Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pengiriman Murah Medan: D – Kamus Kata / Istilah Perhubungan

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Kamus kata / Istilah dalam perhubungan laut :

Daerah Lingkungan Kerja Pelabuhan – Wilayah perairan dan daratan pada pelabuhan umum yang dipergunakan secara langsung untuk kegiatan kepelabuhan.

Daftar Ukur – Daftar yang memuat perhitungan tonase kapal

Dead on End – Sebutan untuk angin yang akan menghadang kapal; atau sebutan untuk kapal lain yang garis haluan dan buritannya ada pada garis pandang pengamat.

Demurrage – Kompensasi yang harus dibayar oleh penyewa jika lama waktu bongkar dan muat pada kapal yang disewa melebihi dari waktu yang ditetapkan dari perjanjian sewa. Besarnya jumlah kompensasi ini biasanya disebutkan secara eksplisit saat melakukan perjanjian sewa.

Deratisation – Pemberantasan tikus pada kapal

Dermaga – Tempat kapal ditambatkan di pelabuhan. Pada dermaga dilakukan berbagai kegiatan bongkar muat barang dan orang dari dan ke atas kapal. Di dermaga juga dilakukan kegiatan untuk mengisi bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan.

Despatch – Pengiriman’ lamanya kapal singgah di pelabuhan; penyelesaian pemuatan atau pembongkaran lebih cepat dari waktu yang disetujui

Despatch money – uang kompensasi despatch

Deviation clause – Keterlambatan kapal yang disebabkan oleh perubahan track atau haluan kapal untuk menghindari bahaya navigasi yang mengancam. Keterlambatan karena perubahan haluan kapal terebut ditanggung oleh kedua belah pihak (shipper dan carrier).

Direct B/L – B/L mengenaii muatan yang ditujukan ke pelabuhan tertentu.

Displacement – Berat benaman adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu atau hasil penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan dead weight.

Disponent Owners – Pencharter yang menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari ship’s owner.

Baca Juga  Cara Order Barang Online Di Instagram

Ditty Bag – Tas kanvas kecil tempat pelaut menyimpan sesuatu yang kecil dan menguncinya.

Ditty box – Kotak kayu kecil dengan gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan barang berharga, alat tulis dan berbagai macam sesuatu yang kecil.

Diving Support Vessel – Kapal yang memiliki perlengkapan selam, yang menjalankan berbagai jenis operasi penyelaman. Kapal ini dapat juga dioperasikan dengan remote control atau robot penyelam (remote operated vehicle, ROV).

Dock Water Allowance (DWA) – perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air laut atau sebaliknya.

Double bottom / double hull – Lambung kapal atau bagian bawah kapal yang dibangun dengan teknik tertentu sehingga terdiri atas bagian dalam dan luar yang terpisah oleh ruang hampa, biasanya selebar beberapa kaki.

Down – Suatu keadaan di mana kapal dimuati hingga mencapai sarat maksimum yang diijinkan.

Draught – Draft; benaman; jarak dari lunas sampai garis air.

Drilling Barge – Perahu yang dilengkapi dengan peralatan untuk operasi pengeboran di laut yang tenang. Biasanya tidak memiliki mesin penggerak. Kedalaman maksimum pengeboran sekitar 150 meter.

Drilling Rig – Menara bor dengan sistem pemompa lumpur dan dapat diputar. dapat dipasang baik pada pengeboran lepas laut maupun instalasi pengeboran lepas pantai seperti kapal penebor (drillship).

Drilling Tender – Instalasi alat pengeboran untuk kapal yang jenisnya tergantung pada kapal atau perahu untuk penyimpan, akomodasi dan sebagainya.

Drillship – Kapal yang dilengkapi dengan drilling rig (menara bor) dan mesin penggerak tersendiri. Posisi kapal ini tetap dengan adanya peralatan pengatur posisi dinamis (Dynamic Positioning Equipment). Kedalaman maksimal pengeboran sekitar 2.000 meter.

Dry cargo – Kapal yang membawa kargo kering, dapat memiliki satu atau lebih geladak.

Baca Juga  Daftar Alamat Kantor POS Surabaya

Dry Container – Peti kemas untuk barang kering dalam bentuk umum. Peti kemas dari jenis ini digunakan antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau general cargo dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan peranginan khusus seperti udara dan peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga cukup menjamin keamanan barang itu sendiri.

Dumping – Setiap pembuangan limbah atau benda lain yang disengaja ke perairan, baik yang berasal dari kapal maupun berupa kerangka kapal itu sendiri, kecuali pembuangan yang berasa dari operasi normal kapal.

Dunnage – Sesuatu yang ditempatkan antara muatan, antara muatan dan laintai/dinding palka kapal yang berfungi sebagai penopang muatan untuk melindungi muatan. Terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah muatan supaya jangan beradu/bersentuhan satu sama lain.

DWT – Suatu unit kapasitas kapal untuk kargo, bahan bakar, barang dan awak kapal yang diukur dalam satuan ton yang setara dengan 1.000 kg. Berat mati (dwt) kapal adalah total berat yang dapat dibawah oleh kapal saat proses pemuatan barang.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengiriman Murah Medan: D - Kamus Kata / Istilah Perhubungan and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo