Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Kamus Perkapalan – Blog Kapal

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

kamus-kapal-blogkapal

Kamus Kapal – Pada artikel berisi berbagai istilah yang sering digunakan dalam dunia perkapalan. Semoga dengan adanya kamus ini, dapat membantu Anda dalam memahami berbagai istilah yang sering digunakan dalam dunia perkapalan.

Kamus Perkapalan

Singkatan Keterangan
FP (Fore Perpendicular) Garis tegak haluan adalah garis tegak yang dibuat tepat pada perpotongan antara garis air muatan penuh dengan sisi luar linggi haluan
AP (After Perpendicular) Garis tegak haluan adalah garis tegak yang dibuat tepat pada sisi belakang linggi kemudi atau pada sumbu poros kemudi apabila kapal tidak mempunyai linggi kemudi
LOA (Length Over All) Adalah panjang keseluruhan dari kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan
LWL (Length Water Line) Adalah jarak mendatar antara kedua ujung garis air muat yang diukur dari titik potong dengan linggi haluan sampai titik potongnya dengan linggi buritan diukur pada bagian luar linggi depan dan linggi belakang, tidak termaksud tebal kulit lambung
LBP (Length Between Perpendicular) Adalah panjang antara dua garis tegak buritan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat
BWL (Breadth at The Water Line) Lebar pada garis air muat adalah lebar yang terbesar yang diukur pada garis air muat
BOA (Maksimum Breadth) Lebar maksimum adalah lebar terbesar dari kapal yang diukur dari kulit lambung kapal disamping kiri sampai kulit lambung kapal disamping kanan. Kalau ada bagian geladak yang menonjol keluar melampaui lambung kapal, maka yang dipakai sebagai B maksimum adalah lebar dari geladak yang dimaksud
H (Depth) Tinggi geladak kapal (Depth atau H) adalah jarak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah, ditepi diukur ditengah – tengah panjang kapal
T (Draught) Sarat kapal (Draught) yang biasa dilambangkan dengan huruf T adalah jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat
CB (Koefisien Block) Yaitu perbandingan antara isi carena suatu balok yang dibatasi panjang L, lebar B, dan tinggi T. Pada umumnya kapal cepat mempunyai harga Cb yang rendah, sebaliknya kapal – kapal yang lambat mempunyai harga Cb yang besar. Cb adalah rasio antar volume kapal dengan volume kotak yang berukuran B x T x L
Cm (Koefisien Midship) Yaitu perbandingan antara luas penampang gading besar yang terendam air dengan luas suatu penampang yang berukuran B x T dimana Am adalah luasan midship, B adalah lebar kapal dan T adalah sarat.
Cw (Koefisien Waterline) Koefisien Waterline atau koefisien bidang garis air yaitu perbandingan antara luas bidang garis air dengan bidang empat persegi panjang yang dibatasi panjang L dan lebar B. Cw adalah rasio antara luas bidang garis air muat dengan luas segi empat L x B
Cph (Koefisien Prismatik Horizontal) Yaitu notasi Cp adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada dibawah permukaan air (Isi Carena) dengan volume sebuah prisma dengan luas penampang midship (Am) dan panjang LWL> Jadi koefisien prismatik memanjang sama dengan koefisien balok dibagi koefisien midship. Harga Cp pada umumnya menunjukkan kelangsingan bentuk dari kapal. Harga Cp yang besar terutama menunjukkan adanya perubaha yang kecil dari bentuk penampang melintang disepanjang LWL
Cpv (Koefisien Prismatik Vertical) Koefisien prismatik vertical dengan notasi Cpv adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada dibawah permukaan air (Isi carena) dengan volume sebuah prisma yang berpenampang Awl dengan tinggi T
…… ……
Baca Juga  Mengenal Ukuran dan Jenis Container

Jika Anda ingin menambahkan kamus ini, silahkan berikan komentar Anda pada kolom komentar. Karena dengan adanya tambahan dari Anda, maka membuat kamus ini sangat lengkap dan berguna bagi yang membutuhkan.

Update, 09 Oktober 2015

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Kamus Perkapalan - Blog Kapal and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo