Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Tugas Seorang Sales di Perusahaan Ekspedisi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Saya seorang sales di perusahaan ekspedisi yang bernama SAP Express. Saya diamanahkan mempimpin sebuah team sales dan Collection untuk wilayah Sumatera Barat. Alhamdulillah, Allah Swt memberikan amanah klien kepada kami hampir seluruh wilayah di Sumatera Barat.

Ketika saya bertemu dengan teman-teman di luar banyak yang bertanya, apa saja sih kerjaan sebagai seorang sales di perusahaan ekspedisi. Mereka banyak melihat kami dalam kondisi yang sering lebih santai dari pada sales di bidang lainnya, terutama sales di perbankan. Bahkan, kami sering kelihatan nongkrong di warung kopi dari pada prospek klien, ada juga seharian di kantor dari pada di lapangan.

Padahal mereka tidak mengerti bahwa sambil ngopi pun kami juga sedang bekerja, minimal mencari data calon prospek. Salah satu caranya, mencek instagram calon prospek, save nomor mereka dan hubungi via WA. Cara lainnya saya keep ya, rahasia perusahaan. Hihihi.

Daripada jawab satu-satu pertanyaan mereka, lebih seru kalau saya menjawab pertanyaan teman-teman tersebut pada postingan blog ini. Sekalian juga agar blog ini selalu update serta gairah untuk tetap ngeblog senantiasa berkobar dalam diri, hihihi… lebay.

Saya menjadi sales di SAP Express, sejak Mei 2015 sampai saat ini. Meskipun kantor cabang utama cuma ada di Padang, namun wilayah market saya di seluruh Sumatera Barat. Alhamdulillah, kami telah mendirikan kantor sub cabang di Solok, Payakumbuh dan Bukittinggi. Jadi otomatis, saya juga harus menjelajah di seluruh wilayah Sumatera Barat.

Dahulunya saya sering door to door keluar masuk toko hingga perkantoran di Padang. Setahun kemudian lanjut ke hampir seluruh kabupaten di Sumatera Barat. Kepuluan Mentawai yang belum pernah saya ke sana hingga postingan ini saya buat.

Baca Juga  Alamat Sumber Urip Denpasar Bali

Menjadi tugas utama saya, yaitu : mencari agen retail SAP Express dan menjejaki kerjasama untuk menjadi klien korporat, serta menjaga kelangsungan transaksi agen retail dan klien korporat secara berkesinambungan. Tugas utama lainnya, memastikan pembayaran klien korporat berjalan dengan lancar, jangan sampai piutang perusahaan tak tertagih dengan baik.

Selain itu, tugas tambahan saya sebagai sales di SAP Express adalah menjaring klien umum (intinya pembayaran cash) baik datang langsung ke kantor, ke agen retail atau dijemput langsung ke tempat mereka. Nah, yang terberat adalah membangun Brand SAP Express sampai ke  seluruh wilayah Sumatera Barat dengan budget yang sangat terbatas.

Ini yang sangat menarik, saya merasa sangat tertantang, dengan budget terbatas saya harus bisa memperkenalkan brand SAP Express sampai ke pelosok SUMBAR. Setidaknya beberapa waktu yang akan datang ketika orang ingin mengirim paket, akan ingat SAP Express, selain ekspedisi yang telah ada di dalam kepala masyarakat.

Selain door to door, saya sangat semangat membuat penawaran. Penawaran tersebut dikirimkan melalui kurir SAP Express langsung. Ada beberapa kelemahan kegiatan door to door yang saya temukan, diantaranya : belum bisa menjangkau pejabat pembuat keputusan secara langsung, serta pastinya akan membuat lama proses penjualan.

Pengiriman penawaran yang langsung ditujukan ke atasan di kantor tersebut  memiliki beberapa kelebihan dibandingkan door to door, diantaranya yaitu : saya bisa dengan mudah menjangkau banyak calon klien dalam waktu yang singkat tanpa batasan wilayah, calon klien akan banyak mengenal SAP Express dalam waktu singkat, jikalau vendor yang mereka gunakan saat ini suatu waktu bermasalah mereka akan ingat SAP Express. 

Penawaran ini pun tidak sekali saja meluncur ke calon klien, ada calon klien yang saya kategorikan “Big Client”, biasanya setiap sekali atau dua kali sebulan saya kirimkan surat penawaran dengan redaksi yang berbeda, begitu terus sampai terjadi dua hal, yaitu : mereka mempercayakan pengirimannya kepada SAP Express atau mereka mengirimkan konfirmasi bahwa saat ini mereka belum bisa ganti vendor entah sebab apa pun. Selama kedua hal tersebut belum saya terima, maka surat penawaran saya akan meluncur ke calon klien tersebut. Hehehe.

Baca Juga  Bahan Bangunan Dan Syarat-Syarat Nya

Sehari terkadang sampai 25 penawaran meluncur melalui team delivery kami yang tangguh. Baik untuk calon klien yang baru atau pun database calon klien yang sudah sangat lama saya prospek namun belum juga deal hingga sekarang.

Biasanya klien yang belum deal hingga saat ini, disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya : vendor yang mereka gunakan saat ini sudah sangat lama mereka gunakan, mereka pengirimannya masih sedikit dan tidak terlalu urgent, atau memang belum ada masalah yang berarti dari vendor saat ini. Namun, jika mereka evaluasi secara rutin, tentu mereka pasti ada juga mengalami kendala dengan vendor saat ini.   

Kegiatan lainnya yang banyak saya lakukan adalah buat postingan di blog. Saya juga pernah buat instagram atau pun facebook, namun melalui blog ternyata lebih efektif. Sebagai contohnya, melalui postingan, “SAP Express Padang, Bisa Layani COD ke Seluruh Indonesia. ”  Saya mendapatkan klien Purezento (COD) yang mengirimkan paket asesoris. Ada juga postingan, ” Jasa Pengiriman Motor Terbaik Rute Padang ke Jakarta, ” melalui postingan ini saja rutin setiap minggunya kami mendapatkan pertanyaan tentang biaya pengiriman motor tersebut, dari pertanyaan tarif tersebut, kami tidak pernah absen setiap bulannya mengirimkan motor dari Padang ke seluruh Indonesia.
Hal ini ternyata diikuti oleh pesaing kami sebuah ekspedisi lokal, yang memasang iklan sampai membuat sebuah website jasa kirim motor. Padahal kami hanya bermodalkan postingan di blog, tanpa biaya sepeserpun, alhamdulillah juga selalu mendapatkan pengiriman. Jika di modalkan sedikit, tentu akan lebih banyak lagi potensi pengiriman yang bisa kami dapatkan.

Saya semakin terlatih dan menemukan ide-ide pemasaran yang segar tanpa budget.   

Baca Juga  Top 10 Toko Online Terbesar Di Indonesia

Soal penagihan, memang yang agak rumit adalah perkantoran, namun rumitnya bukan karena gak mau bayar cepat, prosedur yang harus di jalankan. Selama invoice sesuai dengan format mereka masing-masing, Over all lancar jaya kok.

Ada juga sih, beberapa klien online yang sering melakukan penundaan bayar. Ada yang sistem kredit bulanan yang memending pembayaran kami dalam sekian lama. Memang jumlahnya tidak banyak. Namun cukup membuat kami di Padang kena semprot oleh manajemen SAP Express di pusat. InsyaAllah kami yakin dan percaya si owner memiliki integritas yang tinggi dan kesanggupan membayar.

Secara keseluruhan menjadi sales di perusahaan ekspedisi tidak semudah ataupun sesulit yang di bayangkan. Intinya selama ada kemauan dan melakukan invosi, InsyaAllah akan mudah menjalankannya. 

Demikian sobat, semoga bermanfaat.

 

 

 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tugas Seorang Sales di Perusahaan Ekspedisi and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo