Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Jenis Truk Tronton Dan Muatannya Yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Truk merupakan salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak digunakan dalam keperluan besar. Penggunaan truk dirasa lebih efisien dan mampu mempercepat pengiriman. Ternyata, jenis truk itu sendiri sangatlah beragam dan perlu untuk Anda ketahui secara lebih dalam lagi.

Setiap jenis truk memiliki ukurannya masing-masing dengan fungsi berbeda. Mungkin, banyak dari Anda yang hanya sering melihat 1 jenis truk saja di jalanan. Faktanya, ada banyak jenis truk termasuk truk tronton.

Simak ulasan tentang jenis truk tronton dan muatannya secara lebih lengkapnya pada artikel ini.

1. Tronton Car Carrier

Banyak para pengguna jalan yang mungkin sudah sering melihat truk satu ini. Sesuai namanya, truk ini difungsikan untuk membantu dalam pengiriman produk berupa mobil. Ukuran truk jenis tronton ini cukup besar dan bisa muat beberapa mobil.

Ukuran karoseri sendiri memiliki panjang sekitar 6.3 meter, lebar 2.2 meter, tinggi 2.3 meter, dimensi 30 CBM. Sedangkan, untuk ukuran mobil memiliki panjang 11.9 meter, lebar 2.5 meter, dan tinggi 2.9 meter. Tentunya, sudah termasuk dalam ukuran yang sangat besar.

Sedangkan, untuk beratnya berkisar 7.2 ton untuk berat kosong. Lalu, untuk berat maksimalnya bisa mencapai 15 ton. Jadi, setidaknya bisa digunakan untuk membawa sekitar 4-5 unit mobil dengan ukuran sedang.

Dipadukan dengan mesin yang mumpuni jelas sangat baik untuk berkendara dalam membawa muatan besar. Untuk kecepatan maksimumnya bisa mencapai 90, sedangkan tenaga maksimum bisa mencapai 230/2.200. Jadi, tidak heran jika bisa diperlukan untuk bermacam keperluan terutama berkaitan dengan membawa mobil.

2. Tronton Reefer

Jenis tronton ini biasa digunakan untuk pengangkutan beberapa produk berat. Kualitas  tronton jenis ini sudah begitu baik.

Bisa digunakan untuk jarak yang dekat atau jauh sekalipun. Karena itu, tronton jenis ini juga memiliki ukuran yang memang terbilang tidak terlalu besar.

Untuk ukuran karoserinya memiliki panjang 6. 3 meter, lebar 2.2 meter, tinggi 2. 3 meter. Lalu, untuk dimensinya mencapai 30 CBM. Ukuran dari truknya sendiri memiliki panjang 11.9 meter, lebar 2.5 meter, tinggi 2.9 meter.

Baca Juga  Apakah Kirim Paket Ke Luar Negeri Kena Pajak Atau Tidak ?

Dari sisi berat truk juga tergolong ramping yaitu saat kosong memiliki berat 7.2 ton. Sedangkan, untuk berat maksimal yang bisa dibawa mencapai 10 ton. Meskipun begitu, sudah sangat baik dalam penggunaan beberapa keperluan seperti pengiriman barang.

Perpaduan mesin yang kuat memberikan performa begitu tinggi. Tenaga maksimum bisa mencapai 230/2.200 (PS/rpm). Model mesin yang digunakan yaitu 6S20 terbukti baik dalam penggunaan kendaraan.

Tronton jenis ini bisa digunakan dalam berbagai macam keperluan pengiriman. Serta kuat untuk melalui tanjakan dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

3. Tronton Box

Tronton dengan jenis ini biasa sering dipakai oleh ekspedisi paket. Dengan menggunakan tronton box, paket kiriman memang menjadi lebih aman.

Sebenarnya, tidak hanya digunakan oleh pihak ekspedisi saja. Melainkan, juga bisa digunakan dalam keperluan yang lainnya.

Ukuran karoseri pada tronton ini yaitu memiliki panjang 6.3 meter, lebar 2.2 meter, tinggi 2.3 meter, tinggi 2. 3 meter. Sedangkan, untuk ukuran trontonnya yaitu panjang 11.9 meter, lebar 2.5 meter, tinggi 2.9 meter. Cukup baik dan bisa digunakan agar barang tidak terkena panas maupun hujan serta debu di jalanan.

Berat tronton ini saat kondisi kosong yaitu 7.2 ton. Sedangkan, untuk berat maksimal yang bisa dibawa yaitu mencapai 15 ton.

Ukuran yang sudah sangat besar dan mumpuni untuk bermacam keperluan dalam pengiriman. Terutama, agar barang yang dikirimkan juga menjadi lebih aman.

Mesin yang digunakan pada tronton jenis ini juga tidak sembarangan. Karena, untuk kecepatan dan tenaga maksimum yang dihasilkan cukup tinggi.

Jadi, tidak heran jika mampu berkendara di luar kota dengan aman dan nyaman. Setidaknya memiliki tenaga maksimum mencapai 230/2.200 (PS/rpm).

4.  Tronton Bak

Fungsi tronton jenis ini biasa digunakan untuk membawa material atau barang lainnya. Namun, yang memang paling sering terlihat yaitu digunakan untuk material.

Karena, bak yang memiliki ukuran cukup besar ini sangat tepat jika digunakan untuk material. Setidaknya, bisa lebih efisien dan cepat dalam proses membawa muatan.

Karoseri tronton bak ini yaitu memiliki panjang 6.3 meter, lebar 2.2 meter, tinggi 2.3 meter dengan dimensi 30 CBM. Sedangkan, untuk ukuran dari mobil yaitu memiliki panjang 11.9 meter, lebar 2.5 meter, tinggi 2.9 meter. Ukuran yang sangat tepat jika digunakan dalam bermacam keperluan.

Baca Juga  Cek Resi Tarif Tracking Pengiriman Klik Logistics

Berat tronton ini juga cukup besar, yaitu pada berat kosong mencapai 7.2 ton. Lalu, untuk berat maksimal tronton box mencapai 15 ton. Ukuran yang begitu mumpuni dan memang sangat cocok untuk keperluan material atau mengangkut barang lainnya.

Jenis truk tronton yang satu ini semakin mumpuni dengan adanya mesin berkualitas. Perpaduan mesin yang dibekali pada tronton jenis ini mampu berkendara dengan stabil.

Meskipun, beban yang dibawa juga berat dan membutuhkan kestabilan lebih tinggi. Setidaknya, dengan beban full bisa berkendara dalam kecepatan 90 km/jam.

Baca juga: 7 Tips Memilih dan Menghitung Estimasi Biaya Menggunakan Jasa Pindahan

5. Tronton Flat Deck

Penggunaan flat deck bisa dipakai dalam beberapa keperluan. Seperti untuk  membawa muatan seperti semen, kayu atau lainnya.

Tronton jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan dalam pengiriman yang memang diperlukan secara banyak. Karena, memang berguna untuk membantu barang yang dikirim menjadi lebih cepat dan banyak tersedia tempatnya.

Panjang karoserinya mencapai 6.3 meter, lebar 2.2 meter, tinggi sekitar 2.5 meter. Sedangkan, untuk ukuran dari truknya memiliki panjang 11.9 meter, lebar 2.5 meter, tinggi 2.9 meter.

Karoseri yang dimiliki tentu berbeda dengan lainnya. Karena lebih luas dan bisa digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan dalam pengirimannya.

Berat tronton berkisar 7.2 ton dalam kondisi kosong. Sedangkan, untuk berat maksimal yang bisa digunakan yaitu mencapai 15 ton. Untuk ukuran flat deck, tentu sudah begitu banyak barang agar dapat dibawa.

Terlebih, dipadukan dengan mesin yang berkualitas untuk menunjang truk ini. Setidaknya, untuk perjalanan dengan menggunakan muatan penuh bisa berjalan sampai 90 Km/jam. Jadi, estimasi waktu sampai juga akan menjadi lebih cepat.

6. Truk Tronton Wing Box

Jenis tronton wingbox bisa dimanfaatkan dalam berbagai macam keperluan. Seperti untuk pindahan rumah, gudang, kantor atau yang lainnya.

Karena, untuk desain dari karoserinya memudahkan dalam pemindahan. Semua posisi bisa diatur dengan lebih mudah.

Berbeda dengan truk yang biasa, maka harus memasukan barangnya dari belakang. Keunikan wingbox ini bisa dibuka secara menyeluruh seperti sayap. Jadi, barang yang masuk tidak harus melalui pintu belakang. Namun, bisa dari kanan atau kiri.

Jadi, proses pemasukan barang ke dalam truk juga menjadi lebih mudah. Tidak perlu tenaga yang banyak, terpenting dalam penempatannya harus tepat. Karena, jika tidak tepat justru akan mengambil ruang pada karoseri.

Baca Juga  Alamat Dan Nomor Telepon Kantor Sumber Urip Surabaya

Untuk kecepatanya juga cukup baik bisa berjalan mencapai 90 km/jam dalam kondisi penuh. Untuk kondisi kosong, bisa lebih cepat dari itu. Tentunya, tronton ini juga bisa melalui medan yang naik dan turun baik di perkotaan atau pedesaan.

7. Truk Tronton Bak Tiga Pintu

Jenis truk tronton tiga pintu sudah banyak digunakan. Penggunaan truk tronton ini cocok dalam pengiriman seperti alat berat, sparepart atau lainnya. Termasuk barang yang memang memiliki ukuran besar.

Mengapa harus menggunakan truk jenis ini? Karena, agar lebih mudah dalam melakukan proses bongkar muatannya.

Jika menggunakan bak yang satu pintu akan susah dalam proses pemindahan dan penurunannya. Karena, ukuran barang yang besar akan menyulitkan dalam memasukkan ke dalam bak.

Selain itu, juga saat penurunannya akan menjadi lebih sulit. Maka, dengan menggunakan bak tiga pintu ini tidak perlu repot. Karena, hanya perlu membuka bak pada bagian kanan atau kiri saja.

Maka, bak menjadi terbuka dan bisa untuk dilakukan penurunan terhadap barang pada bak. Tenaga yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Penutup 

Itulah jenis truk tronton dan muatannya yang bisa Anda pahami secara lengkap. Setiap jenis truk tronton memiliki fungsi dan ukurannya masing-masing. Sebelum menggunakannya, tentu harus memperhatikan ukuran dan muatannya ini.

Karena, penggunaan muatan yang berlebihan sangat tidak direkomendasikan. Bisa saja, truk menjadi kelebihan beban dan tidak bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, selalu pahami jenis truk tronton dan muatannya agar setiap truk bisa digunakan sesuai dengan keperluannya!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Jenis Truk Tronton Dan Muatannya Yang Perlu Anda Ketahui and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar