Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Tips Memilih Dashcam dan Helmet Cam | TruckerId

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Pada kecelakaan antara dua buah mobil tanpa adanya saksi mata, terdapat beberapa skenario yang akan terjadi, diantaranya adu mulut di antara pengemudi dua mobil yang terlibat tersebut yang mana keduanya tidak ingin disalahkan. Sebagai contoh, dalam kasus sederhana kecelakaan tabrak belakang (hidung ke ekor), tanggung jawab ada di pengemudi belakang yang harus berhenti. Namun, bagaimana jika pengemudi lain memotong dan mengerem tiba-tiba sehingga Anda tidak memiliki waktu untuk menyesuaikan jarak dan tidak ada waktu untuk berhenti?

Semakin banyak pengemudi dan pengendara sepeda motor menggunakan kamera (disebut dash cam) dan pada artikel kali ini Anda akan diberi penjelasan bagaimana cara memilih kamera dashboard yang sesuai dengan kebutuhan. Kamera tersebut dipasang di dashboard mobil atau truk atau kaca depan, helm pengendara, atau di motor. Ada ratusan model yang tersedia dan dengan harga yang terjangkau. Siapapun dapat memilikinya dan bisa menghemat lebih banyak biaya daripada jika Anda terlibat kecelakaan dan harus mengeluarkan biaya untuk membuktikan bahwa Anda tidak bersalah.

Ketika memilih kamera, perhatikan parameter berikut:

 

Jenis Mengemudi yang Sering Dilakukan 

Jika Anda kebanyakan mengemudi di malam hari maka Anda membutuhkan kamera yang memiliki visibilitas diwaktu malam yang sangat baik atau menggunakan inframerah untuk merekam.

Action Cam

Jika Anda banyak mengemudi untuk perjalanan jauh maka kemungkinan Anda harus membeli kamera yang bisa merekam untuk waktu yang lama. Beberapa kamera hanya bisa merekam untuk waktu yang singkat. Anda juga harus membeli kartu memori yang lebih besar.

Baca Juga  Cara Kirim Paket dan Cek Kiriman di JNE (Domestik/International Shipment)

Jenis Kendaraan Apa yang Dimiliki? 

Pengendara motor akan membutuhkan kamera yang bisa dipasang baik di helm ataupun di windshield atau juga di fairing. Mobil dan truk bisa memiliki kamera yang dipasang pada dashboard atau kaca depan, bergantung pada jenis dudukan yang dipilih. Beberapa kamera juga memiliki opsi input sekunder untuk menempatkan kamera menghadap ke belakang supaya bisa merekam kendaraan di belakang. Kamera tersebut bisa sangat berguna ketika terjadi tabrakan beruntun dimana kendaraan Anda terdorong dari belakang dan menabrak kendaraan di depan. Anda bisa menunjukkan bukti dari rekaman tersebut. Merekam dua gambar sekaligus membutuhkan kecepatan dan ruang memori yang sangat besar.

Apakah Anda Akan Menyimpan Videonya? 

Apakah Anda akan menyimpan video hasil rekaman dari kegiatan Anda mengemudi, seperti pelatihan, bukti menggunakan rute tertentu, dan lain-lain. Jika demikian, Anda memerlukan perangkat yang bisa menyimpan file dalam format universal, misal MPEG4 pada media yang bisa dipindahkan seperti kartu memori atau USB.

Apakah Berfungsi Ganda Sebagai Perangkat Keamanan? 

Beberapa kamera memiliki sensor gerak dan g-force. Sensor gerak akan mengambil video atau gambar bergerak ketika mendeteksi gerakan disekitar mobil. Sensor g-force akan mulai merekam jika mobil terbentur.

Apakah Anda Memerlukan GPS? 

Beberapa kamera dilengkapi dengan GPS yang bisa diubah ke dalam foto. Informasi GPS bisa Anda gunakan untuk membuktikan Anda tidak sedang mengebut.

Berapa Resolusi yang Dibutuhkan? 

Semakin banyak kamera yang menawarkan resolusi 1080P (1920×1080 pixel). Jika mendukung 25-30 frame per detik maka Anda memiliki rekaman full HD. Jika resolusi kurang dari 720P (1280×720 pixel) kemungkinan tidak akan memberikan solusi jika Anda perlu melihat plat nomor.

Baca Juga  Persyaratan Medical Check Up Bagi Pelaut

 

Perangkat lensa sangat penting. Perangkat murah akan memiliki lensa yang murah. Kemungkinan tidak akan sejelas dan tidak akan memberikan bidang pandang yang luas. Cari perangkat yang menyediakan setidaknya 130-140 derajat penglihatan untuk memastikan bahwa kamera benar-benar melihat apa yang sedang Anda lihat.

Apakah Membutuhkan Audio? 

Rekaman Audio bisa sangat berguna, khususnya ketika terjadi adu mulut di jalan yang mungkin di luar kamera. Tidak semua kamera merekam audio.

 

Bagaimana Anda Memasangnya? 

Beberapa kamera dilengkapi dengan dudukannya sendiri, biasanya untuk kaca depan. Kamera lain seperti GoPro yang mungkin cenderung Anda gunakan pada sepeda motor, tidak dilengkapi dengan dudukan dan Anda harus membelinya secara terpisah. 

Beberapa kamera akan menggantikan kaca spion Anda. Tetapi ini akan sulit jika mobil memiliki sensor untuk lampu otomatis atau wiper terpasang di kaca spion 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tips Memilih Dashcam dan Helmet Cam | TruckerId and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar