Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu item bangunan menjadi

Read More »

Arsitektonis Bangunan

Di postingan ini akan menjelasakan 3 (tiga) bab yang berkaitan dengan arsitektonis bangunan. Untuk bab yang pertama akan dijelasakan “rencana kota”, yang kedua “syarat-syarat lingkungan

Read More »

Tugas Utama Mualim 2 Adalah

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Tugas khusus yang wajib diketahui oleh seorang Mualim dua atau second officer

Sebagai seorang perwira diatas kapal memiliki tugas-tugas masing-masing kali ini kita akan membahas tugas perwira deck  khususnya Mualim dua berikut ini merupakan tugas utama seorang Mualim dua (two officer) tugas Mualim 2 yaitu sebagai berikut:

Baca: Tugas Dan Tanggung Jawab Perwira Deck

  1. Mualim dua bertugas sebagai Perwira Navigasi. 
  2. tambahan sebagai tenaga medis di atas kapal.
  3. Membuat Rencana Pelayaran atas persetujuan Nakhoda. 
  4. Memastikan Semua buku-buku publikasi seprti daftar pasang surut dan daftar arus pasang surut terbaru ada di atas kapal serta buku-buku lainnya yg berkaitan dengan pelabuhan setempat.
  5. jika ada BPI terbitan terbaru jangan lupa untuk koreksi peta yg digunakan dalam rute pelayaran.

Psaat OHN 

Sewaktu ohn atau 1 jam persiapan seblum dan saat kapal akan tiba atau berangkat, Mualim 2 memiliki tugas utama yaitu:

  1. harus sudah menyiapkan peta secara berurutan mulai dr pelabuhan berangkat hingga pelabuhan tiba dan siap untuk  digunakan.
  2. Menghidupkan semua perlatan Navigasi, mengaktifkan Route yg akan di layari pada GPS Dan Ecdis jika ada dan stanby Radio channel kerja pelabuhan setempat utuk informasi selanjutnya.
  3. Kordinasi dengan Perwira mesin di Engine control room untuk cocokan jam dan tes telegraph.
  4. Mengisi Buku Manouver atau bell book. 
  5. Jangan pernah tinggalkan Ruang Navigasi sebelum ada perwira pengganti Yang stanby.
  6. Jangan lupa untuk laporkan kepada Nakhoda total jarak dari Dermaga ke dermaga dan dari OB Ke OB (OUTER BUOY) atau Buoy Luar sebelum masuk alur serta hitung waktu tempuh dengan kecepatan rata-rata dan Waktu tiba di pelabuhan tujuan.

Baca: Penjelasan Mengenai Outer Buoy (OB)

Untuk di perusahaan yang menerapkan  ISM code ada banyak hal yg harus dilakukan oleh Mualim 2 saat kapal akan tiba dan berangkat. Itu bebrapa kegitan  Mualim 2 di atas kapal yang diberlakukan ISM Code. SEMOGA BERMANFAAT.

Baca Juga  Pengiriman Murah Medan & Informatika: Review Topik: Subsistem Manajemen Data

E & I

Share this

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tugas Utama Mualim 2 Adalah and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. - PT Tapanuli Logistik Cargo

More to explorer

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan Berbagai Jenis Plafon

Pemeliharaan dan perawatan komponen bangunan sangat diperlukan, demi menjaga keutuhan bagian komponen dari bangunan tersebut ataupun keindahanya. Pemeliharaan plafon sebagai salah satu

Tinggalkan Komentar

PT Tapanuli Logistik Cargo