Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Ritawati, Cewek Berjilbab Pengemudi Haul Truck PT Newmont

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tidak semua wanita berani duduk di balik kemudi truck. Apalagi, kendaraan berukuran besar seperti haul truck. Haul truck biasa digunakan di area pertambangan. Kendaraan berukuran raksasa ini bisa memuat batu sebanyak 240 ton, berfungsi membawa material dari area tambang terbuka (pit) menuju lokasi penimbunan batuan (crusher).

Panjangnya mencapai 9 meter, dan tinggi 6 meter. Membayangkannya saja sudah ngeri. Tapi tidak demikian halnya dengan Ritawati. Perempuan berjilbab itu cukup punya nyali menaklukkan haul truck. Tiga tahun sudah profesi pengemudi haul truck dijalani Ritawati di area pertambangan Newmont, Batu Hijau, Sumbawa Barat.

Tak ada kata takut dalam diri Ritawati. Setiap hari, perempuan yang kerap disapa Itot ini mengemudikan haul truk. Setiap kali mengangkut muatan, ditempuhnya dalam waktu 40 menit.

Ritawati menyukai profesi yang identik dijalani kaum Adam itu. Sebab, dia tak menyukai pekerjaan kantoran yang saban hari berada di balik meja komputer. Ritawati ingin sesuatu yang lebih menantang.

“Masak kita (perempuan) kalah sama lak-laki. Kita juga bisa, kan,” ujar perempuan 25 tahun ini.

Uniknya, selama ini Ritawati menyembunyikan profesinya itu dari sang ibunda. Ibu hanya tahu kalau anak bungsunya ini bekerja di Newmont. Tanpa tahu pekerjaan yang dilakoni Ritawati.

“Ibu saya baru tahu kemarin, belum lama, waktu ada kunjungan di sini. Dia sedih, tapi bagaimana lagi. Bagi saya, ini keren,” tutur Ritawati.

Mengemudikan alat berat tidak mudah. Butuh ketelitian, kehati-hatian, dan kedisiplinan. Apalagi PT NNT memiliki standar operasional yang mengatur jalannya lalu lintas kendaraan di area pit.

“Nah, kalau pas hujan, itu jalannya kan licin. Kita perlu hati-hati sekali dengan medan yang terjal. Karena haul kan lebih berisiko dan berat,” paparnya.

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan: Business Intelligence (BI)

Ritawati bukan satu-satunya “Wonder Woman” haul truck. Ada tujuh perempuan lainnya. Sebelum terjun ke lapangan, mereka terlebih dahulu melakukan pelatihan di Mine Training selama satu bulan. Di sana terdapat mesin simulasi untuk melatih kemampuan mengemudi haul truk dengan baik dan benar, bahkan sesekali ada rintangan yang perlu dipecahkan.

Seperti misalnya tiba-tba di jalan ada batu besar, atau bahkan terjadi kebakaran. Jika lulus, seseorang diizinkan mengoperasikan haul truck. Haul truck adalah salah satu dari 111 kendaraan besar yang beroperasi di Batu Hijau. Bisa dibilang ini menjadi nadi dari perusahaan penghasil tembaga, emas, dan perak tersebut.

Kendaraan besar lain seperti eskavator, grader, water tank, dozer, dan lainnya juga turut andil dalam berjalannya tambang milik PT Newmont Nusa Tenggara. Tentunya, mengemudikannya pun perlu kecakapan mumpuni.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Ritawati, Cewek Berjilbab Pengemudi Haul Truck PT Newmont and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar