Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Pengertian Dimensi Satuan dan Koefisien Dalam Ilmu Kapal

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Pengertian – pengertian berikut ini merupakan satuan dan koefisien yang banyak digunakan pada industri perkapalan baik luar negeri maupun dalam negeri. Berikut satuan dan koefisien yang biasa digunakan yaitu:

Garis Tegak Depan (FP atau Forward Perpendicular) merupakan representasi garis tegak yang memotong pada garis muat dengan linggi haluan.

AP (After perpendicular) atau yang biasa juga disebut garis tegak belakang merupakan representasi garis tegak yang memotong pada poros atau linggi kemudi dengan garis muat. Khusus untuk kapal – kapal niaga baik yang berbaling – baling tungal (Single-screw) maupun yang berbaling – baling ganda (twin-screw). Umumnya, kapal – kapal yang tidak mempunyai linggi kemudi, garis tegak belakangnya di ukur melalui sumbu poros kemudi.

Panjang Garis Tegak atau yang lebih dikenal dengan LBP (Lenght Between Perpendicular) adalah panjang garis horisontal atau jarak mendatar antara garis tegak depan (FP) dengan garis tegak belakang (AP).

LWL (Lenght on Water Line) atau panjang garis air adalah panjang yang diukur di garis air kapal saat terapung di atas air pada kondisi muat yang diukur dari perpotongan dengan linggi haluan sampai titik potong linggi buritan.

Panjang Keseluruhan Kapal atau LOA (Lenght Over All) adalah panjang yang diukur dari titik ujung depan sampai titik ujung belakang.

Dimensi panjang kapal
Dimensi panjang kapal, sumber google.com

Amidship (Tengah kapal) adalah titik tengah antara garis tegak depan (AP) dan garis tegak belakang (FP).

Penampang tengah kapal (Midship Section) adalah penampang melintang pada tengah kapal.

Lebar garis air (Bwl atau Breadth on Water Line) merupakan lebar maksimum yang diukur pada garis air muat.

Moulded Base Line (Garis dasar) merupakan representasi ujung bawah permukaan kapal.

Baca Juga  Beginilah Cara Kirim Sepeda Motor Melalui Kantor Pos

Tinggi Kapal (Depth) yang biasa di simbolkan dengan huruf “H” merupakan jarak tegak antara garis dasar sampai dengan ujung atas balok geladak pada geladak menerus yang diukur disisi tengah kapal.

Sarat ( Draught) dengan simbol huruf “T” adalah jarak tegak antara garis dasar sampai pada garis air baik di haluan kapal maupun buritan kapal.

Dimensi lebar kapal
Dimensi lebar kapal, sumber google.com

Displasmen (Displacement) adalah sama dengan volume (), berat () atau massa air yang dipindahkan oleh lambung kapal.

Volume displasmen () adalah volume air () yang dipindahkan oleh badan kapal, termasuk kulit lambung kapal, lunas sayap, kemudi kapal, baling – baling kapal dan lain – lain.

Berat displasemen adalah berat air (kg) yang dipindahkan oleh badan kapal secara keseluruhan. Berikut perhitungan berat displasemen pada air tawar dan air laut:
     Pada air tawar:

rumus perhitungan berat displasemen untuk air tawar
rumus perhitungan berat displasemen untuk air tawar

     Pada air laut:

rumus perhitungan berat displasemen untuk air laut
rumus perhitungan berat displasemen untuk air laut

Bobot Mati Kapal (DWT atau Dead Weight Tonnage) adalah daya angkut sebuah kapal mencakup berat muatan, berat bahan bakar, berat minyak lumas, berat air tawar, berat bahan bakan, berat awak dan penumpang serta barang bawaannya.


Berat Kapal Kosong (LWT atau Light Weight Tonnage) adalah berat kapal kosong mencakup berat badan kapal, berat peralatan atau perlengkapan kapal, berat mesin pengerak beserta instalasi bantu.

Koefisien Bentuk Kapal merupakan terminologi umum untuk menggambarkan bentuk lambung atau badan kapal atau digunakan sebagai pembanding dengan bentuk kapal lain. Arsitek kapal mengenal atau menggunakan beberapa atau sejumlah koefisien – koefisien, terutama pada perhitungan stabilitas, kekuatan atau rancangan lainnya. Koefisien – koefisien tersebut antara lain koefisien balok, garis air, tengah kapal dan prismatik.

Baca Juga  Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengertian Dimensi Satuan dan Koefisien Dalam Ilmu Kapal and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar