Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pengertian Besi Beton Dengan Fungsi Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

distributor besi beton surabaya ~ Besi beton adalahbesi yang dipakai untuk penulangan konstruksi beton atau yang lebih dikenal sebagai beton bertulang. Beton bertulang yang berisi batang tulangan dan direncanakan menurut anggapan bahwa bahan itu bekerja sama dalam memikul gaya-gaya. Beton bertulang mempunyai sifat unik dimana dua jenis bahan yakni besi tulangan dan beton digunakan secara bersamaan. Tulangan meluangkan gaya tarik yang tidak dipunyai beton dan dapat menahan gaya tekan.
Secara umum besi beton tulangan mengacu pada dua format yaitu besi polos (plain bar) dan besi ulir (deformed bar/BJTD). Besi polos ialah besi yang mempunyai penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip. Besi ulir atau besi tulangan beton sirip ialah batang besi dengan format permukaan eksklusif berbentuk sirip melintang (puntir/sirip ikan) atau rusuk memanjang (sirip teratur/bambu) dengan pola tertentu, atau batang tulangan yang dipilin pada proses produksinya.

Besi Beton Polos

Tulangan ulir, yang diberi ulir melewati proses rol pada permukaannya (polanya bertolak belakang tergantung dari pabrik pembuatnya) guna mendapatkan ikatan (bonding) yang lebih baik antara tulangan dan beton yang dipakai pada nyaris semua software dibandingkan dengan tulangan polos dengan luas penampang sama. Bentuk ulir berupa sirip menambah daya lekat guna menyangga gerakan dari batang secara relatif terhadap beton.
Tulangan polos (BJTD) jarang dipakai kecuali untuk membalut tulangan longitudinal (sengkang atau spiral) yang diberi kait pada ujungnya, khususnya pada kolom.

Besi Beton Ulir

Fungsi Besi Beton
Sejak tahun 1950 konstruksi konstruksi besi beton mulai dipakai sebagai unsur utama dalam pembangunan gedung tinggi. Karena pengetahuan insan tentang perilaku beton bertulang yang terbatas, terutama tentang nonlinearitas material beton tersebut sendiri, pada mula abad ke-20 banyak sekali gedung tinggi di Amerika memakai baja profil sebagai unsur struktur utamanya. Baru pada 1950-an konstruksi beton mulai ikut berperan dalam konstruksi gedung tinggi.
Di Indonesia sendiri, besi beton lebih sering dipakai untuk pembangunan gedung, sebab bahan ini lebih gampang didapat sehingga dialami lebih hemat dibanding konstruksi lainnya. Besi beton atau beton bertulang barangkali adalahbahan konstruksi yang sangat penting karena dipakai dalam berbagai format untuk nyaris semua struktur baik besar maupun kecil laksana bangunan, jembatan, perkerasan jalan, bendungan, dinding pebahan tanah, terowongan, jembatan yang mengarungi lembah (viaduct), drainase, kemudahan irigasi, tangki dan sebagainya.
Khusus guna bangunan gedung bertingkat tinggi, besi beton dipakai untuk struktur kolom, balok, dinding, plat, besi poer dan sloof. Sukses beton bertulang sebagai bahan konstruksi yang universal sebab banyaknya keunggulan yang dimilikinya. Kelebihan itu antara beda :

Baca Juga  Tata Motors Rilis Tata Ultra 1012 Di Event GIIAS 2016

    Memiliki powerful tekan yang relatif lebih tinggi dikomparasikan kebanyakan bahan lain.
    Memiliki keawetan yang tinggi terhadap api dan air, bahkan mempunyai struktur terbaik guna bangunan yang tidak sedikit bersentuhan dengan air. Pada peristiwa kebakaran dengan intesitas rata-rata, batang-batang struktur dengan ketebalan penutup beton yang mencukupi sebagai pelindung tulangan melulu mengalami kehancuran pada permukaannya saja tanpa merasakan keruntuhan.
    Struktur beton bertulang paling kokoh.
    Tidak memerlukan ongkos pemeliharaan yang tinggi.
    Dibandingkan dengan bahan lain, mempunyai usia layan yang paling panjang. Dalam kondisi-kondisi normal, struktur beton bertulang dapat dipakai sampai kapanpun tanpa kehilangan kemampuannya untuk menyangga beban. Ini dapat diterangkan dari fakta bahwa kekuatannya tidak berkurang dengan berjalannya masa-masa bahkan semakin lama semakin meningkat dalam hitungan tahun, sebab lamanya proses pemadatan semen.
    Merupakan satu-satunya bahan yang hemat untuk pondasi tapak, dinding basement, tiang andalan jembatan, dan bangunan-bangunan semacam itu.
    Dapat dirakit menjadi format yang sangat pelbagai mulai dari plat, balok dan kolom yang simpel sampai menjadi atap kubah dan cangkang besar.
    Keahlian buruh yang diperlukan untuk membina konstruksi beton bertulang lebih rendah bila dikomparasikan dengan bahan lain laksana baja struktur.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengertian Besi Beton Dengan Fungsi Fungsinya and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

Baca Juga  Cara Belanja Dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Di Blibli (3 Langkah)

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo