Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Pengiriman Murah Medan / Warehouse Solution: 26.Warehouse Automations : High Speed Sorting System

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Dengan meningkatnya biaya tenaga kerja dan tekanan rantai pasokan untuk operasi yang lebih cepat, lebih akurat dan responsif, sistem sortasi otomatis dapat mengakses ke lebih banyak rantai pasokan, menghasilkan produktivitas, throughput, kapasitas, akurasi, dan akuntabilitas untuk bisnis. Solusi penyortiran Dematic memastikan pelanggan anda memiliki apa yang customer butuhkan, kapan dan di mana customer membutuhkan, dan memberikan pengambilan investasi yang cepat

Penyortiran untuk berbagai macam produk, dengan kecepatan tinggi ke berbagai tujuan. Dengan peningkatan volume waktu pemrosesan yang singkat, dan biaya yang meningkat membuat sistem penyortiran otomatis layak secara ekonomis untuk memproduksi dan mendistribusikan barang. Mayoritas sistem logistik otomatis di rancang untuk memenuhi ketahanan untuk 10 hingga 15 tahun. 

Insinyur Dematic memproduksi jajaran sistem penyortiran yang komprehensif yang di rancang untuk penanganan produk yang beragam dan persyaratan througtput yang tinggi dari pusat pergudangan dan distribusi. Dematic adalah pelopor dalam pengembangan sistem tingkat menengah hingga tinggi dengan kontrol dan perangkat lunak standar yang membantu mengoptimalkan operasi gudang dan menyediakan visibilitas rantai sistem suplai.

Sistem sortir Dematic meningkatkan distribusi, produktivitas, dan efisiensi rantai pasokan dengan memungkinkan beberapa pesanan di kelompokkan dan di pilih pada saat yang bersamaan. Selain itu Dematic memfasilitasi cross docking dan meningkatkan kecepatan rantai suplai dengan menghilangkan penanganan dan penyimpanan produk yang tidak perlu serta biaya langsung yang terkait dengan penanganan persediaan berlebih.

Solusi kami mampu menyortir 500 sampai 8000 item per jam. Mulai dari CD, tekstil yang fleksibel sampai kepada bagasi dengan dimensi barang 1500mm x 800mm x 800mm dengan berat hingga 75kg.

Sistem Sortasi Dematic di gunakan oleh banyak jenis bisnis dan usaha, seperti pengecer barang / distributor retail, distributor perawatan kesehatan, 3PL (penyedia jasa logistik pihak ke tiga) untuk mengoptimalkan aliran meterial dan mengurangi biaya dan waktu untuk penyortiran barang.
Dematic mengkhususkan diri dalam mengintegrasikan sistem dari atas ke bawah, dari pusat distribusi menuju tempat penanganan material sehingga menjadi system yang lengkap. Sistem sortir juga dapat diintegrasikan ke dalam proses lain, seperti transfer barang dari satu bagian fasilitas ke yang lain, dari satu fungsi ke fungsi lainnya, atau mengkonsolidasikan item / barang dari berberbagai area.





Manfaat sistem sortasi Dematic:
➽ Peningkatan distribusi, produktivitas, dan efisiensi.
➽ Desain secara pararel untuk mengurangi kegagalan. 
➽ Instalasi dapat di lakukan secara capat karena sistem penyortir Dematic di bangun di platform yang sudah adadan telah di optimalkan
➽ Solusi yang dapat di sesuaikan melalui desain modular untuk mengakomodasi spesifikasi yang berbeda-beda.

System sortasi Dematic menawarkan solusi:  
➽ Solusi yang tepat untuk setiap jenis industri.
➽ Produk standar dengan teknologi yang handal serta inovatif dan hemat energi serta ramah terhadap lingkungan.
➽ Ketersediaan maksimum, sehingga downtime sistem bisa di tekan se minimum mungkin.
➽ Pengembalian investasi yang cepat.






Dematic merupakan solusi tepat untuk tugas sorting anda.



➽ Dematic memiliki tim ahli yang mengerti persyaratan dan penanganan khusus dari berbagai sektor dan pasar. Pengalaman ini memungkinkan Dematic untuk fokus pada pengembangan konsep dan solusi yang memenuhi dan melampaui sasaran bisnis. Tujuan kami adalah membantu kesuksesan bisnis pelanggan dengan menyediakan solusi sistem yang mendukung pelanggan dalam mencapai tujuan bisnis
  
➽ Perencanaan dan implementasi proyek-proyek Dematic di kendalikan oleh kuallitas. Customer mendapat manfaat dari konsultasi secara profesional dan kelancaran komisioning dengan downtime yang rendah dan upaya perbaikan yang seminimal mungkin. Sistem Dematic di dasarkan pada kehandalan dan ketersediaan tinggi, mekatronik standar dan kontrol modern dan arsitektur jaringan, di mana semua nilai tambah yang benar-benar terbayar ketika anda melihat system yang berjalan dan anda segera melihat bahwa sistem sortasi Dematic ini dapat meningkatkan profitabilitas.
Total biaya kepemilikan (TCO) / Pengembalian Investasi (ROI / Return Of Investment ) Dematic melakukan analisis TCO saat merencanakan dan mengimplementasikan sistem logistik. Banyak proyek yang menghasilkan ROI yang cepat, sehingga dapat meningkatkan daya saing.



Tipikal dan kategori Sistem Sortasi Dematic

Sistem Sortir Linear 
Sistem Sortir linier Dematic menawarkan kinerja yang kuat yang sesuai untuk tingkat throughtput antara 6.000 sampai 24.000 item per jam. Sistem ini di dukung oleh tabung yang berputar pada porosnya yang berfungsi sebagai penggerak untuk memindahkan barang / item. 


Sistem sortir berbentuk lingkaran
Sistem sortir Lingkaran Dematic memberikan tingkat fungsional dan fleksibilitas yang jauh lebih besar daripada penyortiran linear dan dapat di rancang untuk menangani pengolahan sortir yang jauh lebih tinggi, hingga 80.000 item per jam, serta mengurutkan hingga beberapa ratus titik pengiriman.


Sistem sortir lainnya
Beberapa jenis pengalihan dapat di gunakan, termasuk : pivot arm, roda pop-up, dan pusher. Dengan pemilahan berdasarkan faktor termasuk karakteristik produk, kecepatan konveyor dan throughput yang di butuhkan.   



Komponen sistem sortir:


Sistem penyortiran memiliki 6 komponen utama:
➽Pengggabungan antar konveyor untuk memfasilitasi aliran barang yang stabil.   
➽Induksi sub sistem untuk meminimalkan celah antar item dan memaksimalkan arus barang ke sistem sortir
➽Sorter dimana kecepatan penyortir dapat di modifikasikan sesuai dengan persyaratan throughput


➽Chutes / peluncur, untuk mengkonsolidasikan pesanan dan / atau mengakumulasi item/barang per tujuan.
➽Take-away conveyors, untuk memindahkan barang jauh dari penyortir ke area lain dari sistem.
➽Control, untuk membantu pelacakan item/barang dan memastikan pengiriman yang lancar dan memilahkan barang.




Area fungsional dari sistem penyortiran. Fasilitas penyortiran dibagi menjadi 5 bidang fungsional:



➽Feeding-in, berfungsi untuk melakukan kegiatan menimbang, mengukur, memberi perintah untuk memulai suatu pekerjaan.
➽Preparation, berfungsi untuk melakukan tugas menyelaraskan, memisahkan, menggabungkan.
➽Identification, berfungsi untuk identifikasi dan penunjukan terhadap barang. 
➽Distribution, berfungsi melakukan perpindahan/transfer barang melalui distribusi conveyor/terminal  
➽Discharge, bertugas untuk melepaskan barang ke zona pengiriman / dispatch.



Selain itu, strategi operasi, organisasi, dan kontrol penyortir adalah salah satu yang penting dari elemen sistem sortasi/penyortiran.





Pemeliharaan dan modernisasi


Sistem Sortasi Dematic selalu tepat sesuai ekspektasi.
Dematic menawarkan dukungan yang komprehensif untuk solusi sistem sortasi anda, termasuk perangkat lunak. Sehingga dapat melayani dan bekerja untuk 24/7 dan 365 hari selama setahun. Dematic selalu fit dan cocok untuk solusi sistem sortasi anda. Bagaimana anda mengintegrasikan solusi sortasi baru ke pangaturan otomatisasi logistik yang ada. 
Dematic tidak hanya menawarkan peralatan sortasi berkinerja tinggi saja, tetapi juga mamanfaatkan pengalaman Dematic yang lama dalam menerapkan ratusan solusi otomatis serta pengetahuan mendalam tentang antarmuka perangkat lunak antara kontrol aliran material dan sistem manajemen gudang. Berkat kemampuan integrasi solusi sortasi, termasuk teknologi informasi yang sesuai ke dalam sistem penanganan material  yang ada, juga dimungkinkan untuk melakukan modernisasi secara parsial (per bagian) dari sistem, sehingga akan memberikan kinerja yang di butuhkan di masa depan.



Fokus pada modularitas dan standarisasi.
Semua sistem sortasi Dematic di rancang dengan fokus pada modularitas dan standarisasi serta terdiri dari sejumlah kecil komponen. Hal ini memberikan peningkatan kehandalan sistem dan mengurangi waktu dan uang yang di perlukan untuk menyimpan suku cadang, pelatihan operator. Dengan desain operator di semua sistem anda berarti anda mendapatkan lebih banyak dari yang kurang.  



Ketersediaan maksimum dengan waktu downtime yang minimum.
Sistem sortasi Dematic di rancang dengan sangat kuat dan di jamin ketersediaan suku cadangnya. Alat penyortir jenis tilt tray / meyerupai nampan yang miring, telah di uji cobakan dalam menangani  lebih dari 1 juta operasional tanpa mengalami kerusakan apa-apa. Ketika ada penggantian suku cadang sistem sortasi anda, penggantian suku cadang dapat dilakukan dalam waktu 5 menit, dan sistem dapat berjalan seperti semula



https://www.youtube.com/watch?v=HGkpXNQzZuQ

Baca Juga  Bagaimana Cara Penulisan Alamat Pengiriman Barang Yang Baik Dan Benar?



Pemeliharaan dan perbaikan Dematic meliputi:
➽Dukungan teknis melalui telepon untuk 24/7, dan pemeliharaan jarak jauh dengan remote
➽Inspeksi dan pemecahan masalah diagnostik
➽Pembaharuan perangkat lunak dan dukungan sistem 
➽Layanan darurat
➽Konsultasi pelatihan dan pelayanan
➽Manangani permintaan perubahan terhadap sistem
➽Modernisasi dan peningkatan untuk kapasitas





Keuntungan / benefit sistem sortasi Dematic
➽Meminimalkan konsumsi daya.
➽Mengurangi jejak karbon.
➽Secara signifikan mengurangi kesalahan pekerja.
➽Mengurangi perawatan.
➽Memaksimalkan ketersediaan, kinerja dan akurasi sistem




Sistem sortir Circular Dematic

Dematic Circular Sorters Sistem atau sistem sortir melingkar Dematic memberi keuntungan dalam menciptakan beberapa penyortir dengan meningkatkan kinerja dan fleksibilitas. Hal ini dapat menghubungkan area dan operasi dari fungsi operasi seperti pengepakan, pengiriman, transfer, dan transportasi yang berbeda tanpa memerlukan konveyor resirkulasi / tidak bergerak. Sistem sortasi melingkar / circular yang berkecepatan tinggi sangat akurat untuk mengangkut beragam barang.


Penyortir melingkar Dematic memiliki ketersediaan yang sangat tinggi karena penyortir ini tidak di pengaruhi oleh masing-masing sub sistem. 


Alat sortir Dematic di lengkapi dengan motor bertipe brushless untuk menyortir dan distribusi melalui motor linear, baik sinkron dan asinkron



Dematic Crossbelt Sorter
🔃 Platform ringan baru untuk efisiensi yang lebih tinggi.

Desain
Desain sortir type crossbelt/silang Dematic di dasarkan pada platform modular umum yang di bangun di sekitar komponen “off the shelf” standar yang tersedia secara komersial.
Arsitektur modular dan komponen standar sortasi crossbelt dapat di gabungkan dalam beberapa konfigurasi untuk memberikan solusi yang paling tepat . Untuk transmisi daya dan data, penyortir crosbelt/silang Dematic dapat di konfigurasikan dengan bar bus yang dengan teknologi kontak sikat. Teknologi kotak menggunakan komunikasi rel listrik dan sikat kolektor pada setiap master carrier. Solusi non kontak termasuk komunikasi dengan kabel IWLAN R Coax untuk data dan kabel berfrekuensi tinggi untuk transmisi daya. Teknologi non kontak beroperasi dengan bagian yang tidak memakai suku cadang dan oleh karena itu hanya membutuhkan sedikit perawatan. Gerakan pada mesin sortir dapat di konfigurasikan dengan motor induksi asinkron linear atau dengan motor sinkron linier sehingga mengurangi asupan daya listrik mencapai 75%.



Fleksibilitas operasional
Penyortir crossbelt Dematic beroperasi dengan komunikasi logic komunikasi lengkap yang mampu mengaktifkan penyortir sepanjang loop, tanpa memerlukan perangkat komunikasi fisik seperti antena atau pengalih mekanik.
Fitur ekslusif ini menyederhanakan manajemen untuk implementasi di masa depan, seperti menambahkan stasiun induksi baru atau peluncuran (chutes) dan meningkatkan kecepatan operasional. Pengaturan ini sederhana dan hanya membutuhkan modifikasi parameter dalam database perangkat lunak. Selain itu berkat desain paralel, tidak ada satupun titik kegagalan dan setiap kegagalan komponen dapat di kelola dengan pemeliharaan.




Sistem Backup / Cadangan 
Sistem Crossbelt menawarkan fleksibilitas luar biasa dan solusi yang ringkas. Hal ini di mungkinkan karena setiap pembawa sistem bertindak sebagai unit independen yang dapat memuat item dari stasiun induksi di setiap peluncuran sepanjang loop penyortir. Ini berarti bahwa adalah  mungkin  untuk memiliki sistem fisik tunggal tetapi sistem penyortiran yang logis. Arsitektur sistem Crossbelt termasuk cadangan penuh perangkat keras dan perangkat lunak apabila operasi terganggu, sistem akan di mulai kembali (restart) dalam waktu kurang dari 5 menit tanpa kehilangan data apa pun.

Dematic Crossbelt memiliki fitur antara lain:



⧭ Platform ringan dengan pengurangan berat sehingga menggunakan 23% energi lebih sedikit di bandingkan dengan sistem sortir standar lainnya.
⧭ Dengan fitur non-kontak dan komunikasi data mengurangi pemeliharaan.
⧭ Penggunaan motor sinkron linear mengurangi konsumsi energi sebesar 75% di bandingkan dengan motor induksi asinkron linier.
⧭ Pelat dengan gesekan rendah yang terletak di bawah belt transfer, dapat mengurangi konsumsi sebesar 60% di bandingkan dengan pelat logam.
⧭  Sebagian besar komponen adalah non-proprietary, yang merupakan standar industri.
⧭ Kecepatan off-load di pilih sesuai dengan ukuran barang.
⧭ Dimensi dan berat di rancang untuk pemindahan cepat, sehingga waktu yang lebih singkat untuk di perbaiki (di lepas dalam waktu kurang dari 5 menit) 
⧭ Desain pararel untuk menghilangkan titik kegagalan.








Linear Sortation / Sortasi linier
#Operasi kecepatan variabel untuk meningkatkan efisiensi.
Penyortir garis lurus merupakan sistem dengan biaya efektif ketika jumlah titik penyortiran yang di butuhkan relatif kecil di mana hanya memiliki 40-50 titik pengiriman, dan tingkat throughtput mencapai 12.000 item / jam (dengan asumsi panjang karton rata-rata 400mm)


Dematic Linear Sorter memiliki 2 varian yaitu Belt Sorter dan Wheel Sorter.


🔃Dematic Belt Sorter, dengan fitur sebagai berikut:

  • Beroperasi dengan suara yang tenang (tidak berisik).
  • Throughtput operasional tinggi.
  • Dapat beroperasi dengan sudut kemiringan 30° sampai 90° 
  • Desain Belt-on-roller yang efisien.
  • Belt dengan kekuatan yang tinggi.
  • Meminimalkan ruang yang di butuhkan.
  • Ekonomis untuk jangka panjang dengan banyak titik pengalihan.
  • Drive efisiensi tinggi.
  • Dapat mendukung panjang 90 meter dengan satu drive. 






🔃Dematic Wheel Sorter, dengan fitur sebagai berikut:

  • Dapat di kombinasi dengan sistem sortasi yang lain
  • Ideal untuk sistem sortasi kelas menengah
  • Solusi murah untuk banyak applikasi
  • Desain serba guna dalam menangani produk yang sangat kecil hingga ukuran totes
  • Belt / sabuk rol di permukaan yang fleksibel 






Dematic Linear Shoe Sortation / Sortasi linier Sepatu
Dematic FlexSort adalah lini sortir yang komprehensif yang di rancang untuk memenuhi aplikasi spesifik yang anda inginkan, yaitu throughput dan target produktivitas 




Desain
Sistem sortasi berbentuk sepatu geser dari Dematic menawarkan kinerja yang kuat dan cocok untuk tingkat throughput antara 6.000 sampai 24.000 item per jam. Produk di dukung pada tabung atau bilah, dan pengalihan positif di lakukan di kedua sisi penyortir oleh sepatu yang meluncur melintasi tabung atau bilah.
Dengan pengoperasian yang tenang dan andal, penyortir sepatu geser juga dapat menangani berbagai macam produk, mulai dari paket sekecil 150 milimeter dan berat sedikitnya 50 gram, hingga paket lebih dari satu meter panjang nya dan berat hingga mencapai 50 kilogram



Operasi dan Sub-sistem
Sistem Dematic FlexSort adalah sistem penyortiran terintegrasi yang di rekayasa sebagai satu mesin dengan antarmuka titik tunggal yang beroperasi sebagai satu sistem. Sistem penyortiran terdiri dari beberapa sub-sistem, antara lain menggabungkan akumulasi, menyortir, dan memindahkan. Untuk pengguna, ini berarti aliran karton yang lancar dan efisien antara sub-sistem, tingkat keluaran yang lebih tinggi pada kecepatan yang lebih lambat, dan antarmuka kontrol tunggal.



Kontrol kecepatan otomatis untuk penyortir
Kontrol kecepatan otomatis adalah solusi yang di patenkan oleh Dematic. Di mana sistem sortasi secara otomatis menyesuaikan kecepatan dari seluruh sistem mulai dari penyortiran, konveyor untuk mengakomodasi volume output / keluaran secara aktual. Secara otomatis menyesuaikan kecepatan penyortir dan mengurangi konsumsi energi, keausan pada peralatan, tingkat kebisingan suara sehingga meminimalkan perawatan. Kontrol kecepatan otomatis memperpanjang umur penyortir, konveyor dan meningkatkan kontrol paket , serta mengurangi biaya pengoperasian. Sorter secara otomatis menyesuaikan dengan permintaan throughput yang berubah sepanjang hari . Apabila ada lonjakan ataupun penurunan aliran, penyortir secara otomatis mempercepat atau memperlambat untuk mengakomodasi laju variabel secara efisien.





Fitur Desain dari Penyortir “Sepatu” Dematic 
 Pemeliharaan berkurang secara signifikan karena bagian suku cadang yang lebih sedikit
➽ Sistem penggerak terdistribusi yang lebih sedikit
➽ Operasi pengerak terdistribusi yang inovatif
➽ Operasi kecepatan variabel untuk meningkatkan efisiensi
➽ Konsumsi energi yang lebih rendah
➽ Diagnosa secara online dan visualisasi statistik pengurutan
➽ Pengoperasian yang lebih tenang untuk lingkungan kerja yang lebih baik dan produktifitas yang lebih tinggi. 
➽ Tidak memerlukan pelumas. 





Dematic FlexSort SL2
Sistem Sortir dari Dematic, FlexSort SL2 linier sortasi di rancang untuk kinerja yang up time serta throuhput yang tinggi melalui penggunaan pengerak motor induksi linier redundan yang menghilangkan fungsi motor pengerak arus searah / AC, rantai, pengerak sprocket, poros, dan bearings 





Benefit atau keuntungan dari Dematic FlexSort SL2
Waktu aktif dan kehandalan yang maksimum.
Tingkat pengurutan yang tinggi dengan kecepatan yang lebih rendah sehingga memperpanjang umur produk.
Sistem sortasi yang lembut dan mendukung luas jenis produk sortir.
Perangkat lunak FlexSort yang bekerja secara real time di aktifkan secara Web untuk melakukan penyortiran linier.
Terintegrasi dengan WCS (Sistem Kontrol Gudang) Dematic.  
Report KPI melalui Performance Manager.
Mengurangi keausan, meningkatkan waktu kerja dan memungkinkan konfigurasi penyortir yang lebih lama dengan banyak konfigurasi. 



Induksi Sub System
Efisiensi dari sub-sistem induksi menentukan keberhasilan seluruh sistem penyortiran. Sistem penyortiran Dematic menggunakan serangkaian konveyor sabuk tipe servo-driven yang berjalan pada kecepatan yang bervariasi, untuk memaksimalkan kinerja dan meminimalkan konsumsi daya.   



Baca Juga  Cara Pemeliharaan Dan Perawatan Berbagai Jenis Lantai

Induksi sub sistem mempunyai 2 jenis cara kerja yaitu: 



⧭ Multi-line induct
Unit induksi modular standar di gunakan untuk mengoptimalkan celah dan menyinkronkan unit sesuai dengan dmensi item dan model penyortir dan kecepatan. 


Integrated Belt Induct
Sistem induksi ini di rancang untuk celah yang tepat, penanganan yang lebih baik dari bauran produk yang lebih luas dan keamanan produk tanpa kontak fisik antar produk/barang. Serta kontroler PC secara otomatis dan dengan lembut menyesuaikan kecepatan.



Penggabungan Sub-Sistem sortasi
Sistem Sortasi Dematic dapat menggabungkan sub-sistem dimana mengkoordinasikan dan memantau semua fungsi pengisian dan penyaluran untuk memastikan aliran produk yang konstan. Karton di konsolidasikan dan di pindahkan dari area penggabungan ke konveyor induksi yang mengarah ke penyortir, di mana beberapa jalur di konsilidasikan ke konveyor keluaran tunggal dan gabungan rol konveyor





Sub sistem “Take Away” dengan daya listrik. 
Sistem penanganan material sama seperti jalur di luar jalan raya, hal ini memastikan arus lalu lintas yang meninggalkan jalan mulus dan teratur. 
Konveyor “take-away” yang bertenaga menggunakan konveyor roller atau konveyor sabuk untuk dengan cepat menarik paket dari penyortir berkecepatan tinggi







Sub sistem “take away” dengan gaya gravitasi.
Pengangkut roda gravitasi memungkinkan produk yang di alihkan untuk secara bertahap mengurangi kecepatan penyortiran sebelum melepaskan ke konveyor hilir.



Chutes
Chutes / peluncuran tersedian dengan staging tunggal dan multi level. Ini termasuk penumpukan secara otomatis untuk produk seperti DVD atau pemuatan secara otomatis produk ke pengirim pesanan



Benefit dari Chutes:
➽ Biaya rendah 
➽ Tingkat pengembalian investasi cepat
➽ Tenang / tidak berisik
➽ Mengoptimalkan proses paking
➽ Ergonomis
➽ Peluncuran dan sistem saluran dapat di gunakan untuk pengoperasian langsung ke trailer, pembuatan pallet, pengepakan, dan pengemasan ulang.
➽ Desain standar sehingga meminimalkan kerusaan produk
➽ Desain yang di sesuaikan menyampaikan barang-barang yang tidak standar. 


E-mail : cs@intramega-global.com

Phone : 021-30429952

0811 9121 231

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan / Warehouse Solution: 35. Warehouse Automations, Case Study Dematic Order Fullfilment, Zuellig Pharma
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pengiriman Murah Medan / Warehouse Solution: 26.Warehouse Automations : High Speed Sorting System and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo