Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pembahasan Lengkap Kapal Kargo atau Cargo Ship

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

kapal-kargo

Kapal kargo (cargo ships) atau dalam bahasa indonesia sering disebut sebagai kapal barang. Sedangkan menurut wikipedia yaitu jenis kapal yang membawa barang, kendaraan dan muatan lainnya dari daerah satu ke daerah lainnya.

Jenis pengangkutan kargo yaitu termasuk kapal kontainer (Container Ships) dan pengangkutan massal (Passenger vessels) atau yang lebih dikenal dengan sebut kapal ferry.

Fungsi Kapal Kargo

Sesuai dengan tugasnya untuk mengangkat dan menurunkan barang, cargo ships dilengkapi dengan Crane atau alat angkat untuk mendukung proses bongkar muat.

Namun, tidak semua cargo ship mempunyai crane. Mengapa? Karena jika pelabuhan singgahannya memiliki fasilitas crane, maka tidak perlu lagi dipasangkan crane.

Oleh karena itu, pada saat prarancangan, salah satu hal yang paling wajib untuk diketahui yaitu trayek. Karena dengan adanya crane, ruang muat akan menjadi sedikit. Berbeda jika, tidak menggunakan crane, akan menambahan ruang muat.

Jenis-jenis Cargo Ships

Menurut kategori layanan untuk industri kapal kargo dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu liner dan tramp services. Sedangkan berdasarkan jenis muatannya, dibagi menjadi 4 (empat) jenis yaitu :

#1 General Cargo Vessel
Mengangkut barang yang dikemas seperti bahan kimia, makanan, mebel, mesin, kendaraan bermotor, alas kaki, pakaian, dan lain-lain.

#2 Tanker
Mengangkut minyak bumi atau barang cair lainnya.

#3 Dry Bulk Carriers
Dry Bulk Carriers mengangkut batubara, biji-bijian, bijih dan produk sejenis lainnya.

#4 Multi-purposes vessels
Seperti namanya, biasa mengangkut 2 jenis muatan secara bersamaan.

#5 Reefer Ships
Mengangkut buah-buahan, daging, ikan, sayuran, dan bahan makanan lainnya. Reefer Ships biasanya dilengkapi dengan alat pendingin atau pengontrol suhu.

Baca Juga  Tentang L/C part 2

Kontruksi Umum

Konstruksi umum cargo ships dapat dilihat pada gambar dibawah :

pembahasan-lengkap-kapal-kargo-atau-cargo-ship

  1. Stem, bow
  2. Bulb
  3. Hawse pipe
  4. Forecastle break, forecastle bulkhead
  5. Main deck
  6. Second deck
  7. Third deck or orlop deck
  8. Upper tween deck
  9. Lower tween deck
  10. Lower hold
  11. Transverse bulkhead
  12. Tank top plating
  13. Propeller
  14. Rudder
  15. Stern frame
  16. Counter stern
  17. Bulwark
  18. Mooring gear
  19. Accommodation ladder
  20. Bridge, flying bride
  21. Lifeboat
  22. Ladder
  23. Funnel
  24. Signal mast
  25. Aerials
  26. Cargo derricks
  27. Cargo cranes
  28. Heavy lift rig
  29. Hatch covers
  30. Ventilator
  31. Mas top, mast platform
  32. Samson post, king post
  33. Navigation light
  34. Hawse gear
  35. Deck house

Sejarah Kapal Cargo

Menurut bukti-bukti sejarah kapal kargo dan arkeologi membuktikan bahwa kegiatan pengangkutan barang-barang yang menyeberangi laut untuk keperluan perdagangan telah ada pada awal abad ke-1 dunia.

Kegiatan perdagangan dan industri yang semakin meluas dan berkembang. Sehingga, Cargo ships yang merupakan alat penyeberangan untuk mengarungi lautan, juga telah berkembang, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pada abad pertengahan pada abad 5 hingga tahun 1500-an.

Sebelum pertengahan abad ke-19, hampir semua jenis cargo ships dipersenjatai karena kasus-kasus pembajakan yang sering terjadi, seperti pada kasus Galleon Manila dan East Indiamen.

Pembajakan masih sering terjadi di lautan sekitar Asia, terutamanya di Selat Malaka. Pada tahun 2004, pemerintah negara-negara yang berbatasan dengan selat ini seperti, Singapura, Indonesia dan Malaysia, setuju untuk memberikan perlindungan lebih kepada kapal yang melintasi selat tersebut

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pembahasan Lengkap Kapal Kargo atau Cargo Ship and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Mengenal Truk Colt Diesel FE 74 HD -

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo