Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Peralatan Keselamatan di Kapal – Blog Kapal

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Keselamatan penumpang serta awak kapal merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Oleh karena itu, perlengkapan keselamatan harus sudah tersedia pada tempat yang ditentukan ketika terjadi kecelakan. Perlengkapan keselamatan yang harus tersedia dikapal seperti:

  1. Sekoci (Life Boat)
  2. Dewi – dewi (Life Boat Davits)
  3. Pelampung penolong bentuk cincin (Ring Life Buoys)
  4. Jaket penolong (Life Jackets)
  5. Rakit penolong kembung (Inflatable Liferaft)
  6. Pelempar tali penolong (Line Throwing Apparatus)

Perlengkapan tersebut harus diletakkan pada tempat yang mudah di jangkau. Agar ketika terjadi sebuah kecelakan dapat di tangani dengan cepat.

1. Sekoci (Life Boat)

Peralatan Keselamatan di Kapal, sekoci
Contoh sekoci, sumber google.com

Sekoci berupa perahu kecil yang berapa di kanan dan kiri kapal bagian atas atau tepatnya di deck sekoci. Pada kapal barang biasanya ada dua buah sekoci, sedangkan pada kapal penumpang atau pesiar jumlahnya sesuai dengan besar atau kecilnya kapal tersebut. Sekoci biasanya berjumlah 12 buah. Sekoci – sekoci tersebut terbuat dari logam, kayu atau serat fiber.

Tenaga penggerak sekoci ini biasanya di bagi atas dua bagian yaitu ada yang bertenaga penggerak mesin atau motor dan ada pula yang dilengkapi dengan dayung. Di dalam sekoci biasanya sudah tersedia perlengkapan keselamatan jiwa seperti makanan, minuman, obat – obatan dan alat bantu untuk mencari pertolongan ke kapal lain yang sedang berlayar di sekitar sekoci. Sekoci juga dilengkapi minyak peredam ombak supaya penumpang di atas sekoci tersebut tidak mabuk laut.

Baca Juga  TALOC MEDAN, PSP DAN BUKIT #jasakirimmurah #jasakirimanmedan #jasaexpedisi #jasa...

2. Dewi – Dewi (Life Boat Davits)

Peralatan Keselamatan di Kapal, dewi - dewi
Contoh Dewi – dewi, sumber google.com

Bobot sekoci yang ada dikapal cukup berat, sehingga tidak mungki dinaik turunkan dengan hanya menggunakan tenaga manusia saja. Oleh karena itu, semua sekoci harus diberi kelengkapan untuk saran penurunan dan juga penaikkan yang aman. Alat yang digunakan pelayanan sekoci tersebut disebut dengan davist atau dewi – dewi.

3. Pelampung Penolong Bentuk Cincin (Ring Life Buoys)

Peralatan Keselamatan di Kapal, pelampung penolong bentuk cincin
Contoh pelampung penolong bentuk cincin, sumber google.com

Life buoys ini berbentuk seperti ban mobil. Pelampung ini akan dilempar ke laut jika ada seorang penumpang yang jatuh ke laut. Alat ini biasanya terbuat dari gabus pejal dan tahan terhadap minyak. Pelampung ini harus memiliki warna yang mencolong supaya mudah dikenali. Pada pelampung ada tanda hurus balok sesuai dengan nama kapal atau pelabuhan tempat kapal itu terdaftar.

4. Jaket Penolong (Life Jackets)

Peralatan Keselamatan di Kapal, jaket penolong
Contoh jaket penolong, sumber google.com

Life jacket (Jaket penolong) berbentuk seperti baju. Jaket penolong ini dipakai penumpang agar mudah terapung di laut ketika terjadi keadaan darurat. Jaket penolong juga harus memiliki warna yang mencolok agar mudah dilihat. Jaket ini harus dilengkapi dengan peluit yang dikaitkan dengan tali untuk menarik perhatian penolong.

5. Rakit Penolong Kembung (Inflatable Liferaft)

Peralatan Keselamatan di Kapal, rakit penolong kembung
Contoh rakit penolong kembung, sumber google.com

Rakit penolong terdiri dari 2 jenis, yaitu rakit kaku dan rakit yang dikembangkan. Kedua rakit ini digunakan jika gagal menurunkan sekoci. Rakit penolong harus dilengkapi penutup yang sesuai dengan ukurannya sehingga dapat melindungi penumpang. Warna rakit ini biasanya mencolok, seperti warna jingga (orange) sehingga mudah diketahui keberadaannya.

Sementara rakit yang dikembangkan berbentuk seperti kapsul yang besar dan dilengkapi dengan tali pembuka yang panjang. Penggunaannya tinggal dilemparkan ke laut dan ditarik talinya. Setelah tali ditarik, maka rakit otomatis menggembung dan siap untuk digunakan. Di dalamnya juga terdapat perlengkapan keselamatan jiwa seperti makanan, minuman, dan obat – obatan. Kapasitas rakit sesuai ukuran, ada yang bisa mengangkut sampai 25 orang.

Baca Juga  Prosedur dan Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri Menggunakan Layanan Pos Indonesia

6. Pelempar Tali Penolong (Line Throwing Apparatus)

Peralatan Keselamatan di Kapal, pelempar tali penolong
Contoh pelempar tali penolong, sumber google.com

Alat ini diciptakan oleh tuan Schermily. Alat ini digunakan saat terjadi keadaan darurat. Alat pelempar tali ini harus dapat melempar tali paling dekat sejauh 230 meter.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Peralatan Keselamatan di Kapal - Blog Kapal and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar