Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Menghitung Perubahan Draft dari Air Laut ke air Payau (DWA) dan dari air laut ke air Tawar (FWA) dan Sebaliknya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Perubahan draft kapal bisa terjadi disebabkan karena adanya perbedaan massa air laut dan air tawar.

Perubahan draft diakibatkan adanya perbedaan massa jenis air contoh kasus kapal berlayar dari sungai ke laut maka akan terjadi perubahan draft. Berikut adalah Cara kita hitung perubahan draft dari air laut ke air payau (DWA) dan dari air laut ke air tawar (FWA) dan sebaliknya.

Rumus Menghitung Perubahan Draft

Untuk teman-teman yang ingin tau berpaa besar perubahan draft akibat perbedaan Dencity air, kalian dapat menghitungnya dengan rumus berikut ini :

  1. Jika Kapal Dari Air Laut Memasuki Air Payau (Saya Sebut Draft Di Air Payau)  rumusnya sebagai berikut. Draft saat kapal di air laut x berat Jenis Air Laut dibagi berat Jenis Air Payau.
  2. Jika Kapal dari Air Laut Ke Air Tawar (Draft Di Air Tawar) rumusnya: Draft Dilaut x Berat Jenis Air Laut dibagi berat jenis air tawar.
  3. Jika kapal dari Air Payau ke air Laut (Draft Di Laut) cara menghitungnya sebagai berikut: Draft di air payau x berat jenis air payau dibagi Berat Jenis Air Laut.
  4. Jika kapal dari air Tawar ke Air Laut maka kapal rumusnya sebagai berikut: Draft Di Air Tawar x Berat jenis air tawar dibagi berat jenis air laut.

Baca: Cara Membaca Draft Kapal.

Sebagai acuan untuk berat jenis (BJ) cairan :

  • BJ Air Laut = 1.025
  • BJ air Payau = 1.005 – 1.024
  • BJ air Tawar = 1.000

Untuk memastikan besarnya nilai dencity air di suatu perairan dapat dilakukan dengan pengukuran dencity menggunakan alat pengukur dencity. Nilai Dencty di atas hanya sebagai acuan yang sering digunakan.

Untuk membuktikan benar atau tidak rumus perhitungan di atas, kalian dapat menghitungnya pada saat kapal berada di outer Buoy ( di laut) 1 jam sebelum masuk alur catat draft kapalnya kemudian kawan hitung sesuai rumus di atas. Saat kapal sudah berada di perairan misalkan di air payau, berlabuh jangkar atau sandar di dermaga silahkan kalian cek kembali draft kapalnya apakah ada perbedaan atau tidak, benar atau tidak perhitungan tersebut.

Baca Juga  Proses Pembangunan Kapal - Blog Kapal

Jika kapal dari air laut ke air payau namun sebelum tiba di air payau menempuh perjalanan berhari-hari kalian harus hitung terlebih dahulu draft kedatangan di OB. Draft kapal akan alami perubahan dari pelabuhan tolak karena pemakaian BBM, Fresh Water air tawar (adanya daily Consumption=pemakaian harian).

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Menghitung Perubahan Draft dari Air Laut ke air Payau (DWA) dan dari air laut ke air Tawar (FWA) dan Sebaliknya. and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo