Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Mengenal Surat-surat Muatan Kapal (Documents of Cargo)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Proses Bongkar Muat

Surat-surat yang berkaitan dengan penanganan dan pengaturan muata antara lain adalah :

Shipping Instruction / Shipping Order

Surat yang dibuat oleh shipper yang ditunjukan kepada carrier kapal untuk menerima dan memuat muatan yang tertera dalam surat tersebut. Isi dalam shipping order antara lain berisi nama shipper, nama consignee di pelabuhan bongkar, notifiy adress, pelabuhan muat, pelabuhan tujuan, nama dan jenis barang, jumlah berat dan volume, shipping mark, total nett wight, total gross weight, total measurement, freight and charge, BIL, date, commercial invoice dan nomor L/C.

Resi Mualim (Mate receipt)

Surat tanda terima barang muatan di atas kapal sesuai dengan keadaan muatan tersebut yang ditanda tangani oleh mualim I. Resii Mualim diberi catatan bila terdapat hal-hal yang tidak sesuai atau perlu keterangan tambahan. Apa yang tertera dalam Mate Receipt akan tertera dalam Konosemen (Bill of Lading).

Tally Sheet

Suatu daftar/catatan penghitungan jumlah/banyaknya muatan yang diterima atau muatan yang dibongkar oleh kapala. Perhitungan dilakukan oleh Tally Clerk dan disahkan/diketahui oleh Mualim I

Manifest

Surat yang merupakan suatu daftar barang/muatan yang telah dikapalkan, dimana daftar tersebut berisi : Nama kapal, pelabuhan muat dan tujuan, nama Nahkoda, tanggal, no B/L, pengirim, penerima, tanda, jumlah/banyaknya, jenis barang, isi dan berat. Dibuat oleh perusahaan pelayaran / Agen Pelayaran.

Letter of Indemnity / Letter of Guarantee

Surat jaminan yang dibuat oleh shipper untuk memperoleh clean Bill, dimana shipper akan bertanggung jawab apabila timbul claim atas barang tersebut.

Konosemen (Bill of Lading)

Merupakan surat persetujuan pengangkutan barang antara pengirim (shipper) dan perusahaan pelayaran (owner) dengan segala konsekuensinya yang tertera pada surat tersebut. Juga dapat merupakan surat kepemilikan barang sebagaimana yang tertera dalam surat tersebut dan oleh karenanya dapat diperjual belikan sehingga Bill of Lading ini juga merupakan surat berharga.

Baca Juga  CV. Wahyu Express Medan | Alamat Ekspedisi

Statemen of Fact

Laporan pelaksanaan kegiatan laporan bongkar/muat mulai dari awal hingga selesai kegiatan.

Stowage Plan

Stowage Plan merupakan gambaran informasi kondisi muatan yang berada dalam ruang muat baik menganai letak, jumlah dan berat muatan sesuai dengan consighment mark bagi masing-masing pelabuhan tujuannya.

Delivery Order

Surat yang menyatakan kepemilikan atas barang atau muatan di mana D/O dapat diperoleh dengan menukarkan B/L miliknya

Hatch List

Daftar muatan yang berada dalam palka yang bersangkutan

Discharging List

Daftar bongkaran muatan pada suatu pelabuhan tertentu

Damage Report

Merupakan suatu berita acara kerusakan muatan yang terjadi diatas kapal sehubungan tanggung jawab pihak carrier

Marine Note of Sea Protest

Merupakan suatu berita acara atas kerusakan muatan diluar kemampuan manusia, dibuat oleh Nakhoda dan di sahkan oleh Notaris.

Notice of Readiness

Suatu surat yang dibuat oleh Nakhoda yang menyatakan bahwa kapal telah siap untuk melaksanakan kegiatan pembongkaran atau pemuatan.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Mengenal Surat-surat Muatan Kapal (Documents of Cargo) and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo