Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

On Hire Condition Survey | Tapanuli Logistik Cargo

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

On Hire Condition Survey

Salah satu keahlian khusus yang dimiliki oleh seorang Marine Surveyor Indonesia adalah bisa memeriksa keadaan terkini kondisi kapal pada saat mau di sewa atau istilah On Hire Condition Survey.

Bagaimanakah tata cara kerja marine survey untuk mengerjakan sebuah pekerjaan marine survey On Hire Condition Survey kapal tongkang?

Nah beberapa waktu yang lalu saya sempat juga untuk menulis sebuah artikel tentang Cara Kerja On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang ini di salah satu blog saya Marine Surveyor Indonesia dan juga saya postingkan di halaman Linkedin saya Ruly Abdillah Ginting, jika anda berminat melihat postingan tersebut di jaringan Linkedin saya silahkan klik tautan ini On Hire Condition Survey Kapal Tongkang. Bagi anda yang tidak mau beranjak dari halaman website ini daat juga teruskan membaca anda karena akan saya tulis kembali di bgaian bawah tulisan ini tentang  On Hire Condition Survey ini, silahkan tetap blogwalking diblog kami ini dan selamat membaca-baca tulisan saya berikutnya tentang perjalanan seorang Marine Surveyor Indonesia ini.
Marine Surveyor Indonesia

Berikut ini tulisan tentang On Hire Survey khususnya Cara Kerja On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang.

Beberapa waktu lalu saya ditugaskan oleh perusahaan marine survey temapt saya bekerja untuk dapat melakukan kerja On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang, kebetulan waktu itu yang kami periksa adalah Kapal Tongkang Barge SMS 250. Sedikit saya ingin sharing tentang bagaimana cara kerja seorang marine surveyor indonesia dalam melakukan pekerjaan marine survey berkenaan dengan On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang ini.

Pertama-tama yang mesti kita lakukan adalah mencari tahu tentang tujuan di lakukannya On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang ini, untuk apa? 

Nah untuk kita ketahui bahwa tujuan dilakukannya pekerjaan marine survey On Hire Condition Survey ini adalah untuk dijadikan sebuah sajian Laporan Survey seorang Marine Surevyor Indonesia ini yang disajikannya dalam sebuah laporan survey atau Survey Report yang nantinya akan di gunakan oleh para Charter Party yaitu pihak Owner dan Charterer guna menghindari adanya dispute atau atau ketidakcocokan kondisi kapal pada saat penyerahan dari pemilik kapal (owner) kepada penyewa kapal (charterer), maka survey report untuk On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang harus menceritakan secara jelas terkait kondisi terkini dari pada kapal yang akan kita survey atau periksa ini. Periksalah secara seksama dan teliti kondisi kapal tongkang termasuk hal kecil seperti jumlah baut penutup manhole kapal ataupun jumlah tali mooring yang ada di kapal pada saat itu, harus dicatat jumlah dan kondisinya.
penampakan kaal tongkang bg sms 250 waktu itu

 ship’s particulars ataupun Barge’s Particulars dari tongkang BG. SMS 250 bisa dilihat dibawah ini:

•    Name of Vessel   : BG. SMS 250

•    Flag                     : Indonesia

•    Port of Registry   : Jakarta

•    Classification       : ABS

•    Type of Vessel     : Deck cargo barge

•    Built                    : 2010

•    Gross Tonnage / NRT : 2,359 / 708

•    LOA                    : 73.15 M

•    Breath                 : 24.40 M

•    Depth                  :  4.90 M

Kapal tongkang BG. SMS 250 ini adalah sebuah kapal tongkang jenis flat top deck cargo barge yang dibangun dengan kontruksi baja secara keseluruhan dan pembangunan kapal tongkang ini dibawah pengawasan class American Bureau of Shipping (ABS), selanjutnya pemeriksaan kapal tongkang ini kita cek secara keseleuruhan meliputi pemeriksaan bagian-bagian kapal seperti Main Deck, Bollard Bitts, Cargo Stanchion, Rubber Tire fender, Man
Holes, Wind Anchor, Towing Gears & Mooring Rope, Pilot Ladders ,
Navigational Light Stand & Diamond Shape, Head and Stern Log,
Forward and After Swim End 
dan Internal tanks jika ada permintaan khusus untuk masuk kedalam tanki manhole.

kapal tongkang

Kemudian periksa juga dinding-dinding kapal tongkang atau cek  kondisi Hull / badan kapal secara keseluruhan catat jika ada deformasi atau perubahan bentuk karena penyok atau tergores dan jangan lupa periksa juga kelengkapan Surat-Surat Kapal tongkang tersebut guna memastikan kondisi kapal baik secara mematuhi peraturan-peraturan pemerintah yang berlaku.

Cara kerja On Hire Condition Survey Kapal Tongkang pada prinsipnya hampir sama saja dengan pemeriksaan On Hire Condition Survey Kapal Tug Boat ataupun On Hire Condition Survey Kapal Kargo Bulk Carrier dan On Hire Condition Survey Kapal Kargo General Cargo, hanya saja scope pemeriksaan menjadi lebih luas dan banyak hal yang mesti kita periksa seperti alat-alat keselamatan, alat-alat navigasi, ruang kargo atau palka dan lain sebagainya. 

kapal kargo

Nah jadi sekarang kita sudah tahu tentang On Hire Condition Survey adalah untuk memeriksa kondisi kapal pada saat terkini dan kondisi kapal pada saat di survey untuk dapat pergunakan dalam perjanjian sewa kapal oleh Owner pemilik kapal dan pihak pencharter penyewa kapal tersebut agar tidak terjadi salah pengertian di kemudian hari maka pergunakan Jasa Marine Surveyor Indonesia seperti saya ini.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by On Hire Condition Survey | Tapanuli Logistik Cargo and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Jadwal Travel Langgeng Jaya Star Ponorogo-Jogjakarta

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo