Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pengertian TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Pengertian TRIM kapal, Trim by head, Trim by astern, eveen keep, Mean draft, mid draft, dan rumus untuk menghitung Trim kapal.

Banyak diantara kita para pelaut Pernah Dengar Kata TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT bahkan sering mengucapkannya saat berada di atas kapal akan tetapi ada beberapa diantara kita yg belum tau mengenai pengertianya berikut ini adalah pengertiannya.

TRIM Kapal

TRIM kapal adalah Selisih jumlah antara draft belakang dan draft Depan TRIM ini sangat penting untuk diketahui Karan sangat berpengaruh terhadap stabilitas kapal saat dalam pelayaran TRIM bisa diatur dengan cara menambah atau mengurangi ballas.

Trim By Head

Trim By Head atau trim depan artinya adalah berat muatan terfokus di bagian depan kapal atau dengan arti lain Draft depan lebih dalam dari pada draft belakang (Kapal Nungging)

Trim By Astern

Trim By Astern atau disebut juga Trim Bekakang/Buritan adalah berat muatan terfokus di bagian belakang kapal atau draft belakang lebih dalam dari draft depan (Dongak).

Eveen Keel

Eveen Keel atau Trim nol (0) Yaitu Draft Depan, Draft Tengah Dan Draft Belakang memilki Nilai yang sama.

MEAN DRAFT

MEAN DRAFT disebut juga Draft Rata-rata yaitu jumlah Draft Depan ditambah Draft Belakang dibagi kemudian dua (2).

MID DRAFT

MID DRAFT = Draft Tengah yang terlihat secara langsung pada saat kapal sandar atau berlabuh atau draf tengah yang real.

Rumus Untuk Mencari Draft 

Rumus Untuk Mencari Draft Belakang dan Draft Depan jika salah satu badan kapal menggantung atau jauh dari dermaga, dan kalian kesulitan utk meliihat draft pada bagian badan kapal tersebut, kalian dapat menghitung dengan rumus berikut :

  • Draft Depan = Draft Tengah x 2 – Draft Belakang
  • Draft Belakang = Draft Tengah x 2 – Draft Depan
Baca Juga  Planning dan Monitoring Proses Produksi Dalam Industri

Baca: Cara Menghitung Trim Kapal

Hal” Di atas terlihat simple namun belum dipahami oleh kebanyakan kawan” Pelaut terutama Calon” perwira dan perwira baru di atas kapal.

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengertian TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo