Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Jenis-Jenis Kapal Kontainer (Container Ship)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

MENGENAL kAPAL CONTAINER SHIP

Kapal Container Ship atau sering di sebut dengan kapal barang atau kapal peti kemas yang di buat khusus untuk mengangkut atau mendistribusikan muatan atau barang di dalam Peti Kemas tersebut.

Dalam perkembangannya Kapal container ini mampu membawa beberapa komoditas barang sehingga kelebihan dalam hal mengangkut barang menjadikan kapal container atau peti kemas masih di minati oleh para pengusaha pengiriman barang.

SEJARAH CONTAINER SHIP PERTAMA DI iNDOENSIA.

Aktivitas kapal container atau peti kemas dі Indonesia ѕudаh ada sejak tahun 1970-an. Kapal khusus peti kemas yang termodern pertama berbendera Indonesia yaitu KM Gloria Express уаng memiliki panjang 120m dan lebar 17,8m, kapal ini milik Perusahaan Pelayaran Samudra PT Gesuri Lloyd, berbobot mati 7.670 DWT.

Kapal container/Peti kemas іnі buatan perusahaan galangan kapal Ship Building & Engineering Ltd уаng desainnya berasal dаrі Jerman, Desain tersebut masih menggunakan desain kapal kapal cargo eropa dan amerika

KM. Gloria express dеngаn pelayaran perdananya 12 Mei 1980 dаrі Tanjung Priok-Hongkong-Busan(Korea)-Tokyo-Kobe-Osaka(Jepang)-Keelung(Taiwan) dan kembali kе Indonesia. Nakhoda pertamanya аdаlаh Kapten Moniaga.

jenis-jenis kapal container

1. Full Container Ship atau juga Cellular Ship

jenis jenis kapal kontainer khusus mengankut kontainer secara keseluruhan

Mempunyai ciri – ciri dan kelengkapan khusus, dan semata-mata hanya dipergunakan untuk mengangkut peti kemas dalam seluruh palka. 

Umumnya kapal-kapal demikian berupa Single Purpose Ship karena dianggap sebagai kapal yang paling ekonomis pada dewasa ini, menyangkut waktu bongkar muatnya yang cepat. sebab hanya mengangkut peti kemas, baik di palka maupun digeladak utamanya dengan cara menumpuk secara vertikal keatas.

Baca Juga  Nomor Call Center Dan Alamat Kantor Pusat Dakota Cargo


Pemuatan dilaksanakan dengan menurunkan peti kemas ke dalam tempat yang tersedia ( berbentuk sel – sel ) dalam palkah, ataupun menumpuk dalam susunan vertikal keatas pada geladak utamanya tanpa menggeser-geser lagi kearah horisontal. Proses pembongkarannya dilaksanakan sebaliknya.

2. Partial atau Semi Container Ships :    

jenis jenis kapal kontainer yang memuat petikemas hanya sebagian di ruang palka kapal

Pada jenis ini hanya sebagian ruangnya saja yang dibangun khusus untuk peti kemas; sedang sisanya diperuntukkan untuk konvensional vessel. Misalnya :  Sebagai contoh kapal-kapal dari perusahaan Atlantic Container Line. Kapal – kapalnya direncanakan akan mengangkut peti kemas sebanyak 300 buah, disamping itu juga akan memuat muatan general cargo ( konvensional ) plus mobil sebanyak 1.400 buah. Dalam hal ini, Containernya diangkut secara Lo / Lo, sedang muatan mobilnya diangkut secara Do / Do ( = Driven On/ Driven  Off ).

3. Convertible Container Ship’s

jenis jenis kapal kontainer

Kapal jenis ini sebagian atau seluruhnya ruang muatnya dapat digunakan baik untuk peti kemas maupun cargo biasa. Ia mempunyai bentuk yang khusus yang memungkinkan perubahan fungsinya. Untuk perubahan fungsinya, terutama atas dasar Voyage to Voyage.

4. Kapal dengan kemampuan kapasitas angkut  peti kemas dalam jumlah terbatas

jenis jenis kapal kontainer

Kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan bagi kapal kontainer seperti Container Handling dan pula Securing Device. Namun demikian kapal tersebut umumnya bangunan kapalnya seperti kapal biasa.

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Jenis-Jenis Kapal Kontainer (Container Ship) and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Daftar Alamat Kantor POS Surabaya

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo