Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Teknologi dan Aplikasi Sistem Informasi Logistik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Di tahun 2017 sampai dengan tahun-tahun berikutnya, kemajuan bidang teknoligi sangat meningkat pesat. Seiringnya kemajuan tersebut berdampak pula kepada kemajuan di bidang sistem informasi logistik.

Berikut ini adalah teknologi dan aplikasi sistem informasi logistik:

Barcode

Barcode atau kode batang adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.

POS (Point of Sale)

Point of Sale(POS) adalah sebuah sistem yang digunakan untu melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran atau cafe misalnya. Umumnya sebuah sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir(cash register).

Namun kini komputer sudah bisa digantikan oleh tablet pintar, dan menggunakan sistem operasi Android yang lebih ringkas serta sudah tidak memerlukan kabel(wireless).

Berikut contoh  seperangkat Point of Sale NADIPOS, lengkap dengan tablet, cash register dan bill printer:

EDI (Electronic Data Interchange)

EDI atau Pertukaran data elektronik adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.

Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima. Harus ada persetujuan dari pelaku-pelaku bisnis yang terkait dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional untuk dapat menggunakan format-format standar ini dan mentransmisikan data secara elektronik.

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan: Business Intelligence (BI)

RFID (Radio Frequency Identification)

RFID atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga beberapa meter jauhnya. Sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti sistem pembaca kode batang .

Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Beberapa ukuran label RFID dapat mendekati ukuran sekecil butir beras.

ERP (Enterprise Resource Planning)

Enterprise Resource Planning adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. ERP memantau sumber  daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai.

WMS (Warehouse Management System)

Warehouse Management System adalah sistem yang membantu stakeholder terkait pengelolaan pergerakan barang dari/ke dalam gudang sehingga dapat mempercepat proses lead time secara otomatis, mengetahui semua transaksi inventory dan jumlah stock lebih cepat dan akurat secara real time, dapat mengatur lokasi penyimpanan barang secara optimal, serta dapat melakukan alur distibusi barang dengan baik.

TMS (transportation management system)

TMS adalah subset dari manajemen rantai pasokan mengenai operasi transportasi dan mungkin merupakan bagian dari sistem perencanaan sumber daya perusahaan.

TMS biasanya “duduk” di antara pemrosesan pesanan dan gudang ERP / gudang pesanan atau ERP. Skenario tipikal mencakup perintah inbound (procurement) dan outbound (pengiriman) untuk dievaluasi oleh Modul Perencanaan TMS yang menawarkan solusi routing yang disarankan kepada pengguna. Solusi ini dievaluasi oleh pengguna untuk kewajaran dan diteruskan ke modul analisis penyedia transportasi untuk memilih mode terbaik dan penyedia biaya paling rendah. Setelah penyedia terbaik dipilih, solusinya biasanya menghasilkan tender beban elektronik dan track / trace untuk melaksanakan pengiriman yang dioptimalkan dengan operator yang dipilih, dan kemudian mendukung audit dan pembayaran barang (proses penyelesaian). Tautan kembali ke sistem ERP (setelah pesanan diubah menjadi pengiriman yang optimal), dan terkadang program WMS yang juga terkait dengan ERP juga umum dilakukan.

Baca Juga  NCS Line Medan | Alamat Ekspedisi

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi : 

  • Wikipedia
  • https://www.nadipos.com
  • http://www.ptbsi.co.id
  • http://www.ilcs.co.id

Share on:

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Teknologi dan Aplikasi Sistem Informasi Logistik and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo