Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Jenis Bahan Pembuat Kapal – IKAN DAN LAUT

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Jenis Bahan pembuat kapal, Kelemahan dan kelebihannya – Dalam Pembuatan kapal khususnya kapal perikanan, pertimbangan pemakaian bahan menjadi penentu biaya pembuatan



Karena dalam pembuatan kapal perikanan ada kelemahan dan kelebihannya serta beberapa aspek yang perlu di perhatikan untuk jenis bahan pembuat kapal antara lain :

  • Aspek Harga
  • Aspek Keselamatan
  • Aspek Perbaikan
  • Aspek Kebiasaan nelayan

Adapun Material yang dipakai dalam pembuatan kapal
ikan
antara lain : kayu, baja, serat plastik (fibre glass), semen beton
(ferrocement), plat alluminium alloy) dan kayu laminasi.

Bahan Pembuat Kapal

1.Bahan Kapal Dari Kayu.

Pemanfaatan kayu untuk membuat kapal sudah
lama dikenal antara lain : jati, kulim, merbau dan tain-lain . Bahan Material Kayu di gunakan karena dalam Pembuatan Kapal Kayu tidak memerlukan alat alat yang modern. 



Biasanya dalam Pembuatan Kapal Kayu yang mengerjakan adalah pengrajin kapal yang tidak belajar tentang ilmu perkapalan. Mereka kebanyakan bisa membuat kapak di karena karena pengalaman dan ilmu turun menurun.

syarat Penggunaan Kayu Untuk Kapal


Persyaratan kayu yang dipakai untuk membuat kapal antara lain :



  • Tahan terhadap serangan hama/serangga
  • Pengaruh suhu dan kelembaban udara harus sekecil mungkin.
  • Serabut kayu harus padat, dapat dilengkungkan dan tidak terlalu getas (tidak mudah patah)
  • Tahan terhadap suhu sampai 110° C.
  • Berat jenis maksimal 0,8 C.
  • Kayu harus dalam keadaan lurus dengan panjang sekurang-kurangnya 6 meter dan berdiameter 40 cm.

Karena persyaratan-persyaratan suiit dipenuhi
kecuali kayu jati, maka alternatif lain sebagai berikut:


Baca Juga  Daftar Alamat Kantor POS Wilayah Nangroe Aceh Darussalam

– Kelas awet I
– III

– Dibawah
persyaratan tersebut, kayu hanya diperbolehkan untuk pembuatan perahu kecil (kano).
 

2. Serat Plastik/Fibre Glass.

Komponen utama kumpulan fibre glass yang dipergunakan
untuk pembuatan kapal adalah 


  • Resin
    merupakan cairan yang berfungsi sebagai bahan perekat (persenyawaan) dan
    pelarut lembaran mat (serat plastik).
  • Acelerator
    merupakan cairan yang dicampur dengan cairan resin sebagai bahan pengeras.
     
  • Catalist
    merupakan katalisator pembeku.
  • Serat Mat
    merupakan lembaran serat plastik (Fibre Glass Reinforced Plastik) yang akan
    larut atau bersenyawa dengan larutan resin

Keuntungan Bahan Baku Fiber Glass


Kekuatan material ini relatip
lebih rendah daripada baja, sehingga tidak dapat digunakan untuk bahan
konstruksi pembuatan kapal yang berukuran besar.


Fibre glass sebagai bahan konstruksi kapal
mempunyai sifat yang ringan daripada material lainnya. Disamping itu, bila
dibuat dalam jumlah banyak maka biaya pembuatannya akan lebih murah.

3. Kombinasi Kayu dan Serat Plastik.

Yang dimaksud dengan kombinasi disini adalah
pelapisan lambung kayu dengan serat plastik. Penggunaan bahan ini selain
sebagai pelapis juga sebagai pelindung kayu. Dengan dilapisinya kayu ini maka
keuntungan yang diperoleh adalah :



  • Kayu akan
    lebih awet
  • Proses pelapukan atau pembusukan kayu akan berkurang.
  • Sifat muai-susut dari kayu akan berkurang.
  • Kayu tidak
    mudah terbakar.

4, B a j a.

Penggunaan baja untuk konstruksi kapal yang
panjangnya kurang dari 20 meter adalah kurang efisien. Bagi kapal ikan yang
mempunyai displacement lebih besar atau panjangnya lebih dari 20 meter, maka
keperluan tangki semakin besar dan memerlukan peralatan yang semakin rumit.




Kapal Baja
kapal baja



Demikian juga pemanfaatan ruangan kapal dapat
secara maksimal untuk menyimpan ikan hasi! tangkapan, bahan-bahan perbekalan
dan eksploitasi (air tawar, solar, dan barang-barang lainnya), sehingga
penggunaan baja sebagai bahan konstruksi kapal ikan akan lebih efisien jika
dibandingkan dengan kayu.


Semakin benambah ukuran kapal maka penggunaan
baja sebagai material akan semakin baik, bahkan unluk kapal berukuran besar
pemakaian baja untuk konstruksi tubuh kapal menjadi lebih ringan jika
dibandingkan dengan kayu.


Segi lain yang menguntungkan dari pemakaian
baja ini adalah dapat digunakan untuk segala macam bentuk kapa! sehingga
pembuatan bentuk yang sulit dapat diatasi dan pembangunannya mudah dilakukan
serta dapat menyalurkan getaran (bagi kapal-kapal yang besar).

5. Semen Beton.

Bahan dasar dari pembuatan kapal adalah :

  • Semen.
  • Pasir murni
    yang sudah dicuci bersih atau pasir silikon.
  • Pipa, besi
    beton dan anyaman kawat.
  • Air yang
    terbebas dari garam.

Konstruksi bangunan kapal dengan menggunakan
semen beton mahai biayanya atau kurang ekonomis, kecuaii bila dibangun di
daerah yang ongkos buruhnya murah.


Membangun kapal dengan semen beton diperlukan
tenaga yang cekatan dan ahli, dan diperlukan perencanaan yang matang.
Penggunaan semen beton sebagai bahan konstruksi kapal hanya terbatas untuk
kapal ikan yang berukuran kecil. Bahan ini kurang baik dalam menerima getaran.

6. Bahan kayu laminasi

Terbuat dari beberapa lapisan kayu baik untuk
konstruksi melintang maupun memanjang, dan untuk kepentingan ini di pasaran
telah tersedia kayu lapis kelautan (marine
plywood
). Konstruksi balokpun dapat dibuat dari beberapa lapisan kayu yang
dirangkap dengan menggunakan lem khusus.



Secara umum, kapal yang terbuat dari bahan baik
semen beton, fibre glass maupun bahan aluminium, pemeliharaannya lebih mudah
daripada kayu dan baja.
Baca Juga  3 Cara Jemput Ditempat J&T (🔥Updated)
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Jenis Bahan Pembuat Kapal - IKAN DAN LAUT and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo