Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Read More »
Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik, mulai dari kegiatan

Read More »

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan

Read More »

Perhitungan Ritase Penyewaan Truk dan Tips Memilih Truk Yang Baik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Penyewaan truk memang berbeda dengan sewa barang lainnya. Karena, perhitungan yang dilakukan haruslah adil.

Truk memiliki bobot besar, tidak heran biaya operasionalnya juga tinggi. Untuk itu, dalam perhitungannya harus menggunakan metode ritase. Jika menggunakan perjam atau jarak tempuh tentu tidak adil.

Sebagai contoh, saat truk melewati beberapa jalanan yang rusak tentu harus menunggu. Belum lagi untuk beberapa kendala yang nantinya ada pada perjalanan.

Untuk itu, sistem penyewaan pada truk menggunakan ritase. Untuk Anda yang belum mengetahui perhitungan ritase, maka harus memahami artikel ini secara lengkap.

Apa Itu Ritase?

Sudahkah Anda memahami tentang perhitugan ritase ini? Yaitu perhitungan yang dihitung berdasarkan satu kali muatan dan bongkar barang.

Atau satu kali transaksi yang berjalan saja. Dengan adanya metode ini, memang sangat cocok untuk diterapkan dalam penyewaan truk.

Model penyewaan truk dengan cara ini tentu sangat banyak digunakan saat ini. Karena, begitu membantu untuk membuat proses penyewaan menjadi lebih terkendali.

Serta, dapat membantu untuk memperoleh kesepakatan yang sangat tepat. Jika 1 rit berarti pengiriman barang dari lokasi 1 ke lokasi 2 dan truk bisa langsung pulang. Begitu juga untuk yang selanjutnya.

Rit Berapa Kubik?

Banyak dari Anda yang belum mengetahui hal ini secara lengkap. Padahal, sangat penting untuk bisa mengetahui bagaimana pengukurannya.

Sebenarnya, 1 Rit sendiri berapa kubik(m3)? Karena, biasanya banyak penjual yang juga curang dalam melakukan penjualannya.

Jika berbicara mengenai hal ini, maka Anda tergantung dengan muatannya. Secara umum, untuk ukurannya yaitu berkisar 3.5 kubik truk dump normal.

Ukuran tersebut tentunya terkadang bisa saja berbeda. Tetapi secara umum tidak jauh dari ukuran tersebut. Karena, juga muatan yang diberikan akan mempengaruhi ukuran kepastiannya.

Satu Rit Berapa Ton?

Untuk melakukan perhitungan ini, maka Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai perhitungan dari 1 ton pasirnya berapa m3. Secara umum, untuk 1 ton yaitu berkisar 0.714 m3. Jadi, jika satu rit 3.5 kubik maka hanya perlu di bagi saja.

Baca Juga  Cara Membeli Barang di Alibaba dengan mudah Lengkap Sama Screenshot nya

Hasilnya, yaitu berkisar 4.9 ton hasil dari pembagian tersebut. Jadi, untuk Anda yang bertanya hasilnya maka itulah hasil akhirnya.

Namun, hasil tersebut bisa saja berbeda dari setiap perhitungannya. Tergantung dari jenis muatan apa yang akan dibawa.

Baca juga: Ketahui Harga Jasa Sewa Tronton Hitungan Kilogram dan Hitungan Volume Secara Lengkap!

Rit Berapa Truk?

Untuk Anda yang bertanya 1 rit itu berapa truk maka jawabannya yaitu tergantung dari jenis truknya. Jika Anda mengambil truk yang memiliki kapasitas berkisar 2 kubik saja maka hanya perlu 2 truk. Namun, jika Anda mencari truk yang memiliki kapasitas 5 kubik maka bisa hanya dengan satu truk saja.

Setiap rit tergantung dari akan dibawa dengan truk ukuran berapa. Jika ukurannya kecil, maka membutuhkan beberapa truk dalam pengangkutannya. Namun, jika Anda menggunakan kapasitas yang besar dalam mengangkutnya tentu hanya memerlukan sekitar 1 truk saja.

Satu Rit Berapa Kg?

Berdasarkan perhitungan diatas, maka Anda akan mendapatkan hasilnya. Yaitu, 4.9 ton sehingga hasil ini bisa dijadikan untuk perhitungan per kilogramnya. Yaitu, hasilnya menjadi 4900 kilogram untuk satu rit.

Tentunya, ukuran yang tidak terlalu banyak. Jika menggunakan truk yang sesuai pada ukurannya bisa hanya dengan beberapa kali angkut saja. Namun, jika Anda menggunakan truk yang memiliki ukuran berbeda yaitu lebih besar maka bisa hanya dengan sekali angkut saja.

Bagaimana Perhitungan ritase?

Setiap perhitungan pada ritase memang harus diketahui secara lengkap. Termasuk, bagi Anda yang sedang dalam tahapan mengerjakan proyek.

Perhitungan yang tepat dengan pengertian yang jelas akan sangat membantu. Berikut ini bagaimana perhitungan dari ritase:

  • 1 rit sama dengan pengiriman barang dari lokasi A ke Lokasi B dan truk langsung kembali
  • 1 rit sama dengan 1 kali angkut barang atau 1 kali melakukan penurunan barang
  • 2 rit sama dengan pengiriman dari lokasi A ke lokasi B, lanjut dari A ke B atau kemudian ke lokasi C
  • 2 rit sama dengan angkut barang atau dua kali mengangkut barang

Cara Menghitung Ritase Dump Truck?

Perhitungan ritase untuk dump truk bisa disesuaikan dengan ukuran besar truk tersebut. Sebagai contoh, untuk truk yang memiliki ukuran besar sekitar 12 Kubik. Maka, bisa mengangkut lebih dari 3 rit.

Baca Juga  Baling-Baling Bersirip untuk Percepat Kapal

Karena, setiap ritnya memiliki ukuran 3.5 kubik truk normal. Untuk itu, jika Anda mencari truk yang semakin besar maka akan lebih banyak.

Dengan perhitungan ritase tersebut, maka truk harus memperhatikan muatannya. Apakah muatan tersebut pasir, batu atau muatan yang lainnya.

Jika muatannya berbeda, maka harus juga diperhatikan secara jelas. Gunakan perhitungan tersebut dengan benar agar bisa menentukan truk yang dipakai lebih tepat.

Tips Memilih Truk Yang Baik

Setelah Anda memahami secara lengkap mengenai ritase, maka dilanjutkan dengan pemilihan dalam truknya. Untuk pemilihan dari truk memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena, hanya akan membuat pengangkutan menjadi kurang tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan:

1. Cek Semua Bagian Truk

Beberapa dari Anda mungkin baru saja ingin melakukan penyewaan dari truk. Untuk itu, sangat diperlukan untuk bisa melakukan pengecekan dari seluruh truk.

Semua bagian truk yang ada harus dilakukan pengecekan secara lengkap. Karena, hal ini terkait dengan penggunaan nantinya. Tentunya, Anda tidak ingin memiliki kendala saat truk digunakan bukan?

Jika diperlukan, Anda bisa mengajak orang yang sudah berpengalaman dalam melakukan pengecekan mesin dan bagian dari truk ini. Dengan begitu, Anda bisa menemukan truk yang berkualitas baik dan layak untuk dipakai.

2. Cek Kelengkapan Berkendara

Tips selanjutnya yang harus Anda pahami yaitu mengecek kelengkapan berkendara. Semua kelengkapan berkendara harus dilakukan pengecekan secara lengkap.

Karena, kaitannya dalam hal ini untuk kenyamanan Anda dalam berkendara. Bisa saja, saat digunakan ternyata terdapat operasi.

Jika hal ini terjadi, tentu sangat tidak menyenangkan bukan? Untuk itu, alangkah baiknya agar bisa lebih dahulu mempersiapkan semua dokumennya.

Tanyakan tentang STNK truk tersebut. Selalu pilih truk yang memang memiliki keamanan dokumen semuanya. Jangan yang abal-abal karena bisa berbahaya nantinya.

3. Harga Yang Ditawarkan

Penting! Untuk Anda bertanya terlebih dahulu mengenai harga yang ditawarkan. Karena, umumnya setiap model menawarkan harga yang berbeda.

Pilihan harga ini sangat membantu untuk memberikan harga yang sesuai kebutuhan Anda. Setiap orang memiliki keperluan yang berbeda-beda dalam harganya.

Tanyakan terlebih dahulu akan harga yang diberikan. Jika bisa, cobalah untuk melakukan penawaran terhadap harga tersebut.

Tentunya, Anda bisa melakukan penawaran jika memang diperlukan. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan hal tersebut.

Baca Juga  Mengenal Tentang L/C

Jika penawaran yang diberikan masuk, maka akan sangat baik untuk bisa memilih truk tersebut. Tetapi, tawarlah dengan sebaik mungkin. Seperti berikan informasi bahwa Anda akan melakukan perjalanan yang membutuhkan beberapa hari.

4. Cek Reputasi

Tidak kalah pentingnya, untuk Anda bisa menentukan pemilihan dengan reputasinya. Reputasi yang baik akan memberikan pengalaman menggunakan truk dengan baik.

Disinilah, Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan cek reputasi terlebih dahulu.

Anda bisa menanyakan kepada beberapa orang yang telah menggunakan layanan jasa truk tersebut. Jika memang dirasa cocok, maka Anda bisa memilihnya.

Sebaliknya, jika tidak cocok maka bisa mencari yang lainnya. Karena, reputasi penting untuk membuat Anda lebih baik dalam pengalaman penyewaan truknya.

5. Lokasi

Tidak hanya itu saja, melainkan juga lokasi penyewaan truk. Lokasi ini berkaitan dengan seberapa jauh nantinya Anda akan melakukan perjalanan.

Termasuk saat Anda harus mengambil truk tersebut agar bisa digunakan. Usahakan, untuk mencari truk yang dekat saja.

Jika terlalu jauh, hanya akan menyusahkan untuk proses membawanya. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mencari lokasi yang terdekat.

Jika diperlukan, pilih yang memang sudah Anda kenal. Maka, akan sangat membantu untuk setiap prosesnya.

Penutup

Itulah ulasan lengkap mengenai perhitungan ritase dalam penyewaan truk. Sekarang, Anda sudah memahaminya secara lengkap bukan? Sangat penting, untuk bisa menggunakan perhitungan ini dengan benar.

Karena, perhitungan yang benar akan membantu untuk memperoleh kesepakatan bersama. Tentunya, penyewaan truk berbeda dengan paket biasa.

Jadi, sangat wajar jika harus menggunakan perhitungan ritase ini. Semoga bermanfaat!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Perhitungan Ritase Penyewaan Truk dan Tips Memilih Truk Yang Baik and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Kegiatan Ekonomi ~ Pengiriman Murah Medan

Yaitu merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran atau kesejahteraan. Untuk mencapainya, maka kegiatan ekonomi meliputi 3 hal,

Gudang dan Pergudangan

Gudang dan Pergudangan

Pengertian Gudang dalam Kegiatan Bisnis Dalam dunia bisnis, gudang sangat besar fungsi dan perannya, pergudangan merupakan serangkaian kegiatan pengurusan, dalam penyimpanan logistik,

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan

Fungsi Gudang ~ Pengiriman Murah Medan Fungsi Gudang Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu

Tinggalkan Komentar