Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Ingin Ubah Tampilan Kendaraan? Ini yang Perlu DipertimbangkanTruckMagz – Truck Magazine Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Berkendara dengan bergaya sepertinya tidak memandang jenis kelamin, profesi dan usia. Karena mengubah tampilan eksterior mobil menjadi hak bagi siapapun. Bahkan mobil untuk dipakai harianpun ada tren modifikasi dengan budget bervariasi.

Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant menjelaskan mengenai modifikasi eksterior kendaraan. “Daripada mengubah-ubah warna cat yang harus dibarengi juga dengan mengubah STNK-nya, atau mengubah-ubah body kit yang oleh usia, profesi dan jenis kelamin tertentu dianggap terlalu ekstrem. Dari itu semua mengganti pelek dan ban dianggap sebagai cara yang relatif lebih “aman” untuk mengubah tampilan kendaraan,” bukanya.

“Paling umum, untuk mengubah-ubah motif dan ukuran pelek dan ban mobil bisa dengan memperbesar dari ukuran aslinya, tapi sangat jarang ada orang memperkecilnya. Semua itu tentunya tetap harus memperhatikan aspek estetika, fungsi dan keselamatan,” tambahnya.

“Besarnya diameter pelek dan ban yang masih aman untuk dirubah adalah dua tingkat lebih besar daripada ukuran aslinya. Dengan memperbesar ukuran diameter ring ban dan peleknya, otomatis ketinggian profil atau aspec ratio bannya harus diturunkan. Misalkan pelek aslinya berukuran ring 15 dengan ban ukuran 195/65 R 15 bisa diganti langsung tanpa harus merubah apa pun atau disebut plug & play dengan pelek ring 17 dan ukuran ban 215/55 R 17,” imbuh Bambang.

“Namun jika misalnya akan diperbesar menjadi lebih ekstrem lagi dengan menggunakan pelek ring 20, maka harus dilakukan perubahan di area suspensi juga dan tidak jarang pula harus menyetel caster dan camber-nya dan bahkan harus dilakukan pula roll pada bagian spakbornya. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara,” ujarnya.

Terutama karena radius putar kemudinya tidak standar lagi alias menjadi lebih melebar, sensasi tunggangannya juga menjadi keras seperti gerobak. Ditambah pula pasti mengalami speedometer error, karena apa yang ditampilkan pada panel speedometer sudah bukan kecepatan sesuai aslinya lagi,” pungkas Bambang.

Baca Juga  Tapanuli Logistik Jasa Pengiriman Murah: Tips Mencairkan Western Union

Editor : Sigit

Foto : Dokumentasi Pribadi

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Ingin Ubah Tampilan Kendaraan? Ini yang Perlu DipertimbangkanTruckMagz – Truck Magazine Indonesia and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar