Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Masalah Yang Timbul Di Divisi EDKP

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Sebelumnya teman-teman semua tau apa itu EDKP ?

EDKP adalah kepanjangan dari Entri Data Kiriman Pelanggan, untuk lebih jelasnya tentang EDKP bisa dilihat di link Entry Daya Kiriman Pelanggan.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi di bagian divisi EDKP. Kesalahan tersebut biasanya dilakukan oleh User Entry atau bisa juga dilakukan oleh Staff staples. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahannya :

A. Kesalahan Pada User Entri

Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh user entry diantaranya adalah :

1. Terjadi Kesalahan Nomor TT

Nomor TT adalah nomor tanda terima. Biasanya jika user entry tidak teliti dalam menginput nomor TT, maka kesalahan penulisan atau tertinggalnya beberapa no TT bisa terjadi.

2. Terjadi Kesalahan Nomor Conos

Conos atau connosement adalah suatu bukti transaksi dari kiriman paket tersebut. Lagi-lagi jika user entry kurang teliti maka sudah pasti akan terjadi kesalah pada penginputan no conosement.

3. Terjadi Kesalahan Nama Yang Di Tuju

Penginputan data berupa nama pun sangat penting dalam EDKP, misalnya nama yang harusnya kita input Bari kemudian user entry salah menginput menjadi sari, maka sudah pasti akan terjadi kesalahan penerimaan barang nantinya.

4. Terjadi kesalahan Alamat Dituju

Hal yang paling penting dalam bisinis pengiriman adalah kebenaran dalam panulisan alamat, jika salah saja sedikit maka akan berdampak fatal pada kiriman pelanggan.

5. Terjadi kesalahan Service Kiriman

Jika user entry menginput data jenis kiriman misalnya Top Urgent tapi malah salah input menjadi Normal, maka sudah pasti kiriman pelanggan akan sampai dalam batas waktu yang normal. Maka perusahaan lah yang akan kena serangan kemarahan dari pelanggan.

6. Salah Customer

Kesalahan penginputan nama customer bisa saja terjadi dan efek buruk yang paling bahaya adalah akan mempengaruhi data base, serta catatan dalam system DMS.

Baca Juga  Cek Ongkir API Shipping Logistic

7. Salah Jenis Kiriman

Jika user entry salah menuliskan jenis kiriman, yang seharusnya kiriman tersebut masuk kedalam jenis paket, tapi malah dimasukan ke dalam jenis dokumen, maka perusahaan akan merugi, karena harga pengiriman paket lebih mahal dari pada harga pengiriman dokumen.

B. Kesalahan Pada Staff Staples

Berikut ini adalah kesalahan yang mungkin di lakukan oleh staff stapless diantaranya adalah :

1. Salah Staples

Jika staff stapless salah mensteples, maka kacau lah sudah. Misalkan connot untuk paket A malah di staples pada paket B, maka sudah pasti akan terjadi kekeliruan pada proses berikutnya.

2. Service Kiriman Yang tidak di stample

Penstampelan kiriman penting dilakukan, karena akan berpengaruh terhadap ke absahan dari kiriman tersebut. Misalnya kiriman TOP URGENT, kiriman TOP URGENT harus distample karena biaya untuk service jenis ini pun biayanya mahal, sehingga diperlukan stample sebagai penanda.

Sekian artikel kali ini. Mohon Maaf Apabila ada salah salah Kata.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Pengalaman Magang Divisi EDKP (Muhamad Pajar Sidik)

Share on:

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Masalah Yang Timbul Di Divisi EDKP and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar