengangkat palet antar lantai dan Kendaraan Berpemandu Otomatis Dematic (AGV) untuk mengangkut palet ke dan dari jalur produksi di fasilitas manufaktur.

Gudang dengan tinggi lebih dari 35 m dan menyediakan kapasitas untuk menyimpan lebih dari 10.000 palet. Gudang ini dilayani oleh empat Mesin Penyimpanan dan Pengambilan Cepat Dematic RapidStore (SRMs), dengan sistem yang dikonfigurasikan untuk melayani lokasi dengan kedalaman tunggal dan ganda untuk memaksimalkan kepadatan penyimpanan.

Palet ditangani di luar area rak dengan sistem penanganan palet infeed / outfeed otomatis, yang terdiri dari sistem pengangkutan palet terintegrasi, tujuh pengangkut monorel overhead, delapan sirkuit AGV, dan lima pengangkat palet antar lantai.

AGV Dematic mengangkut bahan mentah ke area produksi dan barang jadi ke sistem penanganan palet otomatis

AGV menggunakan kombinasi sensor pemosisian laser dan sistem komunikasi frekuensi radio (RF), meniadakan perlunya jalur kawat pemandu untuk tertanam di lantai, yang secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk instalasi dan commissioning sistem.

Dematic iQ’s Warehouse Control System (WCS) mengelola aliran material, inventaris dan lokasi penyimpanan, dan memberikan instruksi transaksi palet waktu-nyata ke peralatan otomatis.

Jembatan overhead link yang dilengkapi dengan sirkuit monorel tunggal menghubungkan gudang highbay dan fasilitas produksi, yang dipisahkan oleh jalan. Hal ini memungkinkan transportasi bahan baku dari gudang ke area produksi, dan pengembalian barang jadi untuk penyimpanan dan pengiriman.

Penyimpanan Pallet

Palet bahan baku diterima dan diperiksa di dok penerima sebelum diendapkan pada konveyor in-feed palet oleh truk fork. Palet kemudian secara otomatis dikirim ke posisi penjemputan SRM untuk disimpan di ASRS sampai diperlukan untuk produksi, dengan lokasi penyimpanan mereka dicatat oleh WCS Dematic.

Di area produksi, palet barang jadi diambil dari workstation oleh AGVs dan disimpan di conveyor pengangkut infus. Mereka kemudian dialihkan melalui lift palet antar-lantai di lantai pertama dan kedua, dan sistem transportasi monorel melintasi jembatan link overhead, ke ASRS. Palet yang ditolak diarahkan ke output AGV konveyor yang berdekatan untuk pemeriksaan QA.

Gudang berkapasitas tinggi dengan kapasitas palet 10.000 dilayani oleh empat Dematic RapidStore SRMs, yang melayani lokasi tunggal dan ganda untuk memaksimalkan kepadatan penyimpanan.

Solusi ASRS Dematic yang telah terbukti

Keberhasilan implementasi sistem logistik terintegrasi di Gempol membuat Gudang Garam memberikan dua proyek berikutnya kepada Dematic. Dua gudang ber-AC baru di Gempol dan Kediri telah dilengkapi dengan ASRS ganda sedalam-dalam Dematic RapidStore setinggi 31m, masing-masing dilengkapi dengan tujuh SRM dan masing-masing menampung 54.000 dan 31.000 palet.

Pendekatan yang konsisten, risiko yang lebih rendah

Kedua solusi ASRS baru menggunakan SRM dan sistem pengangkutan palet yang sama dengan sistem pertama di Gempol, menyederhanakan pemeliharaan yang berkelanjutan dan persyaratan suku cadang. Mereka juga dikendalikan oleh Dematic iQ WCS, dengan prosedur operasi yang serupa.

Kunci Keuntungan

  • Peningkatan kapasitas penyimpanan dengan penyimpanan dan pengambilan palet dengan kepadatan tinggi
  • Kapasitas throughput yang tinggi dan responsif
  • Akurasi dan keterlacakan inventaris
  • Peningkatan produktivitas
  • Peralatan penanganan palet yang tangguh dan andal untuk uptime maksimum
  • Perangkat lunak yang terbukti dan dapat didukung
  • Solusi logistik terintegrasi dengan akuntabilitas sumber tunggal untuk dukungan total sistem

https://www.youtube.com/watch?v=9OsX34jvs8U

Baca Juga  Alamat J&T Express Singaraja Dan Seririt Buleleng

E-mail : cs@intramega-global.com

Phone : 021-30429952

0811 9121 231

👀 Warehouse Automations – Zone Routing

👀 Warehouse Automations – Cross Belt Sorter, Case Study Lotte Mart, South Korea

👀 Warehouse Automations – Dematic Case Pick, Case Study Tesco Lotus, Thailand

👀 Warehouse Automations – Dematic Order Fullfilment, Case Study Zuellig Pharma, Selangor – Malaysia


👀Warehouse Automations – Dematic Modular Conveyor System 

https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/09/warehouse-automations-dematic-modular.html

👀Warehouse Automations – Dematic Robotic Order Fullfilment

👀 Warehouse Automations – Garment On Hanger

👀 Warehouse Automations – Robotic Piece Picking Module

👀 Warehouse Automations – AGV Safety Features

https://solusipergudangan.blogspot.com/2019/11/warehouse-automations-agv-safety.html


👀Warehouse Automations – Robotic Palletizing and Depalletizing Solution

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Case Study Integrated ASRS, AGV, and monorail systems Lift at Gudang Garam's logistics performance and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar