Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pengiriman Murah Medan & Informatika: Review Topik: Subsistem Manajemen Data

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

1. Mengapa Sistem Pendukung Keputusan (SPK/DSS) umumnya memiliki databasenya sendiri?

SPK/DSS yang besar umumnya memiliki database-nya sendiri untuk tiga alasan:

  • SPK/DSS mungkin harus mengintegrasikan data dari berbagai sumber, yang masing-masing adalah database yang terpisah dan yang tidak bisa digabungkan secara langsung.
  • Struktur yang terbaik database untuk data statis yang digunakan untuk analisis, dengan ‘query-query’ yang jarang tapi sangat kompleks, mungkin tidak cocok untuk data dinamis yang digunakan untuk proses transaksi dengan query-query dan update yang sering tapi sederhana, dan sebaliknya.
  • Berbagi satu database yang sama untuk kedua penggunaan dapat menyebabkan masalah kinerja pada waktu beban puncak. Memisahkan database dari kedua jenis pengguna tersebut mungkin lebih ekonomis daripada upgrade perangkat keras kalau menerapkan berbagi databse yang sama.

2. Apa kemiripan dan perbedaan antara data internal, eksternal, dan privat?

Kemiripan: Semua jenis dapat dalam bentuk file-file record/field yang terstruktur, file-file teks, atau multimedia dari berbagai jenis. Semua bisa objektif atau subjektif. Semua, atau bisa, dikelola oleh subjek DBMS untuk kontrol akses yang sesuai. Semua dapat digunakan untuk mendukung berbagai keputusan. Dan semua bisa diakses melalui antarmuka yang seperti Web, bahkan jika mereka tidak diakses melalui Web.

Perbedaan: Data internal berasal dari sistem pemrosesan transaksi organisasi sendiri, sedangkan data eksternal berasal dari luar itu. Data internal biasanya diakses melalui intranet sedangkan data eksternal diakses melalui Internet, meskipun piranti-piranti yang digunakan dan antarmuka-nya mungkin mirip atau identik. (Data pribadi adalah bagian dari data internal, tunduk pada pembatasan akses yang melampaui keamanan data perusahaan normal.)

3. Apa yang dimaksud dengan komponen-komponen dari DBMS: fasilitas query, direktori, dan data?

  • Fasilitas Query: Menerima permintaan data dari komponen SPK/DSS lainnya, menentukan bagaimana permintaan tersebut dapat dipenuhi, merumuskan akses ke basis data untuk memenuhi permintaan akses, dan mengembalikan hasilnya ke yang melakukan permintaan.
  • Direktori: Tujuan utama dari direktori, dan disitu berisi definisi data, adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ketersediaan item-item data, sumber-nya, dan maknanya. Directory ini juga berisi aturan akses yang mengontrol akses pengguna ke kolom atau baris tertentu dari tabel-tabel database.
  • Data: Ini adalah konten yang sebenarnya dari database.
Baca Juga  Alamat TiKindo Logistics Sidoarjo | Alamat Ekspedisi

4. Apa fungsi utama (kemampuan) dari DBMS?

Tiga fungsi dasarnya adalah penyimpanan, pencarian, dan kontrol. DBMS mengelola database untuk mengatur, ekstrak/akses, mengubah, menghapus, dan data katalog.

5. Apa yang dimaksud ekstraksi?

Ini adalah proses menangkap data (seringkali dari berbagai sumber), menyaring mereka, meringkas, memadatkan dan me-reorganisasi data untuk memuat ke dalam database SPK/DSS seperti data warehouse.

6. Apa fungsi dari fasilitas query?

Dalam membangun dan menggunakan SPK/DSS, seringkali  diperlukan untuk mengakses, memanipulasi, dan query data. Fasilitas query melakukan tugas-tugas ini. Ia menerima query untuk data-data dari komponen-komponen SPK/DSS lainnya, kemudian menentukan bagaimana query dapat dipenuhi (berkomunikasi dengan direktori data jika diperlukan), merumuskan permintaan query secara rinci, dan mengembalikan hasilnya ke yang meminta query.

7. Apa fungsi dari suatu direktori?

Ini adalah suatu katalog dari semua data dalam database. Ini mencakup definisi data dan informasi lain yang diperlukan untuk memfasilitasi dan mengendalikan akses ke data melalui DBMS.

Daftar link terkait review topik: Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Metodologi, dan Teknologi:

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengiriman Murah Medan & Informatika: Review Topik: Subsistem Manajemen Data and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo